Kepergian Kuma dari kerajaan Kamabakka kemungkinan bertujuan untuk selamatkan Jewelry Bonney. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apakah Kuma akan berhasil melakukannya? Batholomew Kuma kembali menjadi sorotan para fans setelah di chapter One Piece sebelumnya dia berhasil diselamatkan oleh Sabo dari Mary Geoise. Seperti yang kita ketahui, Kuma menjadi budak bagi kaum naga langit.

Tubuhnya pun dirubah menjadi Pacifista oleh Vegapunk, yang mana akhirnya hal tersebut merubahnya menjadi sosok yang mengerikan. Sabo dan beberapa komandan Pasukan Revolusi kemudian menjalankan misi penyelamatan Kuma saat arc Reverie. Setelah sempat menjadi tanda tanya, akhirnya pasca arc Wano akhirnya kita mengatahui tentang keberhasilan misi Sabo tersebut.

Sayangnya, kondisi Kuma sudah sangat berbeda di mana seolah sisi manusianya sudah menghilang. Yang menarik adalah di chapter 1064 kemarin, terungkap jika Kuma sebenarnya ayah dari Jewelry Bonney. Dan tujuan Bonney untuk datang ke pulau Egghead sendiri adalah membalas dendam atas apa yang Vegapunk lakukan sebelumnya. Namun, dalam bocoran chapter 1067 Kuma tiba-tiba pergi dari kerajaan Kamabakka.

Ke Mana Kuma Pergi?

Ini tentunya menjadi pertanyaan besar yang kemudian muncul ketika Kuma tiba-tiba pergi. Meskipun kita masih belum tahu pasti ke mana Kuma pergi, namun banyak spekulasi yang muncul mengarahkan jika Kuma mungkin akan pergi ke pulau Egghead. Untuk apa? Tujuannya tidak lain adalah menyelamatkan sang anak, Bonney. Spekulasi ini rasanya cukup masuk akal, apalagi setelah terungkapnya fakta bahwa Kuma adalah ayahnya.

Jika kemudian hal ini terbukti benar, maka artinya ada satu hal yang muncul dari spekulasi tersebut yaitu sisi manusia Kuma masih ada. Seperti yang disebutkan di atas, saat diselamatkan oleh Sabo dari Mary Geoise kondisi Kuma sangat mengkhawatirkan. Dia seolah-olah sudah berubah menjadi robot dan kehilangan sisi manusianya. Hal ini terbukti dari responnya ketika Dragon memintanya untuk memperlihatkan apa yang terjadi selama ini.

Namun, jika memang Kuma pergi untuk menyelamatkan Bonney, maka hal ini berarti masih ada sisi manusia di tubuh Kuma meskipun sedikit. Selain itu, ingatan Kuma juga mungkin tidak atau belum sepenuhnya hilang. Apakah kemudian Kuma bisa diselamatkan? Bisa jadi. Spekulasi lainnya kemungkinan Kuma berlari untuk kembali ke Mary Geoise.

Mengapa? Mungkin, World Government atau kaum naga langit memiliki semacam alat pengendali jarak jauh yang memungkinkannya untuk mengendalikan Kuma. Ketika alat tersebut diaktifkan, maka Kuma akan segera pergi untuk mendatangi alat pengendali itu. Dalam konteks ini, salah satu kaum naga langit mungkin mengaktifkan alat pengendalinya yang mana membuat Kuma akhirnya tiba-tiba pergi.

Bagaimana Kuma Tahu Keadaan Bonney?

Yang jadi pertanyaan besar lainnya tentu bagaimana Kuma tahu keadaan Bonney, jika memang dia pergi untuk menyelamatkannya. Untuk saat ini memang hal tersebut masih menjadi misteri. Namun, ada beberapa kemungkinan yang muncul untuk hal ini. Pertama, Kuma tahu tentang kondisi Bonney lewat Seraphim atau Pacifista. Seperti halnya Vegapunk, mungkin Kuma terhubung dengan Pacifista atau Seraphim lain.

Geeks tentunya tahu jika Vegapunk menciptakan banyak sekali Pacifista Kuma. Bahkan, Pacifista tersebut juga sudah membentuk sebuah pasukan yang dipimpin oleh Sentomaru. Selain berada di angkatan laut, Pacifista Kuma juga nyatanya ada di pulau Egghead. Kemudian, dalam chapter 1062 kita melihat bagaimana CP0 sedang menuju pulau tersebut untuk mengembalikan Seraphim Kuma yang dianggap tidak berfungsi maksimal.

Semua Pacifista Kuma dan Seraphim Kuma mungkin terhubung dengan Kuma yang asli. Hal inilah yang kemudian membuat Kuma asli sadar bahwa Bonney dalam bahaya dan dia harus segera menyelamatkannya. Kedua, kemungkinan lainnya adalah Kuma asli tahu situasi di pulau Egghead berkat kemampuan transmitter yang ada di Punk Records. Dalam bocoran chapter 1067 terbaru terdapat informasi baru tentang Vegapunk.

Dalam informasinya, bagaimana Vegapunk asli dan satelitnya bisa saling terhubung adalah berkat transmitter yang ada di Punk Records serta antena di ujung kepalanya yang berbentuk apel. Mereka semua bisa mengakses data atau informasi yang ada dalam isi kepala Vegapunk. Karena Kuma juga buatan Vegapunk, artinya masuk akal jika dia juga kemudian mengetahui situasi di Vegapunk melalui transmisi tersebut.

Mampukah Kuma Selamatkan Bonney?

Jawaban dari pertanyan tersebut adalah besar kemungkinan Kuma bisa selamatkan Bonney. Ada beberapa hal yang memang perlu menjadi perhatian dalam hal ini. Pertama adalah jarak dari kerajaan Kamabakka ke New World. Markas baru dari Pasukan Revolusi ini terletak di Paradise yang berada di wilayah sebelum Grand Line. Sedangkan, pulau Egghead ada di New World.

Dua wilayah tersebut terpisahkan oleh Red Line, yang mana kita tahu seperti apa sulitnya bajak laut yang hendak melewati batas besar tersebut. Ini tentunya akan jadi petualangan atau perjalanan yang sulit, apalagi Kuma pergi tanpa menggunakan kapal. Bukan mustahil jika dia juga akan gagal di tengah jalan. Meskipun begitu, sebenarnya ada satu cara yang bisa membuat Kuma pergi dengan cepat.

Cara tersebut tidak lain adalah menggunakan buah iblis Nikyu Nikyu yang dia miliki. Seperti yang kita ketahui, buah iblis Kuma ini bisa mengirim atau menerbangkan apa pun yang dia sentuh. Hal ini yang kita lihat saat Kuma menerbangkan kru Topi Jerami sebelum timeskip. Selain bisa menerbangkan orang lain, buah iblis ini bisa menerbangkan penggunanya juga.

Satu alasan besar mengapa Kuma kemungkinan besar akan berhasil selamatkan Bonney adalah Oda yang hendak mengakhiri cerita One Piece. Seperti yang Oda pernah sampaikan sebelumnya bahwa dia akan mengakhiri ceritanya dalam beberapa tahun kedepan. Dia pun kemudian menyatakan bahwa pasca arc Wano seri One Piece akan mulai memasuki fase terakhir, yang mana hal ini sedang terjadi.

Dan melihat pace cerita yang Oda hadirkan dalam beberapa chapter terakhir Oda sepertinya memang benar-benar serius dengan tujuannya tersebut. Karena itulah Kuma mungkin akan berhasil menyelamatkan Bonney. Pasalnya, tidak ada waktu lagi bagi Oda untuk mengahdirkan cerita lainnya. Tetapi, kembali, semuanya bisa saja berubah apalagi jika Oda memang ingin merubah fokus cerita. Yang pasti, ada peluang bagi Bonney untuk bisa berkumpul lagi bersama ayahnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.