Para penduduk Wano akan pindah ke wilayah Grand Line pasca wilayah mereka hancur dan akan menemukan peradaban baru. Arc Wano Country jadi jalan cerita yang paling panjang dan paling lama di sepanjang series One Piece. Bahkan, arc Wano mengalahkan arc Dressrosa yang sebelumnya menjadi arc terpanjang. Alur ceritanya sendiri sudah berjalan lebih dari dua tahun, di mana ceritanya sendiri bermula pada pertengahan 2018.

Wano sendiri merupakan sebuah wilayah atau negara yang unik yang muncul dalam cerita One Piece. Sudah sejak ratusan tahun wilayah mereka terisolasi dari dunia luar. Wano jadi satu-satunya negara yang terisolasi, di mana untuk keluar atau masuk menuju negara ini butuh perjuangan yang besar. Namun, Wano kemungkinan akan hancur pada masa depan dan penduduknya pindah ke Grand Line.

Kehancuran Wano

Banyak dari Geeks pastinya bertanya-tanya mengapa kemudian Wano akan hancur pada masa depan dan mengapa kemudian para penduduknya pindah ke wilayah Grand Line. Hal ini ada kaitannya dengan sejarah Wano, Pluton, dan perbatasan negaranya. Wano merupakan sebuah wilayah yang penuh dengan misteri dan juga tanda tanya. Salah satu misteri terbesar yang sempat muncul dalam ceritanya adalah alasan mengapa negara tersebut menutup perbatasan mereka.

Namun, ternyata ada beberapa alasan mengapa kemudian mereka menutup perbatasan wilayah Wano. Menurut buku catatan Kozuki Oden, Wano sengaja melakukan hal tersebut untuk menyambut atau mempersiapkan diri demi kemunculan sosok Joy Boy yang baru. Kemudian, di akhir arc Wano terungkap jika alasan kedua mereka menutup perbatasan adalah karena ada kaitannya dengan salah satu Senjata Kuno, Pluton.

Selama ini, Senjata Kuno Pluton selalu dikaitkan dengan wilayah Alabasta. Diduga Senjata Kuno tersebut tersimpan dan tersembunyi di wilayah tersebut. Ini juga alasan kemudian Crocodile sempat menyerbu kerajaan tersebut. Namun, di arc Wano terungkap jika sebenarnya Pluton tidak ada di Alabasta melainkan di Wano. Dalam penjelasan Sukiyaki kepada Law dan Robin, Pluton masih tersimpan di bawah Gunung Fuji.

Mengapa kemudian Pluton terkait dengan perbatasan Wano? Karena, menurut Sukiyaki, mengaktifkan Pluton artinya membuka seluruh perbatasan Wano. Seluruh bukit dan air terjun di pintu masuk menuju Wano merupakan bagian dari perbatasan Wano. Jika kemudian Pluton diaktifkan, maka semua itu akan hancur. Bahkan, daratan Wano diprediksi akan kembali hancur jika Pluton diaktifkan.

Ini yang kemudian membuat Momonosuke kemudian berpikir ulang untuk tidak mengaktifkan Pluton sekarang. Momo beranggapan bahwa sekarang bukan waktu yang tepat. Dan sejauh ini, keputusan Momonosuke tersebut memang keputusan yang benar. Bisa jadi, Momo menunggu Luffy untuk bisa berhasil sampai ke Laugh Tale dan menemukan One Piece sebelum kemudian mengaktifkan Pluton.

Penduduk Wano Pindah ke Grand Line

Dengan Wano yang akan hancur akibat Pluton yang diaktifkan, pertanyaan selanjutnya kemudian adalah ke mana penduduk Wano akan pergi? Ke mana mereka harus pindah? Wano merupakan sebuah wlayah yang ada di New World, di mana wilayah ini dikenal sangat ganas. Selain banyak monster laut yang mengerikan, mereka juga menerima ancaman dari para Yonko.

Memang, saat ini, para Yonko jahat seperti Big Mom dan Kaido sudah tidak ada lagi. Namun, ancaman dari monster laut atau ancaman lainnya masih tetap ada dan nyata. Karena itulah, rasanya kecil kemungkinan penduduk Wano pindah atau tetap berada di wilayah New World ketika negara mereka hancur akibat Pluton di aktifkan. Lalu, ke mana alternatif terbaik tempat tinggal bagi penduduk Wano?

Yang paling memungkinkan adalah mereka semua akan pindah ke wilayah Grand Line. Mengapa Grand Line? Karena, wilayah ini cenderung lebih aman dibandingkan New World.  Mereka bisa pindah ke wilayah East Blue yang jadi asal dari beberapa karakter kuat, seperti Luffy atau Zoro. Wilayah Grand Line juga cenderung cukup maju peradabannya, yang mana jadi hal positif bagi para penduduk Wano.

Setelah puluhan bahkan ratusan tahun mereka terisolasi dari dunia luar dengan peradaban tradisional, mereka mungkin bisa mulai beradaptasi dengan masyarakat yang baru. Karena, penduduk di Grand Line juga sangat ramah yang mana mereka bisa mengajarkan berbagai hal atau adat istiadat yang para penduduk Wano tidak ketahui sebelumnya.

Penduduk Wano akan jadi salah satu masyarakat atau kelompok yang akan bergabung dengan para penduduk Grand Line. Selain Wano, para manusia ikan juga kemungkinan besar akan tinggal di wilayah daratan dan mereka juga akan bersatu di sekitar Grand Line pasca Luffy berhasil menemukan One Piece dan jadi raja bajak laut. Ini akan jadi momen Luffy yang berhasil menjalankan apa yang sebelumnya gagal dilakukan oleh Joy Boy lama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.