Sosok Monkey D. Garp saat ini sedang menjalankan misi untuk selamatkan Koby yang diculik oleh Blackbeard, namun kemungkinan Garp akan tewas dalam misinya ini. Nasib buruk harus dihadapi oleh Koby di mana dia diculik oleh kelompok Blackbeard. Hal ini terjadi ketika dia menjalankan tugas untuk menangkap Boa Hancock di Amazon Lily. Namun, kejutan muncul dengan kemunculan sang Yonko.

Blackbeard datang dan langsung berusaha untuk mencuri kekuatan buah iblis Hancock, yang mana hal tersebut tidak terjadi karena Rayleigh muncul tepat pada waktunya. Sebelum kemudian pergi, Blackbeard ternyata berhasil menculik Koby. Mengetahui hal ini, Garp kemudian menjalankan misi pribadinya untuk menyelamatkan mentornya tersebut, Tetapi, dalam misi tersebut kemungkinan Garp akan mengalami nasib buruk.

Level Kekuatan Garp

Sekuat apa sosok Garp dalam cerita One Piece? Monkey D. Garp adalah pria yang memiliki julukan pahlawan angkatan laut dan juga merupakan ayah dan kakek dari Monkey D. Dragon dan Monkey D. Luffy. Berdasarkan dari apa yang sudah muncul dalam cerita, Garp memang tidak memiliki kemampuan buah iblis. Namun, Garp memiliki kekuatan Haki yang luar biasa dahsyat.

Diketahui jika Garp menguasai ketiga jenis Haki, namun Oda Sensei sendiri lebih sering memperlihatkan kemampuan Armament Haki dari Garp. Dan berbicara mengenai kekuatan Haki dari Garp, di chapter 1080 kemarin Oda akhirnya memperlihatkan kekuatan dahsyat lain dari Garp. Dia memperlihatkan kedahsyatan dari Conqueror Haki dengan menggunakan teknik Galaxy Fist/Impact.

Dalam serangan tersebut, Garp berhasil menghancurkan sebagian wilayah dari pulau Beehive dan menghabisi banyak sekali bajak laut yang berkumpul. Sejauh ini, Garp memang sangat jarang diperlihatkan bertarung sehingga kita tidak pernah tahu seperti apa kekuatan penuh dari sosok Garp. Meskipun begitu, dari cerita yang dihadirkan oleh Sengoku dalam pertempuran di God Valley dan bukti nyata di chapter 1080 memberikan petunjuk bahwa kekuatan Garp memang sangat dahsyat.

Kenapa Garp Akan Tewas

Memang, harus diakui jika level kekuatan Garp sangat luar biasa. Dia adalah sosok pahlawan angkatan laut di mana mampu untuk mengalahkan Rocks dan juga krunya. Dia juga sudah membuktikan bagaimana kekuatannya mampu untuk menghancurkan sebuah wilayah di sebuah pulau dan menghancurkan para bajak laut lain. Meskipun begitu, terdapat sebuah teori tentang nasib Garp.

Ada kemungkinan jika Garp akan tewas dalam misi untuk selamatkan Koby sekarang. Mengapa demikian? Di chapter 1080 kemarin diperlihatkan bagaimana Monkey D. Garp berhasil pergi ke pulau Beehive bersama dengan beberapa anggota SWORD lain. Dalam chapter tersebut juga diperlihatkan bagaimana mereka berhasil menghancurkan para bajak laut yang ada di sana, sambil juga memperlihatkan bagaimana Koby berhasil kabur dari penjara.

Untuk saat ini, Garp dan anggota SWORD memag berada di atas angin. Namun, bukan hal mustahil jika situasinya akan berbalik. Hal ini dikarenakan para kru bajak laut Blackbeard memutuskan untuk menahan diri mereka karena tidak ingin Blackbeard marah karena terlalu menghadirkan banyak kerusakan. Apalagi, seluruh bangunan di pulau tersebut baru saja dibangun ulang pasca insiden Rocky Port.

Chapter 1080 juga memperlihatkan jika kru bajak laut Blackbeard lain – Vasco Shot, Sanjuan Wolf, dan Avalo Pizzaro – ternyata memiliki kekuatan buah iblis. Dari segi peluang, memang Garp dan SWORD memiliki peluang yang cukup besar. Tetapi, peluang mereka kalah juga tidak kecil. Ada beberapa hal yang membuat Garp mungkin akan tewas dalam misi selamatkan Koby ini.

Pertama, layaknya Whitebeard usia dari Garp sudah sangat tua. Dalam perang Marineford diperlihatkan jika kesehatan Whitebeard mulai menurun seiring usia. Garp memang tidak memperlihatkan tanda penurunan fungsi kesehatan, namun bukan berarti dia tidak mengalami hal tersebut. Kedua, level kekuatan Garp dan anggota SWORD lain bisa dibilang tidak seimbang.

Sebagian dari mereka memang memiliki kekuatan buah iblis, namun kekuatannya nampak tidak terlalu signifikan. Apalagi, jika membandingkannya dengan kekuatan buah iblis kru Blackbeard. Contohnya adalah kekuatan Shima Shima no Mi milik Pizzaro, di mana dia mampu mengendalikan seluruh pulau Beehive. Perbedaan kekuatan inilah yang membuka peluang kelompok Blackbeard untuk meraih kemenangan dari SWORD.

Yang juga menarik adalah dalam teorinya sendiri terdapat sebuah petunjuk menarik lain, di mana Oda Sensei mungkin akan menghadirkan momen yang sama ketika Jiraiya menjalankan misi terakhirnya untuk berburu Akatsuki atau Pein. Meskipun dia adalah salah satu legenda Sannin, namun level kekuatan Pain dan tubuhnya yang lain tidak bisa diremehkan yang akhirnya dia pun tewas. Hal ini juga yang bisa jadi akan dihadirkan Oda Sensei terhadap Garp.

Jadi Momen Penting

Untuk saat ini, memang masih belum diketahui apa yang akan terjadi kepada Garp. Apakah dia akan menang dan berhasil selamatkan Koby atau justru sebaliknya. Namun, jika kemudian Oda menghadirkan cerita di mana Garp tewas akibat kru Blackbeard maka ini bisa jadi poin cerita menarik kedepannya. Misalnya, kematian Garp bisa jadi pemicu bagi Koby untuk berkembang menjadi lebih kuat.

Selama ini, Koby adalah karakter yang selalu ragu dan takut akan banyak hal terutama mengenai apa yang hendak dia lakukan. Melihat bagaimana pengorbanan dari sosok yang dia idolakan dan hormati jelas akan membuka mata dari Koby. Dia bisa jadi akan berubah dan berlatih dengan jauh lebih keras untuk menjadi lebih kuat dengan tujuan membalas dendam kematian dari Garp.

Koby tidak akan sendiri menjalankan misinya tersebut. Luffy pun jelas tidak akan tinggal diam mendengar kakeknya tewas. Dia akan berusaha untuk mencari keberadaan Blackbeard atau krunya dan menghabisi mereka semua. Hal ini bisa saja terjadi di arc Egghead atau arc selanjutnya. Momen epik ini tentunya bisa juga jadi momen penutup di akhir series One Piece nantinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.