Dengan reputasinya yang sangat luar biasa apakah kemudian level kekuatan dari pasukan Holy Knight setara dengan para admiral? Chapter 1083 dari manga One Piece menghadirkan berbagai informasi dan fakta baru yang menarik. Di chapter ini akhirnya kita mendapatkan kejelasan mengenai apa yang sebenarnya terjadi ketika peristiwa Reverie terjadi saat Pasukan Revolusi bertarung menghadapi dua admiral.

Mereka juga bahkan berhasil membebaskan Kuma sambil menyatakan perang terbuka dengan pihak World Government. Berbicara mengenai World Government ada fakta menarik yang muncul dalam chapternya yaitu mereka ternyata memiliki sebuah “pasukan khusus” yaitu Holy Knight. Namun, apakah kemudian kekuatan dari para Holy Knight setara dengan para admiral?

Siapa Holy Knight

Untuk saat ini, memang informasi lengkap mengenai siapa sebenarnya Holy Knight masih belum diketahui. Beberapa potongan informasi yang sudah muncul dalam ceritanya terkait Holy Knight adalah mereka merupakan bagian dari sejarah. Jumlah dari pasukan Holy Knight sendiri diketahui adalah sembilan orang yang mana masing-masing memiliki penampilan yang berbeda.

Para Holy Knight tersebut kemudian dikirim oleh World Government untuk menghancurkan delapan kerajaan yang sebelumnya menolak untuk membayar pajak kepada mereka. Berdasarkan dari penjelasan tersebut artinya level kekuatan dari para Holy Knight tidak sembarangan. Namun, pertanyaannya kemudian apakah level kekuatan para Holy Knight setara admiral?

Kekuatan Para Admiral

Seperti yang disebutkan di atas jika informasi mengenai Holy Knight memang belum dihadirkan secara lengkap oleh Eiichiro Oda. Namun, untuk jawaban dari pertanyaan apakah Holy Knight memiliki kekuatan setara dengan admiral kemungkinan besar mereka jauh lebih kuat dan lebih unggul dari para admiral. Mengapa demikian? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari perbandingan ini.

Ketiga admiral merupakan senjata kuat yang dimiliki oleh angkatan laut dan World Government. Dalam berbagai kesempatan, kita melihat seberapa dahsyat dan kuat mereka. Contohnya dalam perang puncak di Marineford, para Admiral memperlihatkan kekuatan mereka dengan berhasil mengalahkan kelompok bajak laut Whitebeard. Aokiji nampak bertarung melawan Jozu, Kizaru bertarung melawan Marco, dan Akainu bertarung melawan Whitebeard.

Ketiga Admiral tersebut memiliki buah iblis yang sangat mengerikan yang membuat mereka menjadi sosok kuat, baik sebelum time-skip atau pun sesudahnya. Bukti kedahsyatan para admiral sebelum time-skip bisa kita lihat di mana Kizaru berhasil menghabisi semua Worst Generation di Sabaody. Atau Aokiji yang menghancurkan kelompok bajak laut Topi Jerami dengan mudah.

Pasca time-skip ada perubahan di mana Aokiji dan Akainu tidak lagi menjadi admiral. Posisinya kemudian digantikan oleh Fujitora dan juga Green Bull. Fujitora memiliki kekuatan dahsyat dari Zushi Zushi no Mi yang mampu mengendalikan gravitasi. Sedangkan, Green Bull alias Aramaki memiliki kekuatan buah iblis yang mampu mengendalikan tanaman serta mampu mencuri cairan atau nutrisi orang lain.

Selain kekuatan buah iblis, para admiral ini juga tentunya memiliki kedahsyatan lainnya terutama dalam hal kekuatan Haki. Di Marineford, kita melihat ketiga admiral mampu menahan efek yang muncul dari serangan dahsyat Gura Gura no Mi milik Whitebeard. Artinya, para admiral tersebut memang harus memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.

Holy Knight Tidak Setara Admiral

Namun, bagaimana jika para admiral dibandingkan dengan para Holy Knight? Jawabannya Holy Knight jauh lebih unggul dari admiral. Terdapat beberapa hal yang bisa jadi petunjuk dalam hal ini. Misalnya, di chapter 1054 Kurouma menjelaskan dalam peristiwa pertarungan antara komandan Pasukan Revolusi dan admiral bisa saja berakhir jauh lebih buruk dan mengerikan jika Holy Knight ikut campur.

Kemudian, yang paling jelas adalah di chapter 1083 diketahui jika Holy Knight diterjunkan langsung oleh World Government untuk menghancurkan delapan kerajaan yang sudah tidak mau lagi membayar pajak. Angkatan laut butuh puluhan kapal atau armada untuk menghancurkan sebuah pulau atau wilayah. Sedangkan, para Holy Knight hanya butuh sembilan orang.

Kemudian, fakta bahwa mereka sudah jadi bagian dari sejarah sejak lama dan juga bagaimana mereka jarang muncul dan hanya bergerak ketika diperintahkan World Government – atau bahkan Im – jadi petunjuk bahwa kekuatan mereka sangat dahsyat dan artinya kekuatan mereka juga jauh di atas admiral. Bisa jadi, para Holy Knight tersebut mampu mengalahkan para admiral jika mereka mau.

Yang paling masuk akal untuk jadi lawan seimbang para Holy Knight adalah para Yonko. Kekuatan dan kemampuan Yonko berada di atas rata-rata para bajak laut lainnya, karena mereka adalah sosok yang terkuat. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa Yonko disebut sebagai penguasa samudra. Kita sudah melihat bagaimana kedahsyatan Luffy, Shanks, dan Blackbeard.

Mereka bertiga memiliki kedahsyatan kekuatan yang luar biasa. Misalnya, Shanks dengan kekuatan Haki yang bahkan membuat Green Bull ketakutan. Blackbeard mampu untuk mengendalikan dua kekuatan buah iblis. Dan Luffy, dia mampu jadi salah satu kekuatan dahsyat di dunia One Piece. Sehingga, rasanya wajar yang kemudian bisa jadi lawan bagi Holy Knight bukan admiral melankan para Yonko.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.