Sebagai film pertama Fase 5 MCU, Ant-Man and the Wasp: Quantumania alias Ant-Man 3 digadang-gadang akan menyajikan cerita yang meriah dengan sejumlah karakter menarik di dalamnya. Selain supervillain yang sudah terungkap seperti MODOK dan Kang the Conqueror, film yang berfokus pada petualangan keluarga Ant-Man di Quantum Realm ini juga akan menghadirkan sejumlah karakter baru lainnya. Termasuk Jentorra, pejuang Quantum Realm di film Ant-Man 3, yang di komiknya terkenal sebagai anggota Micronauts.

Meskipun Marvel Studios belum mengonfirmasi kemunculan Micronauts di film Ant-Man 3, sebenarnya kehadiran Jentorra sendiri sudah menjadi pertanda baik bahwa tim superhero Quantum Realm ini berpotensi melakukan debutnya di MCU. Sama seperti tradisi MCU yang selalu memperkenalkan karakter baru di setiap tayangannya, film solo ketiga Ant-Man dapat menjadi tempat yang ideal untuk menghadirkan Micronauts dan para anggotanya. Tanpa perlu basa-basi lagi, mari langsung saja kita bahas siapa sebenarnya Micronauts dan bagaimana mereka bisa terlibat dalam petualangan baru Ant-Man nanti.

Jentorra Berpotensi Hadirkan Micronauts

Baru-baru ini berdasarkan daftar jajaran pemeran yang baru terungkap, aktris Katy O’Brian dipastikan akan berperan sebagai Jentorra. Karakter yang memang penduduk asli Quantum Realm ini digambarkan sebagai pemimpin dari kelompok pejuang kemerdekaan yang sangat ingin mengusir Kang the Conqueror dari tanah airnya. Karena seperti yang kita tahu, di filmnya nanti Kang yang diperankan oleh aktor Jonathan Majors memang akan dihadirkan sebagai musuh Ant-Man sekaligus penguasa tiran yang telah tinggal lama di Quantum Realm bersama pasukannya.

Sebelum dipastikan akan muncul di film Ant-Man 3 nanti, sebenarnya Jentorra sendiri sudah pernah diperkenalkan di komik Realm of Kings: Son of Hulk (2010) sebagai penyihir Quantum Realm, yang mempunyai kemampuan untuk memanggil seseorang dari Bumi. Sebagai seorang pejuang yang berusaha melindungi Quantum Realm dari orang jahat seperti Hiro-Kala dan Psyklop, pada akhirnya Jentorra diceritakan bergabung dengan tim superhero Micronauts. Hal yang sama juga mungkin saja akan terjadi di Ant-Man 3, di mana Jentorra mungkin akan muncul bersama kelompoknya yang juga disebut Micronauts.

Origin Micronauts di Marvel Comics

Di Marvel Comics, Micronauts atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Enigma Force ini adalah tim supehero yang memang sengaja mendedikasikan diri mereka sebagai pelindung Quantum Realm. Pertama kali muncul di komik Micronauts (1978), tim superhero yang terinspirasi dari mainan populer tahun 70-an ini terdiri dari para superhero tangguh Quantum Realm, termasuk Acroyear, Bug, Cilicia, Devil, Fireflyte, Huntarr, Marionette, Microtron, Nanotron, Pharoid, Arcturus Rann, Solitaire, dan Jentorra. Di mana misi pertama mereka adalah mengalahkan pemimpin tiran Baron Karza.

Selain Karza, ada banyak karakter lain yang menjadi musuh berat bagi Micronauts, termasuk Doctor Doom yang pernah diceritakan berusaha menguasai Quantum Realm, bahkan superheroin Wasp yang sempat salah paham terhadap status superhero mereka. Siapa pun musuhnya, intinya para Micronauts bertugas untuk menjaga keamanan Quantum Realm, meskipun nyata yang menjadi taruhannya. Sama seperti Avengers di Earth-616 atau Illuminati di Earth-838, Micronauts juga bisa dihadirkan sebagai tim superhero terbaik Quantum Realm di film Ant-Man 3 nanti.

Peran Besar Micronauts di Ant-Man 3

Mengingat film Ant-Man 3 nanti akan lebih banyak berlangsung di Quantum Realm, cukup masuk akal jika tim superhero seperti Micronauts akhirnya menampakan diri. Apalagi salah satu anggotanya yang bernama Jentorra sudah dipastikan akan memainkan peran penting sebagai pemimpin kelompok pejuang kemerdekaan di Quantum Realm. Nantinya ketika keluarga Ant-Man masuk ke Quantum Realm secara tidak sengaja, mungkin awalnya Micronauts akan menganggap anggota Avengers ini sebagai musuh. Sampai akhirnya mereka menemukan fakta bahwa ternyata musuh mereka sama, yaitu Kang the Conqueror.

Dengan besarnya kekuatan Kang di Quantum Realm, di mana hal tersebut terlihat dari pasukan dan markasnya yang masif, mustahil bagi Ant-Man untuk menghadapi Kang sendirian. Itulah mengapa, terlepas dari cara pandang atau tujuan yang berbeda, akan lebih baik bagi keluarga Ant-man dan Micronauts untuk bekerja sama agar bisa mengalahkan Kang yang juga dibantu oleh MODOK. Setidaknya dengan begitu Ant-Man dan Wasp bisa lebih fokus dalam menghadapi Kang dan MODOK, sedangkan Micronauts berperan besar dalam menghalau pasukan Kang yang dibekali berbagai teknologi canggih.

Itulah pembahasan siapa Micronauts dan bagaimana teori kemunculan mereka di Ant-Man 3. Ada kemungkinan juga di filmnya nanti mungkin awalnya Jentorra akan memperkenalkan kelompok perlawanannya dengan nama lain, seperti Enigma Force atau Freedom Fighters, sebelum akhirnya menemukan atau memakai nama Micronauts di MCU. Yang jelas tujuan mereka tetap sama yaitu melindungi Quantum Realm dari segala macam ancamannya seperti di komik. Bagaimana menurut kalian dengan teori ini, Geeks? Kita lihat saja nanti kebenarannya saat film Ant-Man 3 tayang pada 17 Februari mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.