Diadaptasi dari Super Sentai, Power Rangers adalah waralaba superhero Amerika yang rilis perdana pada tahun 90-an dan sekarang sudah melahirkan banyak sekali generasi Ranger baru. Mulai dari Mighty Morphin (1993) sampai Dino Fury (2021), semua Power Rangers ini mempunyai tujuan yang sama, yaitu melindungi Bumi segala ancamannya. Untungnya, hampir dalam setiap pertempurannya, mereka selalu dibantu oleh Morphin Masters, dewa sekaligus Power Rangers paling pertama di alam semesta. Untuk lebih mengenal siapa Morphin Masters, kali ini kita akan membahas sepak terjang dari para entitas ini!

Entitas yang Menemukan Morphin Grid

Pertama kali muncul sebagai karakter minor di serial Mighty Morphin Power Rangers, Morphin Masters digambarkan oleh Zordon sebagai sekelompok penyihir kuno yang telah melemparkan Power Eggs ke laut Bumi sekitar jutaan tahun yang lalu. Power Eggs sendiri dipercaya sebagai awal mula ‘Morpher’ yang dapat mengubah orang-orang pilihan untuk menjadi pelindung alam semesta bernama Power Rangers. Pada tahun 2021, asal usul dari Morphin Masters ini kemudian lebih dieksplorasi lagi di komik Power Rangers Universe yang dirilis oleh penerbit Boom! Studios.

Di komiknya terungkap bahwa Morphin Masters sebenarnya merupakan entitas kuno dari Masterforge yang telah mempelajari Morphin Grid sejak alam semesta pertama kali diciptakan. Sejak saat itu juga mereka sudah bertempur melawan personifikasi kejahatan di alam semesta, Dark Specter. Awalnya anggota dari Morphin Master ini hanya terdiri dari tiga Utusan, yaitu Rhian (Master Red), Orisonth (Master Blue), dan Phiro (Master Yellow). Namun karena Dark Specter terlalu kuat akhirnya mereka menunjuk Utusan lain, termasuk Telosi (Master Green), Aleia (Master Pink), dan Xev (Master Black).

Setelah melalui banyak pertempuran yang tidak ada habisnya, akhirnya di komik Power Rangers Universe #6 (2022) diceritakan bahwa para Morphin Master mau tidak mau harus melakukan pengorbanan untuk sesuatu yang lebih besar. Mereka lantas menghancurkan Morpher mereka yang disebut Crystal Heart agar bisa menjadi satu dengan Morphin Grid. Sejak saat itulah Power Rangers pertama ini menyerahkan seluruh hidupnya dan terlahir kembali sebagai para Dewa Morphin, yang bersumpah akan melindungi alam semesta bahkan multiverse dengan kekuatan kosmik mereka.

Kekuatan dan Kemampuan Morphin Masters

Setelah menjadi dewa, para Morphin Masters ini tidak pernah terlihat dalam satu wujud saja, melainkan berganti-ganti penampilan menyerupai para generasi Ranger setelahnya. Alasannya karena setelah bergabung dengan Morphin Grid, mereka mengetahui sekaligus memiliki semua kekuatan Power Rangers dari semua generasi. Kekuatan sakti lainnya yang mereka miliki sebagai Power Rangers paling pertama di antaranya adalah menciptakan portal teleportasi, keabadian, terbang, merasakan energi orang lain, mengeluarkan gelembung perisai, dan menciptakan Morpher untuk generasi Power Rangers lain.

Keenam Morphin Masters masing-masing mempunyai tongkat kosmik yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh para Ranger setelahnya. Termasuk mengubah hewan menjadi Zord, merilis petir penghancur, menyembuhkan dan mengembalikan kekuatan Ranger lain, serta menembakkan laser energi yang bisa dipakai untuk menyerang atau mengurung para monster Dark Specter. Dengan semua kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh Morphin Masters ini bisa dibilang selain pelopor, mereka juga merupakan Power Rangers terkuat di alam semesta.

Eksistensi Morphin Masters Sekarang

Dalam sejarahnya disebutkan bahwa Morphin Masters adalah dewa yang telah bertanggung jawab dalam menciptakan banyak Morpher untuk generasi Power Rangers setelah mereka. Misalnya Power Eggs yang telah melahirkan para Ranger Mighty Morphin, Ninja Nexus Prism yang memberi kekuatan kepada para Ninja Steel, Dino Gems untuk para Dino Thunder, dan juga Energems untuk Power Rangers Dino Charge. Sayangnya, dengan memberikan kekuatan kepada banyak generasi baru Power Rangers, hal tersebut ternyata secara tidak langsung telah meningkatkan ancaman juga bagi para Morphin Masters.

Karena telah memberikan kekuatan kepada para Power Rangers lain, selama bertahun-tahun mereka justru telah menjadi buruan empuk bagi para antek dan keturunan Dark Specter. Beberapa di antaranya bahkan ada yang berhasil ‘dihancurkan’ oleh musuh, di mana hal ini membuat Morphin Masters yang tersisa memutuskan untuk bersembunyi demi menjamin keutuhan Morphin Grid. Walaupun begitu ada satu Morphin Masters yang sampai sekarang masih berkorban secara diam-diam untuk membimbing para Power Rangers lain, dia adalah Telosi alias Master Green.

Itulah pembahasan tentang dewa Power Rangers pertama di alam semesta, yaitu Morphin Masters. Meskipun sekarang hanya Master Green yang rela turun langsung untuk menayksikan sekaligus membantu Power Rangers di medan pertempuran, bukan berarti Morphin Masters lain dengan sengaja meninggalkan penerusnya. Di sisi lain sebenarnya mereka juga berjuang untuk menjaga keutuhan Morphin Grid agar generasi Power Rangers tidak pernah terputus. Karena hanya dengan begitu keseimbangan di alam semesta antara baik dan buruk bisa terus terjaga kestabilannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.