Siapa yang tidak mengenal Stan Lee? Penulis sekaligus editor komik superhero Amerika ini adalah wajah Marvel sejak namanya masih Timely Comics. Salah satu pionir Marvel yang sangat dicintai para penggemar ini telah menciptakan banyak sekali karakter Marvel populer yang sampai hari ini masih eksis dan terus berkembang. Meskipun sekarang dia sudah tidak bersama kita (RIP), tetapi karyanya masih terus dikenang sampai sekarang. Selain para karakter Marvel, salah satu karya ikonis Stan Lee yang perlu kalian tahu adalah superhero non Marvel yang bernama Heroman. Begini penjelasan origin dan kekuatannya!

Mainan Yang Menjadi Robot Super

Pertama kali diperkenalkan di anime ciptaan Stan Lee dan studio Bones yang berjudul Heroman (2010), Heroman atau yang dikenal juga sebagai Hiroman awalnya hanyalah sebuah mainan robot bernama Heybo yang dibuang oleh pemilik pertamanya karena rusak. Seorang anak laki-laki bernama Joey Jonas lantas mengambilnya dari tempat sampah dan membawanya ke rumah untuk diperbaiki sebagai salah satu koleksi mainannya. Namun pada suatu malam, petir tiba-tiba menyambar Heybo dan secara ajaib mengubahnya menjadi robot super raksasa yang kemudian diberi nama Heroman oleh Joey.

Sejak perubahannya, Heroman selalu terlihat bersama Joey ke mana pun dia pergi. Meskipun tidak bisa berbicara, tetapi pada dasarnya Heroman bisa mengerti perasaan Joey. Uniknya Heroman memiliki banyak kemiripan dengan ayah Joey yang telah meninggal dunia. Dari sinilah ikatan mereka berdua makin menguat dan mengubah Heroman menjadi sumber harapan Center City sebagai superhero yang harus melawan berhadapan dengan bangsa alien jahat Skrugg. Pertempuran demi pertempuran dilakukan oleh Heroman dan Joey sampai akhirnya Skrugg pergi dari muka Bumi.

Tipikal Superhero Ciptaan Stan Lee

Secara kekuatan, pada dasarnya Heroman kurang lebih sama seperti para karakter ikonis Marvel yang diciptakan oleh Stan Lee, misalnya Iron Man, Spider-Man, Thor, Hulk, dan masih banyak lagi. Kemampuan utama Heroman juga berkisar pada pada kekuatan fisik super dan manipulasi listrik, di mana dia bisa menggunakannya untuk menyerang bahkan bertahan. Karena dasar kekuatannya inilah segala bentuk serangan listrik dari Skrugg tidak akan bisa melukai Heroman. Energi listrik justru malah memberikan efek tambahan untuk memperbaiki tubuh Heroman dan memulihkan stamina Joey yang mengendalikannya.

Joey sendiri memegang peran besar untuk mengarahkan sekaligus memperkuat setiap tindak tanduk Heroman. Ada pun kata kunci yang sering dipakai oleh Joey adalah:

  • Engage: Mengubah Heroman dari mainan menjadi robot super.
  • Attack: Heroman langsung menyerang target sesuai arahan Joey, entah itu benda mati maupun villain.
  • Go: Tinju Heroman langsung terisi dengan energi listrik yang kemudian bisa memberikan serangan mematikan kepada musuh.
  • Augment: Memperbesar ukuran tubuh Heroman sampai setinggi gedung.
  • Magneto: Memungkinkan Heroman untuk menarik logam di sekitarnya sekaligus mengeluarkan sulur listrik yang berfungsi sebagai perpanjangan tangannya.
  • Blast: Meningkatkan energi listrik tubuh Heroman.
  • O Spark: Mengeluarkan serangan listrik ultimate dari dadanya yang dapat langsung memusnahkan apa pun yang ada di hadapan Heroman.

Di balik semua kekuatan dahsyat Heroman, stamina Joey sendiri sangat menentukan hasil akhir pertarungan. Karena makin besar kekuatan yang ditunjukan Heroman, maka stamina Joey akan makin terkuras. Untungnya, kelemahan ini berhasil diatasi setelah mereka tahu bahwa listrik eksternal dapat mengembalikan stamina Joey melalui koneksi khususnya dengan Heroman.

Eksistensi Heroman Sekarang

Anime Heroman yang diciptakan oleh Stan Lee pada tahun 2010 ini mempunyai total 26 episode. Serialnya sendiri terbilang cukup sukses, di mana sejak saat itu lebih banyak lagi penggemar anime yang mengenalnya, termasuk bagaimana cara dia menggambarkan sebuah superhero. Kisah Heroman dan Joey ini juga sempat diadaptasi menjadi manga oleh Tamon Ohta pada tahun 2011, bahkan sampai menyebar ke negara asal Stan Lee, Amerika. Meskipun kisahnya singkat, tetapi pada saat itu Stan Lee yakin bahwa penggemarnya akan mengenal Heroman sebagai “superhero baru untuk abad ke-21.”

Itulah pembahasan tentang Heroman yang diciptakan oleh Stan Lee di luar Marvel. Jika kalian penggemar Stan Lee dan suka dengan tayangan anime, serial Heroman adalah salah satu contoh kombinasi sempurna untuk memuaskan keinginan kalian. Meskipun ceritanya sederhana, yaitu robot super vs alien, tetapi setidaknya kita bisa mengetahui sudut pandang Stan Lee yang ada dalam sebuah anime superhero Jepang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.