Sebagai big bad villain di Multiverse Saga, sejauh ini setidaknya sudah ada dua varian Kang yang menampakan dirinya di Marvel Cinematic Universe. Yang pertama He Who Remains di serial Loki season 1, dan yang terbaru adalah varian Kang di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Mengingat Kang sendiri awalnya adalah seorang penjelajah waktu yang eksis di berbagai universe, tidak sedikit penggemar yang bertanya-tanya “adakah varian Kang yang berasal dari prime universe MCU?” Kali ini kita akan mencoba membahasnya dan berharap bisa mendapatkan jawabannya di akhir artikel ini. So check this out, Geeks!

Karakteristik Kang the Conqueror

Sebagai penggemar setia Marvel, kita semua mungkin sudah paham bahwa varian Kang yang eksis di multiverse jumlahnya sangat tidak terbatas, di mana masing-masing varian tersebut umumnya mempunyai penampilan dan kisah yang beragam. Misalnya varian baik seperti Iron Lad yang mendirikan Young Avengers, atau Kang the Conqueror yang justru menjadi salah satu musuh bebuyutan Avengers. Walaupun begitu, satu hal yang perlu kita catat bahwa terlepas dari semua perbedaannya, Kang setidaknya punya satu karakteristik yang selalu dimiliki oleh setiap variannya, yaitu tidak terikat pada satu timeline saja.

Dalam sejarahnya, Nathaniel Richards alias Kang dikenal sebagai seorang penjelajah waktu yang menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan berpindah-pindah dari satu titik timeline ke timeline lain. Dengan kata lain, sulit untuk menebak asal universe varian Kang, karena sebenarnya dia tidak hidup di satu garis timeline yang lurus, seperti timeline utama MCU. Namun sebagai seorang penakluk, tentunya seorang Kang bisa ada di universe mana pun yang dia suka. Berdasarkan hal tersebut, jika berbicara tentang siapa varian yang sering muncul di prime universe MCU, mungkin jawabannya adalah Prime Kang.

Prime Kang di Marvel Comics

Sebelum mengenal lebih jauh siapa Prime Kang, harus kita pahami terlebih dahulu bahwa di Marvel Universe sendiri sejauh ini belum ada satu pun Kang yang secara spesifik mengklaim dirinya berasal dari Earth-616 alias prime universe di komik. Namun, Prime Kang sendiri adalah Nathaniel Richards paling pertama yang berasal dari masa depan, tepatnya abad ke-30 yang eksis di Earth-6311. Perjalanan waktu pertamanya adalah pergi zaman Mesir kuno, di mana dia lantas menjadi firaun tiran bernama Rama-Tut.

Setelah pemerintahannya sebagai Rama-Tut berakhir di tangan Fantastic Four yang juga melakukan perjalanan waktu ke masa lalu, Kang kemudian secara tidak sengaja kabur ke masa kini alias prime Earth-616, di mana Kang bertemu dengan Doctor Doom yang dia klaim sebagai nenek moyangnya. Pada titik inilah dia terinspirasi untuk membuat identitas yang mirip dengan Doom, yaitu Scarlet Centurion, dan kemudian menjadi musuh bagi Avengers di Earth-616. Setelah bosan dikalahkan oleh Avengers, selanjutnya dia memilih untuk mundur ke masa depan dan mengadaptasi nama baru sebagai Kang the Conqueror.

Perjalanan waktu yang terus berulang, dari masa depan ke masa lalu dan juga sebaliknya, pada akhirnya melahirkan banyak sekali varian Kang di berbagai timeline atau universe, kecuali di prime Earth-616. Banyaknya varian Kang ini bahkan sampai melahirkan sejumlah kelompok khusus yang disebut Council Kangs, Council Cross-Time Kangs, dan sebagainya. Mirisnya setelah mengetahui keberadaan kelompok vairan Kang tersebut, Kang paling pertama alias Prime Kang justru memutuskan untuk memusnahkan mereka. Sebagai pembuktian bahwa dia adalah satu-satunya Kang yang layak eksis di universe utama.

Siapa Kang di Prime Universe MCU?

Berdasarkan semua pembahasan di atas, sekarang pertanyaannya adalah siapa Prime Kang di MCU? Yang jelas dia bukan varian lampau seperti Rama-Tut, Scarlet Centurion, He Who Remains, atau bahkan Kang di film Quantumania. Namun tampaknya menjadi suatu keharusan Kang dari universe utama di MCU alias Prime Kang menjadi sosok yang kehebatannya lebih superior dari semua variannya.

Meskipun sekarang dia belum muncul, tetapi kemungkinan besar Prime Kang versi MCU ini adalah big bag villain sesungguhnya di Multiverse Saga yang pada tahun 2025 nanti akan menjadi ancaman serius di film Avengers: The Kang Dynasty. Satu-satunya petunjuk yang saat ini kita miliki adalah fakta bahwa Prime Kang pasti akan diperankan oleh aktor Jonathan Majors, entah dia muncul sebagai versi entitas Mahakuasa Beyonder seperti yang dirumorkan sebelumnya, atau hanya sebagai Kang the Conqueror yang nantinya akan memusnahkan para variannya seperti di komik.

Itulah pembahasan tentang varian Kang yang paling berpotensi eksis di prime universe MCU. Sederhananya ketika kedepannya kalian melihat varian Kang yang lebih hebat dari varian sebelumnya, kemungkinan besar dialah orang yang saat ini tengah kita bahas. Dan karena prime universe MCU merupakan akar dari semuanya, tidak aneh jika nantinya dialah Kang Prime yang mempunyai sejarah dan kecenderungan paling dominan dengan universe yang ditempati oleh para superhero favorit kita. Bagaimana menurut kalian?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.