Baik di manga maupun anime One Piece karya Eiichiro Oda, bajak laut dan Buah Iblis adalah dua elemen yang berperan sangat penting dalam membentuk cerita menarik dalam dunianya. Secara spesifik Buah Iblis sendiri memungkinkan para penggunanya untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh bajak laut biasa. Karena alasan inilah para bajak laut yang memiliki kekuatan Buah Iblis umumnya begitu ditakuti dan dihormati. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas delapan kru bajak laut dengan pengguna Buah Iblis terbanyak dalam sejarah One Piece. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini!

Rocks Pirates

Rocks Pirates adalah kru bajak laut legendaris dan kuat yang memiliki pengguna Buah Iblis terbanyak pada masanya. Dipimpin oleh Rocks D. Xebec, anggota Rocks Pirates terdiri dari pengguna Buah Iblis tangguh, seperti Kaidou yang akhirnya mendirikan Beasts Pirates, Charlotte Linlin yang mendirikan Big Mom Pirates, Shirohige yang mendirikan Whitebeard Pirates, dan Shiki. Kisah petualangan kru bajak laut paling berbahaya ini sudah lebih dahulu berakhir sebelum cerita utama Luffy dan kawan-kawan, di mana Rocks Pirates dikalahkan oleh aliansi Gol D. Roger dan Monkey D. Garp, sampai akhirnya banyak dari anggotanya yang mendirikan kelompok bajak laut masing-masing.

Baroque Works

Baroque Works merupakan sindikat kriminal sekaligus kru bajak laut dengan pengguna Buah Iblis terbanyak yang didirikan oleh Crocodile untuk menguasai Arabasta sekaligus mendapatkan senjata kuno Pluton. Selain Crocodile, Baroque Works juga terdiri dari tujuh pengguna Buah Iblis lainnya, termasuk Mr. 1 dan Mr. 2 yang pernah hampir membunuh Zoro dan Sanji di Arabasta Arc, serta Miss All-Sunday alias Nico Robin yang kini menjadi kru Straw Hat Pirate. Meskipun sekarang sudah tidak aktif lagi, tetapi banyak dari mantan anggota Baroque Works yang masih memainkan peran dalam peristiwa penting, khususnya Crocodile yang baru saja membentuk Cross Guild bersama Yonkou Buggy dan Mihawk.

Whitebeard Pirates

Whitebeard Pirates adalah salah satu kru bajak laut dengan pengguna Buah Iblis terbanyak di dunia One Piece. Hal tersebut bisa terjadi karena kapten mereka Edward Newgate alias Shirohige adalah mantan Yonkou yang terkenal mampu menandingi Raja Bajak Laut Gol D. Roger dengan kekuatan Buah Iblis Gura Gura no Mi miliknya. Sebelum bubar karena Shirohige tewas dibunuh Blackbeard di Marineford Arc, setidaknya ada beberapa anggota Whitebeard Pirates yang memiliki kekuatan Buah Iblis, termasuk Marco, Ace, Jozu, dan Blamenco. Marco the Phoenix sendiri terakhir kali terlihat membantu aliansi Ninja-Pirate-Mink-Samurai di Wano Country Arc sampai akhirnya Luffy menjadi salah satu Yonkou baru.

Donquixote Family

Satu lagi kru bajak laut dengan pengguna Buah Iblis terbanyak yang saat ini telah dibubarkan adalah Donquixote Pirates alias Donquixote Family yang muncul di Dressrosa Arc. Dipimpin oleh Donquixote Doflamingo, kru bajak laut ini sempat menguasai Kerajaan Dressrosa, sebelum akhirnya dikalahkan oleh Straw Hat Pirates dan sebagian besar anggotanya ditangkap oleh Admiral Fujitora. Meskipun sudah tidak aktif lagi, tetapi pada masa jayanya selain Doflamingo ada tujuh belas pengguna Buah Iblis lainnya dari Donquixote Family, termasuk Pica, Trebol, Senor Pink, Corazon, Monet, Sugar, Baby 5, Buffalo, Gladius, Machvise, Diamante, dan masih banyak lagi.

Big Mom Pirates

Sesuai dengan namanya Big Mom Pirates adalah kru bajak laut yang dipimpin oleh Charlotte Linlin alias Big Mom, pengguna buah iblis Soru Soru no Mi sekaligus mantan Yonkou yang sangat berpengaruh di dunia One Piece. Sebelum Linlin dikalahkan oleh Eustass Kid dan Trafalgar Law di Raid Onigashima yang menyebabkan nasib kelompoknya menjadi tidak jelas, Big Mom Pirates terkenal sebagai salah satu kru bajak laut dengan dengan pengguna Buah Iblis terabnyak. Di mana anggotanya terdiri dari Smoothie, Cracker, Mont-d’Or, Opera, Galette, Pudding, Newshi, dan juga Katakuri yang hampir menang dari Luffy di Whole Cake Island Arc.

Beasts Pirates

Sama seperti Big Mom Pirates, Beasts Pirates adalah bajak laut lainnya yang sekarang nasibnya bisa dibilang tidak jelas pasca Wano Island Arc. Pasalnya Kaidou yang memimpin Beasts Pirates dengan kekuatan Buah Iblis Ou Ou no Mi model Seiryu, telah berhasil Luffy kalahkan dengan Awakening Nika miliknya. Hal ini membuat status Yonkou dicabut dari Kaidou, sementara anggotanya banyak yang ditangkap Admiral Ryokugyu. Walupun masa depan Beasts Pirates masih samar-samar, tetapi hal tersebut tidak menghapus status mereka sebagai kru bajak laut dengan pengguna Buah Iblis terbanyak, di mana anggotanya terdiri dari Queen, King, Jack, dan ribuan Gifter pemakan buah SMILE.

Blackbeard Pirates

Tidak jauh berbeda dari Beasts Pirates, Blackbeard Pirate adalah bajak laut lainnya yang dalam sejarah One Piece telah melakukan segala upaya untuk mengumpulkan banyak pengguna Buah Iblis untuk memperkuat kru mereka. Pemimpin mereka yang dikenal sebagai Marshall D. Teach alias Blackbeard bahkan mempunyai dua kekuatan Buah Iblis karena tubuhnya yang unik, yaitu Yami Yami no Mi dan juga Gura Gura no Mi yang dicuri dari Shirohige. Alasan mengapa saat ini Blackbeard Pirates dianggap sebagai kru bajak laut dengan pengguna Buah Iblis terbanyak adalah karena keterlibatan penjahat seperti Laffite, Shiryu the Rain, dan mantan admiral Kuzan.

Straw Hat Pirates

Terakhir, kru bajak laut yang terkenal memiliki pengguna Buah Iblis terbanyak tidak lain adalah kelompok protagonis dalam cerita One Piece, Straw Hat Pirates. Dipimpin oleh Luffy sejak arc pertama yang berjudul The Romance Dawn Arc, sampai hari ini setidaknya ada empat pengguna Buah Iblis di Straw Hat Pirates. Termasuk Luffy yang telah berhasil mencapai Awakening Gomu Gomu no Mi model Nika di Wano Island Arc, Tony Tony Chopper dengan Hito Hito no Mi, Nico Robin dengan Hana Hana no Mi, dan Brook dengan Yomi Yomi no Mi. Sisanya adalah bajak laut tanpa Buah Iblis, seperti Zoro, Sanji, Franky, Nami, Jinbe, Usopp.

Itulah delapan kru bajak laut dalam cerita One Piece yang tercatat memiliki pengguna Buah Iblis terbanyak. Melihat nama-nama besar yang tergabung dalam ketujuh bajak laut ini cukup jelas bahwa pengguna Buah Iblis adalah satu satu faktor yang menentukan siapa yang layak dan mampu menjadi penguasa lautan. Saat ini ketika yang lainnya dinyatakan bubar atau punya nasib yang tidak jelas, para penggemar sudah tidak sabar ingin segera melihat pertemuan sekaligus pertempuran antara dua kru bajak laut yang tersisa, yaitu Blackbeard dan Straw Hat. Kita nantikan saja keseruannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.