Avengers adalah tim superhero yang sudah sejak lama menjadi ikon semesta komik Marvel, baik itu di komik maupun di versi live action Marvel Cinematic Universe. Di MCU sendiri Earth’s Mightiest Heroes yang pertama kali diceritakan melalui film The Avengers ini merupakan tim superhero yang paling populer di jagat sinemanya. Namun tahukah kalian Geeks, bahwa sebelum Avengers melakukan debutnya, sebenarnya Marvel Studios hampir memperkenalkan tim super Invaders terlebih dahulu di MCU. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana ceritanya bisa sampai batal dan siapa sebenarnya Invaders ini!

Batal Tampil di Fase Pertama MCU

Sebelum pemimpin SHIELD Nick Fury merekrut Avengers, yang terdiri dari Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Hawkeye, dan Black Widow, awalnya Marvel hampir menghadirkan tim superhero pertama MCU bernama Invaders di film Captain America: The First Avengers. Hal ini bermula dari pernyataan resmi bos Marvel Sudios Kevin Feige pada tahun 2010 silam, yang mengatakan bahwa Invaders akan memainkan peran penting di film pertama Captain America tersebut. Sayangnya yang akhirnya muncul di filmnya justru bukan Invaders versi Marvel Comics melainkan tim lain yang bernama Howling Commando.

Sebagai pengingat, Howling Commando sendiri adalah tim yang dipimpin oleh Captain America pada era Perang Dunia II, di mana anggotanya terdiri dari Bucky Barnes, Dum Dum Dugan, Union Jack, dan lain sebagainya. Faktanya, menurut sutradara Captain America: The First Avengers Joe Johnston, tadinya Invaders memang akan diperkenalkan di filmnya sebelum Feige mengubah pikirannya untuk menggunakan Howling Commando sebagai tim super pertama MCU. Lantas siapa sebenarnya Invaders? Apakah mereka punya kesempatan untuk muncul pada masa depan MCU?

OriginĀ  storyInvaders di Marvel Comics

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kemunculan Howling Commando di MCU, tetapi jika dibandingkan dengan Invaders sebenarnya keduanya jelas sangat berbeda, di mana Invaders jauh lebih populer dan lebih hebat sebagai tim superhero yang sesungguhnya. Diperkenalkan di komik Avengers #71 (1969), Invaders digambarkan sebagai tim super Marvel paling pertama sebelum Avengers yang eksis pada era Perang Dunia II. Di mana anggotanya terdiri dari para superhero veteran Marvel, termasuk Namor the Sub-Mariner, Human Torch pertama, Toro, Captain America, dan sidekick-nya Bucky Barnes.

Setelah Invaders dibentuk karena telah menyelamatkan perdana menteri Inggris dari villain Master Man, misi utama mereka adalah mengalahkan Adolf Hitler dan pasukan Nazi yang melakukan segala cara demi memenangkan Perang Dunia II. Dalam perjalanannya ada lebih banyak lagi superhero yang bergabung dengan Invaders, termasuk Union Jack, Miss America, Whizzer, Blazing Skull, Silver Scorpion, dan masih banyak lagi. Bersama-sama mereka banyak melalui misi sulit dan mengalahkan sejumlah antek Nazi, seperti Red Skull, Baron Strucker, dan tim supervillain ciptaan mata-mata Jepang yang disebut Super-Axis.

Sayangnya ketika Captain America dan Bucky diceritakan tewas dalam ledakan pesawat drone menjelang akhir Perang Dunia II, para anggota Invaders yang tersisa memutuskan untuk membubarkan tim dan berjalan masing-masing. Sejak saat itulah tim superhero Invaders paling pertama seperti menghilang ditelan zaman dan tergantikan oleh banyak tim lain termasuk Avengers. Terlepas dari takdirnya yang singkat, cukup jelas bahwa Invaders jauh lebih baik dari Howling Commando, karena mereka punya sepak terjang yang lebih banyak serta anggota yang terdiri dari para superhero tangguh.

Apakah Invaders Bisa Muncul di MCU?

Meskipun batal tampil di MCU melalui film Captain America: The First Avengers, tetapi bukan berarti tim superhero Invaders tidak punya kesempatan untuk muncul pada masa mendatang. Melihat gambaran Invaders di Marvel Comics yang tidak kalah hebat dan kalah menarik dari Avengers, sepertinya akan menarik jika suatu hari nanti MCU menghadirkan mereka di kisah yang melibatkan peristiwa multiverse. Misalnya sebagai tim superhero yang eksis di semesta alternatif, layaknya Illuminati di Earth-838 yang tahun lalu muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Yang lebih menariknya lagi, mereka bisa saja diceritakan sebagai tim super alternatif yang terus berjuang bersama Captain America dan Namor versi Tenoch Huerta sejak era Perang Dunia II, sampai akhirnya mengalahkan Thanos dan supervillain besar lainnya pada masa modern. Dengan begitu mungkin kita bisa melihat pemeran Captain America Steve Rogers, yaitu Chris Evans yang sebelumnya telah menyatakan pensiun, untuk kembali sekali lagi di tayangan MCU melalui kemunculan Invaders di kisah multiverse. Misalnya di film crossover Avengers: Secret Wars yang dijadwalkan untuk tayang pada 1 Mei 2026 mendatang.

Sekian pembahasan tentang Invaders yang tadinya hampir menjadi tim superhero pertama versi live action seperti di komiknya. Terlepas dari maksud asli Kevin Feige yang akhirnya lebih memilih Howling Commando sebagai tim superhero pertama MCU, mungkin di luar sana ada banyak juga penggemar yang berharap Invaders versi live action bisa melakukan debutnya. Karena sejatinya mereka adalah tim superhero Marvel paling underrated yang layak untuk unjuk gigi juga di MCU. Bagaimana menuru kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.