Film Superhero Marvel adalah mesin penghasil uang. Bagaimana tidak? Dengan film superhero, Marvel Studios bisa meraup miliaran dolar. Mereka pun tak segan menghadirkan banyak aktor-aktor berkabat Hollywood, yang juga menjadi nilai jual tersendiri dari filmnya. Selain pemeran, Marvel Studios juga kerap menghadirkan beberapa sutradara besar untuk menggarap filmnya. Namun menariknya, ada beberapa sutradara yang memilih hengkang dari MCU, di balik kedigdayaannya. Siapa saja?

Edgar Wright

Bertahun-tahun lalu, Edgar Wright pernah ditunjuk menyutradarai film Ant-Man. Wright sendiri sudah mengerjakan film tersebut selama beberapa tahun, dan telah mengirimkan banyak draft naskah kepada petinggi Marvel Studios. Film itupun hampir dibuat, dan Wright sudah menunjukkan video konsepnya di acara SDCC 2012. Sayangnya, pihak studio tidak setuju dengan naskah yang dihadirkan, terutama dengan stye filmnya. Setelah Marvel Studios menunjuk penulis baru, Wright lantas hengkang dari proyeknya. Wright sangat ingin jika film garapannya ditulis dan disutradarai langsung olehnya, dan dia tak ingin hanya sekedar menjadi sutradara. Itulah yang akhirnya membuat Wright hengkang.

Joss Whedon

Joss Whedon adalah sutradara beken yang pernah menggarap film The Avengers dan Avengers: Age of Ultron. Dua film tersebut memang sangat sukses, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Whedon tidak ditunjuk kembali di film Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame? Whedon tidak kembali karena dia benci menggarap film MCU. Menurut Whedon, Marvel Studios memiliki control penuh terhadap film-film yang dibuat Whedon. Meski Whedon “lolos” di The Avengers dan Age of Ultron, tetapi dia merasa tidak senang dengan itu. Whedon bahkan pernah bertengkar dengan studio tentang adegan mana yang akan dimasukkan dalam filmnya. Sehingga akhirnya Whedon memutuskan hengkang dari MCU.

Patty Jenkins

Marvel Studios pernah menunjuk Patty Jenkins untuk menggarap Thor: The Dark World.  Jika Jenkins jadi menyutradarai filmnya, dia akan menjadi sutradara wanita pertama di MCU. Tetapi sayangnya dia memutuskan hengkang saat pasca produksinya berlangsung, karena menganggap Marvel Studios terlalu banyak turut campur. Jenkins awalnya ingin membuat kisah Romeo dan Juliet dan filmnya, di mana Thor dilarang bersama Jane. Tetapi sayangnya rencana tersebut tidak pernah terwujud, dan akhirnya Marvel Studios mengganti Patty Jenkins dengan Alan Taylor. Bertahun-tahun setelah gagal menyutradarai film MCU, Patty Jenkins sukses dengan film Wonder Woman di DCU.

Scott Derrickson

Scott Derrickson sukses menyutradarai film Doctor Strange pertama yang rilis tahun 2016. Setelah kesuksesan film pertama, banyak penggemar yang bertanya-tanya apakah Derrickson akan menyutradarai film kedua. Namun setelah penantian yang cukup panjang, Derrickson akhirnya memutuskan untuk hengkang karena adanya perbedaan kreatif dengan Marvel Studios. Meskipun Derrickson tidak memberikan detail alasannya, tetapi kemungkinan besar tone buatan Derrickson tak sesuai dengan yang diharapkan Marvel Studios. Derrickson terkenal sebagai sutradara film horror dan berjanji sekuelnya akan terasa seperti film horror. Tetapi Marvel Studios sepertinya tidak mengabulkan permintaannya tersebut.

Alan Taylor

Alan Taylor terkenal sebagai sutradara dari Game of Thrones. Pada tahun 2012, Marvel pernah menghubunginya untuk mengarahkan film pertamanya, dan itu menjadi mimpi besar yang menjadi nyata. Tapi semua itu berubah menjadi mimpi buruk. Taylor terpilih sebagai sutradara film Thor: The Dark World. Film tersebut berhasil dia garap tanpa kendala. Tetapi ketika masuk dalam proses editing, Marvel banyak melakukan campur tangan yang akhirnya membuat Taylor kehilangan kendali atas filmnya. Dan setelah itu terjadi, Taylor hengkang dari MCU, dan tak melanjutkan kerja sama dengan Marvel Studios.

Itulah dia Geeks beberapa sutradara yang tidak betah bekerja di MCU, dan memilih untuk hengkang. Apakah mereka akan kembali ditunjuk sebagai sutradara MCU di masa depan? Well, sepertinya hal tersebut sangat sulit terjadi, mengingat beberapa di antara mereka sudah memastikan tidak ingin terlibat lagi di MCU.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/