Rahasia besar yang selama ini disembunyikan oleh Im sama akhirnya terungkap dan kemungkinan jadi alasan Cobra dihabisi di One Piece 1084. Selama lebih dari dua dekade berjalan One Piece sering kali menghadirkan berbagai rahasia atau misteri yang besar. Misalnya, tahasia tentang harta karun One Piece itu sendiri. Banyak para fans yang penasaran dengan bentuk harta karunnya.

Berbagai misteri tersebut jadi salah satu elemen yang menarik yang muncul dalam cerita One Piece. Selain tentang rahasia One Piece, misteri yang juga membuat banyak para fans penasaran adalah tentang misteri World Government dan juga pemimpinnya, Im Sama. Namun, apa yang dihadirkan di One Piece 1084 mungkin akan mengungkap rahasia Im dan jadi alasan mengapa Nefertari Cobra dihabisi nyawanya.

Rahasia Im

Sudah bukan rahasia lagi jika World Government menyimpan banyak rahasia dan misteri yang membuat orang penasaran. Pihak World Government memiliki berbagai rahasia kelam yang tidak ingin orang lain ketahui. Hampir semua orang tidak mengetahui tentang rahasia kelam tersebut. Hal ini karena mereka selalu berusaha melakukan segala cara untuk menutupi dan menghilangkan jejak yang terkait dengan rahasia kelam itu.

Salah satu cara yang biasa mereka lakukan untuk menyembunyikan rahasia adalah menghilangkan nyawa sosok yang berpotensi membocorkannnya. Sampai sekarang, tidak diketahui sejauh mana rahasia kelam yang disimpan dan dimiliki oleh World Government. Apa saja yang kemudian mereka sembunyikan dari semua orang yang ada di dunia One Piece. Hanya mantan kru Roger yang pernah ke Laugh Tale dan masih hidup yang tahu tentang rahasia tersebut.

Dalam arc Sabaody, Silvers Rayleigh bisa saja menghadirkan informasi terkait rahasia tersebut. Namun, para kru Topi Jerami kemudian menolak hal itu dan memutuskan untuk mencari tahunya sendiri melalui petualangan yang mereka jalankan. Selain rahasia besar World Government pemimpin mereka, yaitu Im, juga diselimuti oleh berbagai rahasia besar.

Di sepanjang kemunculannya yang hanya beberapa kali, Eiichiro Oda tidak pernah memberikan informasi atau keterangan apa pun terkait Im. Kita tidak pernah tahu bagaimana Im bisa jadi penguasa, kita tidak pernah tahu siapa sebenarnya Im, dan darimana dia berasal. Inilah yang kemudian menjadi bahan diskusi para fans bahkan hingga sekarang.

Namun, dengan seiring alur cerita One Piece yang mulai mendekati akhir sepertinya Oda Sensei secara perlahan juga mulai membeberkan berbagai petunjuk atau informasi yang berkaitan dengan Im dan juga dengan World Government. Contohnya adalah seperti yang diungkapkan oleh Nefertari Cobra dalam chapter 1084 manganya.

Surat Dari Masa Lalu

Chapter 1084 menghadirkan kelanjutan cerita dari chapter sebelumnya, di mana Nefertari Cobra diperlihatkan pergi untuk menemui Gorosei saat Reverie terjadi. Dalam chapter tersebut Cobra sempat membahas sedikit tentang masa lalu World Government, di mana pada awalnya 20 kerajaan yang tempur menghadapi Ancient Kingdom bersumpah untuk berada di level yang sama.

Mereka sengaja membiarkan sebuah tahta kosong yang dikelilingi oleh 20 senjata dari 20 kerajaan tersebut selama bertahun-tahun. Tujuannya adalah agar tidak ada diktator atau penguasa kejam yang muncul dari pihak mereka. Namun, para penguasa awal dari kerajaan tersebut sudah tidak ada dan pemimpin baru kemudian terpilih.

Hal berbeda justru diperlihatkan oleh kerajaan Alabasta yang mana penguasa saat itu, Ratu Lily, menolak untuk menjadi kaum naga langit. Cobra lanjut menjelaskan jika dia coba untuk mencari catatan lama pasca abad yang hilang. Namun, dia justru tidak menemukan sama sekali nama Ratu Lily di sana.

Dia juga diketahui tidak pernah kembali ke kerajaannya, yang mana membuat adik laki-lakinya yang kemudian berkuasa. Ketika bertanya tentang keberadaan dan informasi tentang Ratu Lily, Gorosei sendiri  menjawab bahwa mereka tidak tahu tentang hal itu. Mereka mengatakan jika mereka menduga Ratu Lily sudah berhasil kembali ke Alabasta.

Yang menarik adalah Cobra mengatakan bahwa dia memiliki sebuah surat kecil yang berasal dari 800 tahun lalu. Mendengar hal ini, Gorosei pun nampak terkejut. Namun, sayangnya, dalam chapter ini tidak disebutkan apa isi dari surat tersebut.

Isi Surat Masa Lalu

Apa kira-kira yang jadi isi surat tersebut? Untuk saat iini memang sangat sulit mengetahui apa isi surat dari ratu Lily tersebut. Namun, jika melihat apa yang dihadirkan dalam situasi sekarang bisa jadi isi suratnya ada hubungan atau kaitannya dengan rahasia besar Im dan bahkan World Government yang mungkin tiddak tertulis di Poneglyph.

Seperti disebutkan di atas bahwa sebenarnya tidak boleh ada yang duduk di tahta kosong yang sekarang diduduki oleh Im. Namun, faktanya, Im berhasil berkuasa dan duduk di kursi tersebut. Bagaimana kemudian dia melakukannya? Apakah ada hal mengerikan terjadi di balik semua itu? Mengapa kemudian Im merahasiakan semuanya?

Selain juga berisi rahasia tentang Im, bisa jadi juga isi surat tersebut ada kaitannya dengan arti dari D. Cobra sempart bertanya tentang arti dari tekad D, namun Gorosei sendiri tidak mau menjawab hal itu. Yang juga tidak kalah menarik surat  dari ratu Lily tersebut kemungkinan jadi alasan mengapa Cobra dihabisi.

Seperti yang Geeks ketahui Nefertari Cobra diperlihatkan tewas secara misterius, di mana Sabo yang kemudian disalahkan atas peristiwa tersebut. Namun, banyak yang meyakini jika Gorosei yang jadi pelakunya. Dan melihat peristiwa di One Piece 1084 ini memang rasanya spekulasi tersebut masuk akal. Kemungkinan alasan Gorosei habisi Cobra adalah karena dia menyimpan rahasia besar Im.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.