Siapa tak mengenal Thanos? Dia adalah supervillain yang sering menarik perhatian para penggemar Marvel. Bagaimana tidak? Dia sudah sering mengancam keselamatan alam semesta. Dia mempunyai ambisi menghapus setengah populasi alam semesta dengan menggunakan Infinity Stones yang dia kumpulkan. Bisa dibilang Thanos sangat kuat, bahkan saking kuatnya, ada beberapa sekte yang memujanya sebagai dewa. Tetapi dibalik kehebatan dan kengeriannya, Thanos pernah beberapa kali diceritakan mati secara tragis. Mana saja kematian Thanos paling tragis di Marvel? Simak berikut ini!

Menjadi Batu Granit

Dalam komik Marvel Two-In-One Annual #2, kita diperlihatkan peristiwa mengejutkan saat Thanos di ambang kemenangan. Dia telah mengalahkan Avengers dan membunuh Adam Warlock. Namun ternyata masih ada secercah harapan bagi para pahlawan menghentikan Thanos. Sadar bahwa nasib semesta diujung tandung, Spider-Man dan The Thing lantas melancarkan serangan ke pesawat Thanos. Dalam penyerangan tersebut, Spider-Man berhasil membebaskan Avengers dari tahanan. Avengers lalu beraksi dan mengalihkan perhatian Thanos.

Dan ketika Thanos lengah, Spider-Man berhasil mencuri Soul Stone dan membebaskan Adam Warlock. Adam Warlock pun menuntut balas. Dia kemudian menyerang Thanos secara membabi buta. Puncaknya, Adam Warlock mengeluarkan serangan pamungkas di mana ia mengubah Thanos menjadi batu granit. Ketika itu terjadi, Thanos tak bisa berkutik dan tewas.

Hancur Berkeping-keping

Kematian Thanos berikutnya terjadi dalam komik Deadpool vs Thanos. Di komik itu, Deadpool mampu menghancurkan Thanos menjadi potongan-potongan kecil. Ketika Death menolak Thanos untuk kesekian kalinya, Thanos pun marah dan menjadi tak terkendali. Dia kemudian menyerang Deadpool. Tapi kemudian Eternity muncul dan melancarkan serangan terhadap Deadpool dan Thanos. Ketika Thanos dan Deadpool berada di atas angin, Deadpool kemudian menyadari bahwa Death dan Thanos mencoba membunuh Eternity.

Tetapi kemudian Deadpool menjalin kesepakatan untuk mendapatkan kekuatan Uni-Power. Dan dengan kekuatan yang luar biasa tersebut, dia malah balik menyelamatkan Eternity dan menghentikan Thanos. Dalam serangan terakhirnya melawan Thanos, Deadpool mampu menghancurkan Thanos menjadi jutaan keping.

Tinju Mematikan Drax

Dalam komik Annihilation, Drax sedang dalam misi memburu dan membunuh Thanos yang bersekutu dengan Annihilus. Kolaborasi keduanya sangat mengerikan, sampai-sampai keduanya mampu menangkap Galactus dan menggunakannya untuk menyedot kekuatan kosmik. Namun, Annihilus ternyata punya rencana lain untuk Galactus. Ternyata dia akan menggunakan Galactus sebagai bom raksasa untuk menghancurkan alam semesta serta Negatif Zone.

Mengetahui rencana tersebut, Thanos memutuskan untuk turun dan mencegah Annihilus. Saat itulah akhirnya Drax muncul. Drax dengan cepat muncul dan meninju punggung Thanos hingga menembus tubuhnya. Ketika itu terjadi, Drax mencengkram jantung Thanos dengan tangannya dan menariknya. Drax kemudian membiarkan tubuh Thanos jatuh ke tanah, dan sang Mad Titan resmi dikalahkan.

Diledakan Sang Anak

Seperti yang kita ketahui, Thanos memiliki anak bernama Thane. Hubungan Thanos dan anaknya memang tidak berjalan baik. Dalam komik Thanos #6, kita bisa melihat bagaimana konflik besar terjadi di antara keduanya. Tetapi, kekuatan Thanos melemah ketika dia berhadapan dengan putranya sendiri. Dan sebelum melawan ayahnya, Thane meminta bantuan kepada Starfox, Nebula, dan Tryco untuk mencuri telur Phoenix dari Terrax.

Tanpa sepengetahuan rekannya, Thane pun akhirnya bekerja sama dengan Lady Death untuk mendapatkan kekuatan Phoenix Force, yang akan dia gunakan untuk melawan Thanos. Dan saat itulah Thane mendapat kekuatan Phoenix Force yang dahsyat. Begitu Thane berhadapan dengan Thanos, dia menggunakan kekuatan tersebut dan mulai menyerang Thanos secara membabi buta. Puncaknya, Thane benar-benar meledakkan Thanos. Tetapi tak lama kemudian Thanos hidup kembali, hanya saja tanpa kekuatan lamanya.

Dihancurkan Doctor Doom

Bukan hanya pahlawan saja yang pernah membunuh Thanos. Ternyata ada villain lain yang pernah membunuhnya. Dalam komik Secret Wars #9, Thanos diperlihatkan bertarung dengan Doctor Doom. Namun yang harus dicatat bahwa Doctor Doom yang Thanos hadapi bukan Doctor Doom biasa karena dia memiliki kekuatan seperti dewa, yang berarti Thanos kalah kuat dengannya. Walau Thanos sadar bahwa dia kalah dalam urusan kekuatan, tapi Thanos menolak mundur.

Bahkan Thanos sempat mengatakan bahwa Doctor Doom adalah seorang dewa yang lemah dan penipu. Tak lama setelah itu, pertempuran pun terjadi, dan tak butuh waktu lama bagi Doctor Doom mengalahkan Thanos. Doom mampu merobek tulang punggung Thanos tanpa kendala berarti, dan saat itulah Thanos berhasil dikalahkan.

Itulah dia Geeks beberapa kematian Thanos paling mengerikan. Walaupun Thanos sangat kuat, tetapi sudah beberapa kali dia berhasil dibunuh. Ini membuktikan bahwa sekuat apapun seorang karakter, karakter tersebut dapat dikalahkan, jika seseorang menemukan celah untuk mengalahkannya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/