Marvel Cinematic Universe (MCU) telah berusia 15 tahun, dan dalam satu setengah dekade terakhir ini, ada momen-momen yang mengesankan dan juga ada momen-momen yang mengecewakan. Banyak perubahan yang dilakukan Marvel Studios terhadap karakter-karakter MCU, padahal karakter tersebut diadaptasi dari Marvel Comics yang berusia puluhan tahun.

Beberapa perubahan itu seperti mengganti ras, gender, dan asal-usulnya demi membuat karakternya semakin menarik dengan penampilan dan cerita yang ingin disampaikan. Kevin Feige baru-baru ini membahas asal-usul MCU saat berbicara dengan Jon Favreau, dan keduanya menjelaskan mengapa MCU tidak akan persis dengan komik Marvel.

“Yang menakjubkan adalah ada banyak ruang gerak karena ada begitu banyak versi karakter yang berbeda, ada penulis yang berbeda dan seniman yang berbeda, dan masing-masing memiliki era mereka sendiri. Jadi ada banyak hal yang bisa diambil, tetapi hal itu juga menempatkan banyak tanggung jawab pada tim, baik itu penulis, sutradara, atau produser yang mencoba untuk mencari cara agar semuanya sejalan dengan cara yang dapat diterima oleh penonton film.” Ungkap Feige.

Kevin Feige kemudian menambahkan, “Kemudian Anda memiliki dua kelompok penonton, karena Anda memiliki penonton film biasa yang hanya ingin datang dan bersenang-senang, dan kemudian ada orang-orang yang tahu lebih banyak daripada Anda (membaca komiknya) dan bagaimana Anda membuat semuanya berfungsi bagi keduanya, dan itu sangat sulit.”

Pernyataan Kevin Feige menggambarkan tantangan yang dihadapi oleh tim kreatif di balik MCU. Dengan ratusan komik dan puluhan versi karakter, mereka harus menemukan cara yang tepat untuk mengadaptasi cerita dan karakter yang dapat diterima oleh penonton film. Mereka berusaha untuk menghormati sumber materi aslinya sambil menciptakan cerita yang menarik dan relevan di layar lebar.

Kreativitas menjadi kunci dalam menjaga kesesuaian dengan komiknya dan tetap menarik bagi penonton yang memiliki pengetahuan mendalam tentang dunia Marvel. Tim di belakang MCU harus memilih elemen-elemen yang paling penting dan mengintegrasikannya ke dalam alur cerita yang kohesif. Mereka harus mengambil risiko dengan membuat perubahan dan penyesuaian demi menjaga cerita yang baik dan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi penonton. Itulah mengapa karakter MCU berbeda dari Marvel Comics.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/