Selain nama-nama yang sudah dihadirkan sejauh ini, siapa karakter yang diduga adalah member rahasia dari SWORD di cerita One Piece? Organisasi rahasia angkatan laut SWORD saat ini sedang menjadi sorotan setelah kembali muncul di arc Egghead. Dalam arc ini diperlihatkan bagaimana SWORD terlibat dalam misi penyelamatan Koby ke pulau Beehive dan terlibat pertempuran dengan para bajak laut di sana.

Sejauh ini, memang masih belum banyak nama-nama yang diketahui sebagai member dari SWORD. Beberapa nama yang sudah terungkap diantaranya adalah Koby, Helmeppo, Prince Grus, Hibari, Kujaku, dan tentunya X Drake yang merupakan pimpinan kelompoknya. Namun, ada beberapa karakter lain yang diduga adalah bagian dari member SWORD. Siapa saja?

Sengoku

Sengoku the Buddha dahulu merupakan Fleet Admiral atau kepala markas pusat angkatan laut sebelum timeskip terjadi. Sengoku kemudian memutuskan untuk pensiun pasca perang besar Marineford di mana sekarang Akainu yang menggantikan posisinya. Bersama Garp dan Tsuru, Sengoku menjadi salah satu angkatan laut terkuat di generasinya bahkan mungkin hingga sekarang.

Banyak yang beranggapan bahwa Sengoku bukanlah 100% penganut keadilan absolut seperti para angkatan laut lain. Hal ini karena Sengoku dianggap masih memiliki moral dan hati nurani dalam dirinya. Inilah yang membuat dia kemudian dianggap bisa jadi adalah salah satu member rahasia SWORD. Hal ini karena Sengoku memiliki prinsip yang berbeda dengan yang lain, meskipun dia tetap harus menjalankan tugas dan misinya sebagai pemimpin angkatan laut.

Smoker

Seperti halnya Koby, Smoker adalah salah satu karakter yang pernah muncul di awal cerita One Piece. Bahkan, Smoker adalah angkatan laut pertama yang dihadapi oleh Luffy seperti diperlihatkan di Loguetown sebelum kemudian Dragon muncul dan menolongnya. Meskipun sempat mengincar Luffy, Namun pasca apa yang terjadi di Alabasta justru membuat Smoker menaruh hormat terhadap Luffy.

Di arc Alabasta Smoker menyaksikan sendiri bagaimana Luffy berhasil mengalahkan Crocodile, yang mana hal itu sebenarnya merupakan tugasnya. Luffy juga memerintahkan Zoro untuk menolong Smoker, yang lagi-lagi membuatnya menaruh rasa hormat terhadap Luffy. Smoker sendiri tidak setuju dengan pemberitaan yang menyebutkan jika dia yang jadi pahlawan di Alabasta. Smoker juga gemar dengan tantangan, dan dengan adanya SWORD dia bisa membersihkan lautan dari para bajak laut jahat. Karena, Smoker tahu jika angkatan laut tidak sepenuhnya bisa dipercaya.

Tashigi

Tashigi adalah bawahan sekaligus rekan dari Smoker. Dia merupakan rekan kerja yang juga dekat dengan sosok Smoker, sama seperti Koby dan Helmeppo juga Garp dan Bogard. Tashigi merupakan perwira angkatan laut yang mahir dalam menggunakan pedangnya. Tashigi dan Smoker sudah “satu paket” yang artinya jika Smoker bergabung bersama SWORD, maka Tashigi pun akan menjadi bagian dari kelompok tersebut.

Dan hal ini sendiri terbukti dalam chapter 1080 kemarin, di mana diperlihatkan jika Tashigi ikut berlayar bersama Garp menuju pulau Beehive. Sebenarnya, melihat sikap yang dihadirkan sejak kemunculan perdana Tashigi di Loguetown sudah memberikan sinyal jika dia juga berbeda dari angkatan laut lain. Tashigi justru peduli terhadap masyarakat lainnya seperti ketika dia mengalahkan bandit di wilayah tersebut.

Admiral Fujitora

Admiral Fujitora alias Issho sebenarnya sudah memutuskan untuk pensiun dari angkatan laut, sebelum kemudian dia dipanggil lagi bertugas pasca Akainu menjadi Fleet Admiral. Issho merupakan salah satu dari sedikit angkatan laut yang memiliki prinsip “angkatan laut sejati” seperti halnya beberapa angkatan laut lainnya. Seperti halnya Smoker, Issho pun bahkan berani menaruh hormat terhadap sosok Luffy setelah apa yang terjadi di Dressrosa.

Hal tersebut dikarenakan Issho melihat justru Luffy berniat membantu penduduk Dressrosa untuk bisa lepas dari cengkraman Doflamingo. Bahkan, di akhir ceritanya, Issho pun meminta maaf sambil bersujud kepada para penduduk Dressrosa atas apa yang pernah dilakukan oleh angkatan laut dan Doflamingo. Yang menarik juga adalah dia sebenarnya membenci World Government, yang mana rasanya masuk akal jika Issho juga menjadi bagian dari member rahasia SWORD.

Aokiji

Aokiji merupakan mantan admiral pusat angkatan laut yang memutuskan untuk mundur dari jabatannya, setelah dia kalah dalam pertarungan menghadapi Akainu. Aokiji merasa bahwa Akainu bukanlah pemimpin yang pantas, apalagi dengan rekam jejaknya yang mengerikan. Contohnya adalah terlibat dalam Buster Call pulau Ohara. Aokiji merupakan admiral yang memang secara sembunyi-sembunyi menunjukan sikap tidak setuju dengan apa yang terjadi dengan angkatan laut.

Dia tidak pernah setuju dengan keadilan absolut. Yang menarik adalah sedari awal Aokiji sangat mengagumi sosok Garp dan bahkan dia selalu berusaha belajar dari Garp. Sehingga wajar jika Aokiji pun dianggap menjadi bagian dari SWORD. Meskipun begitu, yang menarik adalah Aokiji di chapter 1080 nampak terkejut ketika Koby menyebutkan kata SWORD. Apakah ini merupakan reaksi asli atau merupakan sebuah strategi masih belum diketahui.

Monkey D. Garp

Monkey D. Garp alias Garp sang pahlawan angkatan laut adalah salah satu karakter yang memiliki kekuatan dahsyat dalam cerita One Piece. Sebagai rival dari Gol D. Roger, Garp berhasil menjadi salah satu yang terkuat di seriesnya. Garp juga bahkan adalah angkatan laut yang berhasil mengalahkan Rocks D. Xebec dalam peristiwa God Valley setelah bekerja sama dengan Roger.

Meskipun Garp adalah bagian dari angkatan laut, dia tidak pernah setuju dengan banyak dari angkatan laut. Contohnya bagaimana angkatan laut menjadi alat bagi kaum naga langit dan World Government. Inilah alasan dia tidak pernah mau menerima posisi admiral yang selali ditawarkan. Bergabung dengan SWORD mungkin menjadi cara bagi Garp untuk “melawan” mereka. Bahkan, mungkin Garp adalah pemimpin dari SWORD yang sebenarnya. Hal ini pun dibuktikan dengan bagaimana Garp yang menginisiasi misi penyelamatkan Koby.

Bogard

Bogard atau Humphrey Bogard adalah seorang perwira angkatan laut yang sekaligus merupakan tangan kanan alias orang kepercayaan dari Monkey D. Garp. Bogard juga merupakan orang yang melatih Helmeppo dan juga Koby, sebelum akhirnya dia dilatih langsung oleh Garp. Bogard adalah sosok perwira angkatan laut yang sangat kalem, terbukti dengan dia yang jarang berbicara dan hanya berbicara ketika dibutuhkan.

Dengan loyalitasnya kepada Garp, bukan tidak mungkin jika Bogard juga mengetahui tentang kelompok rahasia ini. Sama seperti Koby dan Helmeppo, Bogard juga bisa jadi merupakan bagian dari SWORD karena ajakan dari Garp. Sebagai rekan dari Garp, Bogard tentunya tidak akan keberatan jika menjadi salah satu “agen rahasia” kelompok SWORD yang mungkin menjelaskan sikap dan perilakunya yang tenang.

Meskipun sudah mulai diperkenalkan dalam ceritanya, namun masih ada banyak misteri terkait dengan SWORD. Selain apa yang kemudian jadi tujuan dibentuknya kelompok atau organisasi ini, kita juga masih belum tahu siapa member rahasia lain dari SWORD yang mungkin ada diantara angkatan laut yang sudah diperkenalkan dalam cerita. Kita nantikan saja ya Geeks peran dari SWORD dalam cerita selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.