Pertama kali berdiri sejak film Iron Man (2008), sekarang waralaba superhero live action Marvel Cinematic Universe telah berusia sekitar 15 tahun. Seperti kata pepatah “semakin tinggi pohon, maka akan semakin kencang angin menerpanya,” saat ini bisa dibilang Marvel Studios juga telah mengalami hal serupa, di mana ada sejumlah komentar negatif yang ditujukan kepada tayangan MCU-nya. Setelah sekian lama bungkam, presiden Marvel Studios Kevin Feige akhirnya merespon para pembenci film superhero tersebut.

Dari sekian banyak komentar kurang mengenakan yang ditujukan kepada waralaba superhero seperti MCU, yang paling nyaring adalah pernyataan dari sutradara Martin Scorsese (The Wolf of Wall Street, The Irishman). Di mana pada tahun 2019 lalu, dia pernah mengatakan kepada Empire Magazine bahwa tayangan Marvel lebih mirip seperti taman hiburan, bukan sinema yang biasanya menyampaikan pengalaman emosional dan psikologis kepada para penontonnya.

Untuk merespon seluruh komentar negatif yang ditujukan kepada jagat sinemanya, baru-baru ini melalui acara podcast Black Panther: Wakanda Forever, Kevin Feige hanya merasa sedikit heran mengapa saat ini banyak orang yang tidak bisa menerima film superhero, padahal menurutnya itu adalah sebuah genre yang lumrah dalam dunia perfilman.

Advertisements

“Ada beberapa orang yang tidak bisa menerima cerita dua dimensi penuh warna yang dicetak (komik). [Alasannya] mereka hanya tidak bisa melakukan itu,” ungkap Feige. “Sama seperti hari ini, saya berani mengatakannya. Ada orang yang tidak bisa menerima genre cerita atau sesuatu yang ada di luar angkasa atau orang yang bisa bernapas di dalam air. Hanya karena merasa ‘Tidak, ini bukan untuk saya’.”

Senada dengan Kevin Feige, produser Marvel Studios Nate Moore yang juga tampil dalam podcast yang sama, menjelaskan bahwa saat ini genre superhero telah memungkinkan para sineas untuk mengeksplorasi lebih jauh ide, karakter, dan tema yang besar sekaligus fantastis. Secara tidak langsung baik Feige maupun Moore tidak sepakat jika ada orang yang mengatakan bahwa film superhero bukanlah tayangan yang sesungguhnya. Bagaimana menurut kalian, Geeks?