Kekuatan dari buah iblis Nika milik Monkey D. Luffy mungkin adalah cara untuk kemudian bisa membangkitkan kembali robot kuno yang ada di pulau Egghead. Dan ada beberapa cara yang mungkin bisa Luffy gunakan untuk mengaktifkan lagi robot tersebut. Seperti yang kita ketahui dalam chapter 1065 One Piece kemarin, Luffy dan kelompoknya tidak sengaja menemukan sebuah hal luar biasa.

Mereka menenukan sebuah robot kuno yang sudang usang dan berkarat di sebuah ruangan yang menyimpan berbagai benda hasil ciptaan Vegapunk. Mereka terkejut dengan penemuan tersebut. Namun, di sisi lain, mereka juga terheran-heran dengan adanya robot kuno itu. Pasalnya, untuk sebuah robot kuno yang sudah usang teknologi yang ada dirasa terlalu maju dan modern.

Untuk saat ini, kita masih belum tahu banyak tentang robot tersebut. Namun, banyak fans meyakini jika robot itu berasal dari abad yang hilang alias Void Century pada 900 tahun yang lalu. Mereka juga meyakini jika robot itu akan kembali bangkit pada masa depan. Jika memang demikian, bagaimana kemudian caranya Luffy dan yang lain membangkitkan kembali robot tersebut?

Luffy Akan Bangkitkan Robot Kuno?

Salah satu kemungkinan yang muncul adalah bagaimana Luffy, dengan kekuatan dewa Nika akan mampu untuk membangkitkan robot kuno tersebut. Bagaimana caranya? Tidak lain dengan menggunakan kekuatan dari Dewa Matahari Nika. Dalam chapter 1065, salah satu kloning Vegapunk, Lilith, menjelaskan bahwa dia masih mencari sebuah sumber daya yaitu api abadi.

Dia menjelaskan bahwa semua teknologi dan hal modern yang ada di pulau Egghead berasal dari api, atau digerakan oleh api. Vegapunk sendiri masih mencari keberadaan “eternal flame” atau “api abadi” untuk menjadi sumber daya teknologinya. Lalu, apa kaitannya dengan Luffy dan Nika? Seperti yang kita ketahui, Gear 5 Luffy memiliki kekuatan api yang luar biasa.

Selain itu, Nika juga merupakan sosok dewa matahari yang artinya Luffy memiliki apa yang Vegapunk butuhkan. Berdasarkan hal itu, dengan menggunakan kekuatan Nika, Luffy akan mampu untuk membangkitkan kembali robot kuno tersebut. Menggunakan api abadi dari kekuatan Nika sebagai sumber tenaga untuk membangkitkan robot kuno itu juga rasanya cukup masuk akal. Karena, ada beberapa contoh lainnya yang serupa.

Misalnya, Franky dan Thousand Sunny membutuhkan cola untuk menjadi sumber tenaga. Atau kapal milik Enel yang menggunakan kekuatan listrik untuk menggerakannya. Artinya, bukan hal mustahil jika kemudian kekuatan api dari buah iblis Nika Luffy yang akan menjadi sumber kekuatan untuk membangkitkan robot kuno tersebut. Sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Vegapunk.

Cara Lainnya

Selain menggunakan kekuatan api abadi dari buah iblis Nika, ada juga cara lainnya yang mungkin bisa membangkitkan robot kuno tersebut. Dan cara lainnya ini pun masih membutuhkan kekuatan buah iblis Nika. Dalam spekulasinya dijelaskan bahwa kekuatan imajinasi dari buah iblis tersebut yang mungkin bisa jadi cara lain untuk membangkitkan robot kunonya.

Dalam penjelasan di cerita One Piece, buah iblis Nika merupakan buah iblis yang unik. Nika adalah sosok yang selalu membawa kebahagiaan, tawa, dan kesenangan dimana pun dia berada. Dan hal ini juga yang Luffy rasakan ketika dia berubah atau menggunakan Gear 5. Yang juga menarik adalah terdapat penjelasan bahwa buah iblis Nika mampu membuat penggunanya memiliki imajinasi liar.

Semakin bebas dan semakin imajinatif Luffy, maka kekuatannya akan semakin luar biasa. Dan hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan melawan Kaido. Kekuatan imajinasi juga mungkin akan menjadi cara lain untuk membangkitkan robot tersebut. Ini tentunya akan menjadi bukti lain kekuatan dahsyat dari buah iblis Nika, selain dari apa yang sudah kita lihat sebelumnya.

Dalam imajinasi Luffy, robot kuno tersebut akan mampu untuk berjalan dan berfungsi dengan normal. Dan imajinasinya kemudian terealisasi di mana robot tersebut mulai kembali bangkit dan bergerak. Selama Luffy mengakses Gear 5, maka selama itu pula robot kunonya aktif. Kekuatan imajinasi ini jadi salah satu kekuatan lainnya dari buah iblis Nika.

Bantu Kalahkan Im?

Mungkin Geeks bertanya-tanya untuk apa kemudian Luffy membangkitkan kembali robot kuno tersebut? Satu hal yang paling masuk akal akan terjadi dengan bantuan robot kuno tersebut adalah menghancurkan Im dan semua sistem di World Government. Im adalah sosok yang paling berkuasa di dunia One Piece. Dialah yang menguasai seluruh dunia, meskipun tidak ada orang yang mengetahui hal tersebut.

Namun, sayangnya, masih belum ada informasi jelas mengenai sosok Im. Meskipun begitu, spekulasi mengenai sosok Im banyak berkembang dan muncul di kalangan fans. Salah satunya adalah spekulasi bahwa mungkin Im adalah salah satu karakter paling kuat di dunia. Hal ini terbukti dari posisinya saat ini, di mana dia bisa menjadi penguasa dunia. Bahkan, Gorosei pun berlutut di hadapannya.

Luffy mungkin memiliki kekuatan dahsyat untuk mengalahkan Kaido dan juga Im, berkat awakening buah iblis Nika. Namun, bukan hal mustahil jika dia juga membutuhkan tambahan kekuatan lainnya. Selain dari kelompok Topi Jerami, Armada Besar Topi Jerami, dan mungkin aliansinya, Luffy bisa memanfaatkan kekuatan dari robot tersebut untuk menghancurkan Im.

Selain bisa Luffy gunakan untuk menghancurkan Im secara fisik, Luffy juga bisa menggunakannya dengan cara lain. Seperti halnya Kuma, yang mampu menyimpan berbagai data dari apa yang sudah dia lewati, mungkin robot kuno itu juga menyimpan data dari apa yang dia lihat sebelumnya. Melalui robot tersebut, mungkin akan terkuak berbagai fakta lainnya tentang abad yang hilang. Dan Luffy bisa mengungkapkan faktanya ke seluruh dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.