Sejak dimulai kembali pada tahun 2021, lika-liku pasca pandemi bagi Marvel Cinematic Universe tampaknya masih belum berakhir. Meskipun Marvel Studios telah mengumumkan sejumlah proyek series dan film menarik yang akan menjadi bagian dari Multiverse Saga, ternyata perusahaan induk Disney punya rencana lain. Karena performa sejumlah tayangan MCU yang kurang memuaskan, Disney akhirnya memutuskan untuk lebih fokus pada kualitas daripada kuantitas, dan sekarang mereka baru saja batalkan dua film MCU.

Beberapa waktu lalu, Disney sudah merombak setidaknya tujuh jadwal film MCU yang akan tayang beberapa tahun ke depan. Selain film Deadpool 3 yang tanggal rilisnya dimajukan enam bulan, sisanya justru dilempar mundur cukup jauh dari jadwal sebelumnya. Termasuk Captain America: Brave New World, Thunderbolts, Blade, Fantastic Four, Avengers: The Kang Dynasty, dan Avengers: Secret Wars. Tidak berhenti sampai di situ saja, sekarang Disney kembali menghapus dua jadwal film MCU yang tadinya dimaksudkan untuk tayang pada tahun 2025 mendatang.

disney batalkan film mcu

Baru-baru ini Disney telah resmi batalkan dua jadwal film layar lebar MCU yang tadinya akan dirilis tanggal 25 Juli 2025 dan 7 November 2025. Dua jadwal tahun 2025 yang semula diisi oleh film ‘Untitled Marvel’ ini sekarang diganti dengan ‘Untitled Disney’. Itu artinya jadwal-jadwal tersebut sudah bukan lagi milik MCU, melainkan akan diisi oleh proyek non superhero yang masih menjadi bagian dari Disney. Namun untuk sekarang masih belum diketahui apa saja film Disney yang akan mengisi jadwal tersebut.

Dampak dari pembaruan jadwal ini secara tidak langsung telah mengonfirmasi bahwa sekarang Marvel Studios hanya punya dua jatah proyek MCU yang akan dirilis pada tahun 2025. Dua proyek MCU tersebut adalah film Blade yang akan rilis tanggal 14 Februari 2025 dan Fantastic Four yang dijadwalkan untuk tayang pada 2 Mei 2025. Walaupun begitu Sony masih membuka kemungkinan untuk film MCU ketiga pada tahun tersebut, karena mereka baru saja mengumumkan jadwal untuk film ‘Untitled Marvel’ pada 27 Juni 2025. Banyak penggemar yang berspekulasi bahwa jadwal tersebut untuk film Spider-Man 4 mendatang.

Jika merujuk pada tradisi MCU yang biasanya punya tiga film dalam setahun, tentunya upaya Disney yang baru saja batalkan dua jadwal rilis ini menjadi pukulan yang cukup telak untuk Marvel Studios. Di sisi lain tidak sedikit penggemar yang mendukung keputusan Disney dan berharap pengurangan jatah jadwal ini bisa membuat Marvel lebih fokus terhadap kualitas tayangannya. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.