Sudah lebih dari satu tahu sejak penayangan perdana film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings di bioskop seluruh dunia. Sampai hari ini masih banyak penggemar yang menganggapnya sebagai salah satu film MCU terbaik di Multiverse Saga. Menariknya, baru-baru ini dengan dirilisnya buku Marvel Studios’ Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings: The Art of the Movie, kita bisa melihat sepuluh tampilan alternatif superhero Asia Shang-Chi dari aktor Simu Liu yang tidak jadi ditampilkan di filmnya.

Dalam buku yang berisi kumpulan gambar konsep film Shang-Chi ini, Marvel Studios Visual Development Supervisor Andy Park mengungkapkan betapa bahagianya dia bisa ikut terlibat dalam penggarapan desain kostum dan penampilan sang superhero Asia pertama di MCU. “Khususnya dalam kasus Shang-Chi. Ini adalah genre dan sudut representasi yang sangat berbeda dengan pahlawan Asia pertama MCU. Ini sangat menyenangkan, apalagi saya sendiri adalah seorang keturunan Asia-Amerika,” ungkapnya. Simak detail gambar konsep dari sepuluh penampilan epik Shang-Chi di bawah ini, Geeks:

Pada gambar pertama kita bisa melihat tampilan yang mirip seperti di filmnya, tetapi pada penampilan alternatif ini Shang-Chi justru terlihat lebih keren dengan tambahan hoodie yang menyatu dengan kostum merahnya. Lebih lanjut lagi, gambar konsep lainnya justru memperlihatkan penampilan sang superhero Asia yang sangat berbeda dari versi finalnya di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, mulai dari yang mengenakan jubah, kemudian warna kostum yang berbeda, sampai tato naga yang terlihat jelas ketika Shang-Chi melepas atasannya.

Andy Park mengaku bahwa dia telah melakukan riset terhadap penampilan Shang-Chi di komik, serta simbol sejarah, tradisi dan pakaian tradisional Tiongkok, agar bisa mewujudkan gambar semua gambar konsep di atas. “Saya telah melakukan penelitian mendalam terkait budaya Tiongkok, mulai dari eksplorasi simbolisme sejarah, pakaian tradisional Tiongkok, tradisi, dan tentu saja materi asli komik yang diperlukan. Shang-Chi sendiri diciptakan selama seni bela diri kung fu tengah digandrungi pada tahun 1970-an,” ungkap Park dalam buku Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings: The Art of the Movie.

Terlepas dari kesuksesan filmnya, dengan terungkapnya gambar konsep tampilan alternatif Shang-Chi ini mungkin sebagian penggemar akan ada yang menyangkan mengapa berbagai kostum keren ini tidak jadi ditampilkan. Kabar baiknya, petualangan Shang-Chi di MCU masih belum berakhir, dia dipastikan akan segera mendapatkan film solo kedunya pada masa mendatang. Jika beruntung mungkin kita akan melihat salah satu dari sepuluh gambar konsep ini diwujudkan pada masa depan MCU. So kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.