Sebagai salah satu sutradara film Hollywood yang paling populer di seluruh dunia, Quentin Tarantino memulai debutnya pada awal 1992. Dikenal karena gaya khas filmnya yang selalu berhasil menggabungkan estetika sinematografi dengan adegan penuh darah, nyaris semua film Tarantino selalu diterima dengan baik, seperti Pulp Fiction, Inglorious Basterds, Django Unchained, Kill Bill, dan Once Upon a Time in Hollywood. Menariknya tahukah kalian bahwa selama berkarier sebagai sutradara, Quentin Tarantino ternyata pernah hampir menggarap lima film superhero, baik Marvel dan DC, tetapi akhirnya batal karena beragam alasan!

Luke Cage

Setelah sukses dengan film debutnya yang berjudul Reservoir Dogs, Tarantino pernah hampir mengembangkan film superhero ikonis dari Marvel Universe pada tahun 1990-an. Sebagai penggemar berat superhero Luke Cage yang terkenal karena kekuatan fisiknya, dia sempat bertemu dengan pemilik hak siar karakternya, yaitu produser Ed Pressman. Dia bahkan mengusulkan aktor Laurence Fishburne (Matrix, John Wick) untuk menjadi karakter utamanya. Meskipun awalnya cukup ambisius, tetapi para akhirnya Quentin Tarantino batal melanjutkan proyeknya karena ingin lebih fokus dengan film Pulp Fiction yang akhirnya terbukti sangat berhasil dan menjadi salah satu film terbaiknya.

Silver Surfer

Mungkin awalnya tidak pernah ada yang menyangka bahwa ternyata Tarantino sangat menyukai komik superhero. Faktanya selain mengaku sebagai penggemar berat Luke Cage, dia juga ternyata menyukai karakter Marvel lainnya, salah satunya Herald of Galactus yang bernama Silver Surfer. Saking sukanya Tarantino kepada karakter kosmik berwarna silver yang sering terlihat mengendarai papan surf ini dia pernah menulis skenario film solo Silver Surfer. Tidak lama setelah merilis Reservoir Dogs, Quentin Tarantino bahkan sempat mengajukan naskahnya kepada Constantine Films, sebelum rumah produksi film asal Jerman tersebut menolaknya dan proyeknya dinyatakan batal sejak saat itu.

Green Lantern

Selain film superhero Marvel, Quentin Tarantino juga pernah batal menggarap film DC yang berfokus pada karakter Green Lantern. Dilansir dari MTVpada tahun 1990-an Tarantino sempat dincar oleh sebuah perusahaan film untuk menyutradarai film live action Green Lantern yang naskahnya sudah rampung. Namun pada saat itu dia menolak tawarannya karena merasa kurang yakin dengan kemampuannya, mungkin karena sebelumnya telah gagal dengan proyek Luke Cage dan Silver Surfer. Entah bagaimana nasib dari naskah film Green Lantern tersebut, yang jelas versi live action dari superhero berkekuatan Power Ring ini baru bisa terealisasi pada tahun 2011 silam dengan Ryan Reynolds sebagai bintangnya.

Iron Man

Saat ini siapa yang tidak mengenal Iron Man? Superhero berarmor andalan Marvel ini telah membuat Marvel Cinematic Universe bisa sebesar sekarang, khususnya karena peran Robert Downey Jr. yang telah berhasil menghidupkan versi live action karakternya. Namun, tahukah kalian bahwa pada akhir 1990-an, studio Fox sempat kesulitan untuk mewujudkan filmnya, padahal pada saat itu aktor sekelas Nicolas Cage dan Tom Cruise sempat mengungkapkan ketertarikannya untuk berperan sebagai Tony Stark. Salah satu alasan mengapa proyeknya batal diwujudkan mungkin karena pada tahun 1999 Quentin Tarantino sempat menolak untuk menulis naskah sekaligus menggarap film Iron Man tersebut.

Frank Rock

Tidak lama setelah merilis film Death Proof pada tahun 2007, Tarantino pernah ditawari langsung oleh Warner Bros untuk menggarap film adaptasi karakter DC yang bernama Frank Rock alias Sgt. Rock. Sebagai informasi, superhero yang aktif pada era Perang Dunia ini dikenal sebagai tentara brutal yang menggunakan kehebatan dan semua senjatanya untuk melawan Nazi dan pasukan zombie yang diciptakan oleh musuh. Meskipun pada saat itu naskahnya telah selesai ditulis oleh David Peoples, tetapi Quentin Tarantino batal menggarap film Sgt. Rock karena merasa ragu. Pada tahun 2021 lalu, dia mengaku masih terus memikirkan naskah filmnya yang menurutnya sangat megah.

Itulah lima film superhero dari DC dan Marvel yang batal digarap oleh Quentin Tarantino. Seandainya dia bisa merealisasikan salah satu proyek film ini mungkin sekarang Tarantino akan lebih dikenal sebagai sutradara film superhero dan direkrut oleh Marvel atau DC. Di sisi lain tidak sedikit penggemar yang merasa bersyukur dia masih tetap pada jalurnya sendiri dengan film-film khasnya. Sayangnya, berita terbaru justru melaporkan bahwa Tarantino berencana pensiun dengan film kesepuluhnya The Movie Critic yang akan mulai digarap pada tahun ini. Kita doakan saja yang terbaik untuknya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.