Apa yang muncul di chapter 1069 kemarin bisa jadi adalah petunjuk dari Eiichiro Oda mengenai apa sebenarnya arti dari Will of D dalam seri One Piece. Seperti yang Geeks ketahui, salah satu misteri terbesar dari seri One Piece, selain One Piece itu sendiri, adalah tentang arti dari Tekad D atau Will of D.

Sejak pertama kali diperkenalkan dalam ceritanya, Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun mengenai apa sebenar Will of D atau Tekad D tersebut. Hal ini pun membuat banyak fans yang kemudian berspekulasi atau bahkan berteori tentang apa sebenarnya Tekad D. Namun, chapter 1069 kemarin mungkin jadi petunjuk dari Oda tentang hal ini.

Will of D di Dunia One Piece

Tekad D atau Will of D pertama kali disebutkan oleh Dr. Kureha, ketika dia mengetahui nama Luffy. Pada saat itu, Kureha mengatakan jika ternyata Tekad D yang sempat Gol D. Roger perlihatkan masih hidup sampai sekarang. Sayangnya, seperti yang disebutkan di atas, sampai saat ini masih belum ada penjelasan mengenai apa sebenarnya arti dari Will of D tersebut.

Tekad D sendiri disebut-sebut akan bangkit di era Luffy ini. Mengapa? Karena, Luffy dianggap sebagai kunci untuk kembali menyalakan semangat tersebut. Luffy juga bahkan diprediksi akan kembali membawa “badai besar” dari klan D yang akan mengancam keberlangsungan kaum naga langit. Meskipun arti sebenarnya masih sangat misterius, namun para fans sendiri banyak yang melontarkan teori atau spekulasi tentang apa arti sebenarnya dari Tekad D tersebut.

Misalnya, ada yang berspekulasi jika “D” tersebut merupakan kepanjangan dari Dawn. Salah satu alasan terbesar mengapa arti “D” tersebut adalah Dawn adalah karena chapter pertama dari One Piece disebut sebagai Romance Dawn. Selain itu, alasan lainnya adalah ada banyak karakter dalam ceritanya yang menyebutkan tentang “Dawn of the world” atau kebangkitan/fajar dunia sebagai sebuah peristiwa besar yang akan dihadirkan oleh kru Topi Jerami.

Terdapat juga teori bahwa “D” berarti Devil yang jadi salah satu teori yang sudah cukup lama beredar di kalangan para fans. Teori ini muncul setelah muncul sebuah pernyataan bahwa klan D adalah musuh bagi para “dewa” yaitu kaum naga langit. Dan musuh sejati dari para dewa tidak lain dan tidak bukan adalah sang iblis. Yang menarik adalah mereka yang mewarisi tekad D, biasanya akan memiliki ciri-ciri khusus.

Misalnya, bagaimana mereka menyambut kematian dengan senyuman. Beberapa karakter terlihat tersenyum ketika menyambut kematian mereka, contohnya Gol D. Roger, Monkey D. Luffy, dan bahkan Saul. Meskipun begitu, terdapat pengecualian di mana Blackbeard nampak berlawanan dengan semua ciri-ciri yang diberikan tentang pewarisan Tekad D.

Will Of Desire

Berbicara mengenai Tekad D tersebut muncul spekulasi lainnya setelah penjelasan menarik dari Vegapunk di chapter 1069. Dalam chapternya, Vegapunk menyebutkan jika buah iblis ternyata memiliki koneksi dengan keinginan atau hasrat seseorang. Dan ini mungkin ada kaitannya dengan Tekad D. Dalam spekulasinya, kepanjangan dari Will of D bisa jadi adalah Will of Desire.

Teorinya juga menjelaskan bahwa hanya mereka yang memiliki atau mewarisi tekad tersebut yang mampu merubah atau mewujudkan hasrat tersebut menjadi buah iblis. Inilah mungkin yang jadi salah satu alasan mengapa kaum naga langit dan World Government begitu ketakutan dengan klan D. Dan mereka juga takut jika klan ini akan bangkit suatu hari nanti.

Ketika kemudian seorang D memiliki tekad yang kuat, ini yang kemudian jadi modal mereka untuk menciptakan buah iblis mereka sendiri. Dan mungkin, ini juga yang jadi alasan mengapa Vegapunk memiliki teori jika buah iblis tercipta dan terkoneksi dengan mimpi atau hasrat manusia. Teori ini seolah sejalan dengan teori yang populer lainnya yang menyebutkan jika Kerajaan Kuno yang mungkin membuat buah iblis, dan Kerajaan Kuno adalah rumah bagi klan D.

Desire Fruit Bukan Devil Fruit

Selama 25 tahun seri One Piece berjalan, Eiichiro Oda memperkenalkan konsep buah yang memberikan kekuatan kepada mereka yang memakannya sebagai “Devil Fruit” atau “Buah Iblis.” Namun, bagaimana jika hal itu tidak sesuai dengan fakta sebenarnya? Dalam teori ini, dijelaskan jika ada kemungkinan jika nama asli dari buah iblis adalah Desire Fruit atau Buah Hasrat.

Mengapa kemudian namanya berubah? Seperti yang Geeks ketahui, ada banyak rahasia besar yang belum terungkap terkait buah iblis. World Government memiliki kuasa penuh terhadap semua hal yang berkaitan dengan hal ini, termasuk tentang informasi buah iblis tersebut. Dalam ceritanya, kita tahu bagaimana World Government sering menghadirkan propaganda untuk melancarkan tujuan mereka.

Di sisi lain, World Government pun tidak asing dengan menghapus atau menyembunyikan fakta tentang sesuatu. Misalnya, mereka sudah sejak lama menyebunyikan fakta tentang abad yang hilang. Mereka juga menghapus fakta tentang sosok Nika dari catatan sejarah. World Government bahkan merubah nama asli dari buah iblis Luffy. Artinya, kemungkinan jika World Government merubah nama asli buah ajaib ini bukan mustahil terjadi.

Kemungkinan, World Government sengaja merubah nama buah ajaib tersebut sebagai bagian dari propaganda. Mereka tahu jika buah iblis dibuat oleh para klan D, yang dianggap sebagai iblis oleh mereka. Mengapa kemudian namanya dirubah? Jelas agar tidak ada orang lain yang memakannya dan klan D tidak akan pernah bangkit. Ketika hal tersebut terjadi, maka kekuasaan World Government dan kaum naga langit akan tetap aman.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.