Tingal sekitar dua bulan lagi sekuel film animasi Spider-Verse dari Sony Pictures yang berjudul Spider-Man Across the Spider-Verse akan segera menyapa para penggemarnya di bioskop seluruh dunia. Berdasarkan yang telah terungkap melalui trailernya, cukup jelas bahwa di Spider-Verse 2 nanti Miles Morales akan melakukan perjalanan multiverse dan bahkan bertemu dengan banyak Spider-People di lobi Spider-Verse. Namun tahukah kalian bagaimana cara para Spider-People tersebut menjelajahi Spider-Verse? Semuanya berkat sebuah alat canggih di Spider-Verse yang disebut Dimensional Watch!

Origin Dimensional Watch di Komik

Di Marvel Comics sendiri Dimensional Watch atau yang sering disebut juga dengan Web Watch, adalah alat canggih yang biasanya dipakai oleh para Spider-People untuk menjelajahi Spider-Verse, multiverse Marvel dari sudut pandang Spider-Man. Sesuai dengan namanya, Dimensional Watch yang pertama kali diperkenalkan di komik Web Warriors (2015) ini punya bentuk dan cara pakai yang mirip seperti jam tangan, tetapi dengan fungsi yang jauh lebih luas. Di mana para penggunanya bisa memanggil sebuah portal menuju dimensi atau semesta lain setelah memilih tujuan pada layar sentuh jamnya.

Secara kronologis, sebelum Dimensional Watch menjadi elemen penting di kisah Spider-Verse versi komik, Pavitr Prabhakar alias Spider-Man India dari Earth-50101 adalah salah satu orang pertama yang telah berhasil menciptakan alat canggih ini. Dia kemudian membagikannya kepada Web-Warrior, tim superhero yang terdiri dari para varian Spider-Man. Spider-People lainnya yang tercatat pernah berhasil menciptakan alat yang fungsinya kurang lebih sama seperti Dimensional Watch di antaranya adalah Venom Gwen, Spider-UK, Superior Spider-Man, Lady Spider, dan Spider-Man 2099.

Terhubungan Pada Web of Life and Destiny

Jika dibandingkan dengan mesin sejenisnya yang diceritakan di luar kisah Spider-Verse, keunikan Dimensional Watch terletak pada koneksinya yang sangat kuat terhadap Web of Life and Destiny. Bagi yang belum tahu, Web of Life and Destiny sendiri adalah jaring laba-laba kosmik yang menghubungkan seluruh Spider-Verse dan semua Spider-People di dalamnya. Baik disadari maupun tidak oleh seorang Spider-Man, koneksi kuat dari Web of Life and Destiny ini secara tidak langsung telah menjalin takdir para Spider-People di Marvel Universe, termasuk Miles Morales, Peter Parker utama, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penggambaran di komiknya bisa disimpulkan bahwa hubungan antara Dimensional Watch dengan Web of Life and Destiny mirip seperti perangkat canggih yang tersambung dengan server pusat. Itulah mengapa ketika varian Spider-Man jahat dari Earth-44145 menghancurkan Web of Life and Destiny di peristiwa Spider-Geddon, Dimensional Watch langsung berhenti berfungsi dan tidak bisa lagi digunakan oleh para Spider-People. Bahkan ketika Web of Life and Destiny dipulihkan, mereka harus mencari cara alternatif selain Dimensional Watch agar bisa kembali menjelajahi Spider-Verse.

Dimensional Watch di Spider-Verse 2

Seperti yang terlihat di trailer perdana Spider-Verse 2, nantinya orang pertama yang memberikan Dimensional Watch kepada Miles Morales adalah love interestnya yang tidak lain adalah Spider-Gwen. Bentuk dari Web of Life and Destiny di filmnya sendiri lebih mirip seperti lintasan waktu berbentuk heksagonal yang menghubungkan seluruh semesta dan berpusat di lobi Spider-Verse. Dalam salah satu cuplikan di trailer terbaru Spider-Verse 2 yang dirilis beberapa hari lalu, Gwen mengatakan kepada Miles bahwa semuanya yang ada di lobi Spider-Verse adalah ide Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099.

Kemungkinan besar khusus untuk versi animasinya ini orang pertama yang menemukan Spider-Verse dan menciptakan Dimensional Watch di filmnya adalah Spider-Man 2099. Dia jugalah yang sepertinya mengawasi seluruh aktivitas Spider-Verse, itulah mengapa di trailernya Spider-Man 2099 sempat menyinggung peristiwa di film MCU Spider-Man: No Way Home yang pada dasarnya melibatkan multiverse. Berdasarkan semua ini bisa kita simpulkan bahwa fungsi utama Dimensional Watch di filmnya kurang lebih sama seperti versi komik. Namun penggunaannya diawasi langsung oleh Spider-Man 2099.

Sekian pembahasan tentang Dimensional Watch, mesin penjelajah Spider-Verse yang punya bentuk seperti jam tangan. Sejauh ini Dimensional Watch masih merupakan satu-satunya alat yang fungsi utamanya belum tergantikan. Di luar kisah Spider-Man mungkin ada alat sejenis yang bisa digunakan untuk menjelajahi multiverse, tetapi sepertinya tidak ada satu pun di antara alat tersebut yang terhubung langsung pada Web of Life and Destiny seperti Dimensional Watch. Kita lihat saja nanti seperti apa petualangan Miles saat menggunakan alat canggih yang satu ini, saat filmnya tayang pada 2 Juni mendatang.

Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.