Baru-baru ini, sebagian besar negara, termasuk Jepang, telah meralang perilisan film anime berjudul Shoujo Tsubaki. Mereka menolak perilisan film ini karena isi filmnya yang dianggap terlalu “mengerikan” dan akan menganggu banyak penonton. Nah buat Geeks yang belum tahu, film tersebut diadaptasi dari manga berjudul sama garapan Suehiro Maruo di tahun 1984. Secara garis besar, filmnya menceritakan kisah seorang gadis berusia 14 tahun bernama Midori yang mengalami trauma emosional karena berbagai hal buruk yang dialaminya.

Ketika Midori menjadi yatim (dengan kematian ibunya yang mengerikan), dia kemudian bergabung dengan sebuah tim sirkus. Namun di sana, dia mulai disiksa secara emosional dan fisik oleh anggotanya. Lebih parahnya lagi, Midori juga harus mengalami pelecehan dari anggota lainnya, yang membuat hidupnya semakin tragis. Dan meski pada akhirnya Midori lolos dari sirkus itu, tetapi akhir ceritanya tidak terlalu membahagiakan untuknya.

Karena film ini memiliki cerita yang meresahkan, sutradara filmnya, Hiroshi Harada juga sempat kesulitan untuk mendapatkan dana pembuatan filmnya. Karena itulah dia harus membiayai filmnya menggunakan tabungan pribadinya. Harada juga merangkap menjadi beberapa bagian karena kurangnya staf tambahan. Selain sutradara, Harada juga merangkap sebagai penulis skenario, Storyboard Artist, dan animator utamanya. Dan karena itulah dibutuhkan waktu setidaknya lima tahun untuk menyelesaikan filmnya.

Harada mengaku telah membuat lebih dari 5.000 ilustrasi untuk proyek tersebut. Sebelum membuat film tentang Midori ini, Harada juga membuat film yang menceritakan tentang perpeloncoan. Dan Midori sendiri mengaku bahwa dia pernah menjadi korban perpeloncoan yang akhirnya membuat dia membuat film itu. Di Jepang, Shoujo Tsubaki dianggap sebagai karya klasik dan memiliki pengaruh besar dalam dunia seni manga horor. Namun, di luar Jepang, cerita Shoujo Tsubaki masih relatif tidak dikenal dan jarang dibahas secara luas.

Meski memiliki pengaruh besar, pada akhirnya film anime itu pun harus dibanned dari negara Jepang. Tertarik untuk menyaksikan film Shoujo Tsubaki Geeks? Tetapi sepertinya film itu tidak akan tayang di bioskop Indonesia, mengingat cerita yang dihadirkan sangat kontroversial.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/