Sebagai film MCU mendatang yang sangat diantisipasi penggemar, Guardians of the Galaxy Vol. 3 dipastikan akan menghadirkan villain super cerdas High Evolutionary yang diperankan oleh aktor berbakat Chukwudi Iwuji. Di MCU sendiri dia digambarkan sebagai maniak evolusi yang telah berhasil menciptakan banyak hewan humanoid salah satunya adalah anggota Guardians, Rocket Racoon. Terlepas dari ancamannya yang tidak main-main, ada hal menarik dari penampilannya yang cukup memancing rasa penasaran, di mana dia kemungkinan besar menggunakan wajah palsu agar terlihat seperti manusia!

Keanehaan Wajah High Evolutionary

Saat aktor Chukwudi Iwuji menyapa para penggemar MCU dengan kostum High Evolutionary di acara San Diego Comic-Con 2022, pada saat itu mungkin banyak yang menyangka bahwa dia hanya sekadar melakukan cosplay karakternya. Faktanya jika kita perhatikan pada bagian wajahnya, cukup jelas bahwa ada keanehan dari penampilannya. Hal yang sama juga bisa kita lihat di trailer GOTG 3, di mana kulit wajahnya seperti tidak menempel secara alami di kepalanya. Dia seperti sengaja menempelkan kulit manusia untuk menutupi tengkorak robot yang terbuka pada bagian belakangnya.

Pada cuplikan lain di trailer GOTG 3, tepatnya saat dia tengah melakukan eksperimen genetik kepada Rocketsebenarnya wajah awal High Evolutionary belum seaneh versi finalnya. Dia tampak seperti manusia pada umumnya yang mempunyai rambut dan juga alis. Seiring dengan berjalannya waktu, kemungkinan besar dia memang sengaja mengubah wajah dan fisiknya bahkan rela membuang kemanusiaannya karena ingin mencapai tahap evolusi tertinggi nan sempurna seperti yang selama ini diidam-idamkannya.

Punya Wajah Buruk Rupa di Komik

Pertama kali melakukan diceritakan di komik Thor #134 (1966), High Evolutionary awalnya hanyalah seorang manusia biasa bernama Herbert Wyndham yang mempunyai keahlian dalam bidang genetik dan evolusi. Kehidupan dan cara pandangnya mulai berubah secara drastis setelah dia mendapatkan kunci evolusi dari bangsa Inhuman. Pada titik inilah dia mulai menjadi seorang maniak evolusi yang ingin membawa manusia menuju versi terbaiknya. Namun, karena percobaan terhadap manusia membuatnya bermasalah, dia lantas mencoba menerapkan ambisinya kepada sejumlah hewan dan juga dirinya sendiri.

Selain berhasil menciptakan bangsa hewan humanoid New Men, dia juga dengan sengaja memaksa tubuhnya untuk terus berevolusi agar menjadi makin hebat. Hasilnya seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, di mana wajah manusia Herbert tergantikan dengan wajah monster High Evolutionary. Penampilan mengerikannya ini tampak seperti campuran dari berbagai kepala hewan, seperti singa, jerapah, kadal, kuda, dan hewan lain yang akhirnya membuatnya terlihat sangat buruk rupa. Tujuannya tidak lain adalah karena dia ingin mempunyai semua keunggulan dari para hewan-hewan tersebut.

Penampakan asli High Evolutionary tanpa topeng palsunya ini pertama kali terungkap melalui komik Uncanny Avengers Vol. 2 #5 (2015), yang bercerita tentang pertempurannya dengan Avengers. Menjelang kekalahannya, topeng High Evolutionary diperlihatkan hancur secara tidak sengaja oleh para Avengers, yang juga sangat kaget melihat wajah aslinya. Terlepas dari penampilannya yang sangat mengerikan, evolusi High Evolutionary sendiri memang telah berhasil meningkatkan kemampuan tubuhnya, sehingga dia bisa terbang, mempunyai kekuatan fisik super, sampai memperbesar ukuran tubuhnya.

Bersembunyi di Balik Wajah Palsu

Meskipun berhasil mencapai tahap evolusi tertinggi, ada kemungkinan wajah palsu High Evolutionary ini justru mengisyaratkan bahwa dia sengaja menyembunyikan kelemahannya. Menurut Rocket, “dia bukan ingin membuat segalanya sempurna, dia hanya membenci hal-hal yang sudah semestinya.” Berdasarkan hal tersebut mungkin awalnya High Evolutionary senang dengan evolusinya, tetapi wajahnya yang buruk rupa pada akhirnya malah menjadi salah satu sumber kebencian terhadap dirinya sendiri, sehingga dia menutup kelemahan tersebut dengan kulit manusia yang menyerupai wajah lamanya.

Itulah pembahasan teori tentang wajah palsu High Evolutionary sebagai supervillain utama di film GOTG 3. Jika benar dia mempunyai wajah buruk rupa yang menjadi kelemahan terbesarnya, hal tersebut bisa menjadi salah satu kunci bagi para Guardians untuk mengalahkannya. Karena seperti yang kita tahu, di komiknya sendiri dia sudah terlampau cerdas dan kuat untuk dikalahkan dengan cara konvensional, sehingga mengungkap kelemahannya dapat membuatnya sedikit goyah. Kita lihat saja nanti seperti apa wajah aslinya, saat film Guardians of the Galaxy Vol. 3 dirilis tanggal 3 Mei 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.