Sepanjang MCU bergulir, sudah ada banyak pahlawan yang diceritakan tewas. Black Widow dan Iron Man menjadi contoh bagaimana mereka tewas secara tragis, demi menyelamatkan dunia dan orang-orang yang mereka kenal. Dan dengan terus berlanjutnya cerita di MCU, kemungkinan masih akan adalagi karakter yang akan tewas di masa mendatang. Nah salah satu karakter yang diprediksi akan tewas adalah Ant-Man alias Scott Lang. Dia akan kembali muncul dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, dan bakal menghadapi villain Kang the Conqueror. Lantas apa yang membuat sebagian penggemar yakin bahwa Ant-Man bakal tewas dalam filmnya nanti?

Petunjuk Kematian Ant-Man di Quantumania

Seperti yang kita sebutkan di atas, Scott Lang bakal menghadapi Kang the Conqueror. Kang adalah villain penjelajah waktu dan juga musuh terbesar Avengers dalam komik. Dengan kemampuannya, Kang bisa pergi ke masa lalu untuk menulis ulang sejarah dan memastikan kekalahannya tidak pernah terjadi. Di MCU, Kang digadang-gadang sebagai villain utama pengganti Thanos. Bahkan pernah disebutkan bahwa Kang merupakan versi Thanos yang tidak memiliki batasan, dengan kata lain Kang lebih hebat dalam segala aspek.

Dalam trailer Ant-Man and the Wasp: Quantumania, kita bisa melihat pertarungan Ant-Man melawan Kang. Tetapi, sosok yang harus dihadapi Ant-Man benar-benar sangat kuat. Kang tampak dengan perkasa memukuli Ant-Man dengan sangat brutal. Ant-Man pun tak berdaya, dan babak belur. Kemungkinan besar, pertarungan keduanya terjadi setelah Ant-Man menolak permintaan Kang untuk membantunya. Dan disitulah Kang menantang Ant-Man bertarung.

Dengan level kekuatan keduanya yang berbeda sangat jauh, maka Ant-Man tidak dapat mengalahkan Kang dalam pertarungan. Dan menariknya nih Geeks, di trailer kita bisa melihat dialog Ant-Man yang sepertinya menjadi kalimat perpisahannya. Ant-Man sempat mengatakan, “Maaf, Cassie.” yang mengindikasikan bahwa itulah kalimat perpisahannya kepada Cassie Lang. Trailer Ant-Man and the Wasp: Quantumania memang terasa jauh lebih emosional ketimbang trailer film-film Ant-Man sebelumnya.

Kematian Ant-Man di Komik

Ant-Man bukanlah pahlawan yang digambarkan sangat kuat dan tidak pernah mati. Ternyata dalam komik, Ant-Man juga beberapa kali diceritakan tewas. Dalam komik Avengers: Disassembled garapan Brian Michael Bendis dan David Finch misalnya, di mana Ant-Man diceritakan tewas secara tragis. Dalam komik tersebut, Ant-Man menyambut kedatangan zombie Jack of Hearts di depan Avengers Mansion. Tetapi sebelum Ant-Man sempat menyapa Jack, Jack langsung meledakan diri dan membunuh Scott alias Ant-Man.

Dan setelah kematian Ant-Man, putrinya, Cassie Lang melanjutkan warisannya sebagai pahlawan wanita bernama Stature. Dan setelah itulah Stature bergabung dengan tim Young Avengers, dan menyelamatkan banyak nyawa yang tak terhitung jumlahnya. Namun memang kematian Ant-Man di komik tidaklah permanen karena dia kemudian dihidupkan kembali berkat bantuan Iron Land yang menciptakan teknologi yang bisa mempengaruhi waktu tanpa mengubahnya. Dan setelah itulah Ant-Man kembali hodup.

Benarkah Ant-Man Tewas di Quantumania?

Memang sulit memprediksi apakah Ant-Man benar-benar tewas di Ant-Man and the Wasp: Quantumania atau tidak. Tetapi lewat petunjuk kematian Ant-Man di trailernya, kemungkinan besar Ant-Man benar-benar tewas. Seperti yang kita ketahui juga, MCU sedang mengalami masa transisi. Yap, jika sebelumnya kita melihat para superhero veteran yang beraksi dalam mengalahkan villain, sekarang para superhero veteran tersebut mulai pensiun dan menyerahkan tongkat estafet kepada penerusnya. Dan setelah itu terjadi, maka superhero lama tergantikan dengan superhero muda.

Marvel Studios juga sudah menyiapkan transformasi Cassie sebagai Stature sejak lama, dan kematian Ant-Man sepertinya bakal menjadi pemicu Cassie Lang menjadi Stature. Mungkin Marvel Studios mengadaptasi sebagian cerita Avengers: Disassembled untuk Ant-Man and the Wasp: Quantumania, di mana setelah Ant-Man tewas oleh Kang, Cassie Lang akan menjadi penerusnya di MCU.

Atau jika kematian Ant-Man dianggap terlalu tragis dihadirkan, Marvel Studios juga bisa mengambil opsi cerita lain, di mana Ant-Man entah bagaimana terjebak di Quantum Realm, dan tak bisa meninggalkan tempat tersebut selama beberapa waktu. Dan karena absennya Ant-Man, Cassie Lang memutuskan untuk mengisi kekosongan tersebut dengan menjadi Stature.

Akan sangat menarik melihat apa yang terjadi dengan Scott Lang alias Ant-Man dalam Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Apapun yang terjadi pada Ant-Man nanti, yang jelas Marvel Studios tengah menyiapkan penerusnya yang bakal menjadi superhero hebat di MCU. Kita tunggu aja ya Geeks kelanjutannya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/