Salah satu sumber kekuatan dahsyat dari sosok Monkey D. Dragon dalam seri One Piece kemungkinan adalah buah iblis. Dalam cerita One Piece, Dragon adalah sosok yang paling dicari oleh World Government. Meskipun masih belum jelas alasannya, namun hal ini bisa jadi ada kaitannya dengan pemberontakan yang dia lakukan. Selain itu, dia juga terkenal karena misterius.

Salah satu hal yang masih misteri saat ini adalah mengenai asal-usul Dragon dan juga kekuatannya. Yang menarik adalah banyak fans menduga jika Dragon adalah mantan admiral angkatan laut. Artinya, dia tentunya memiliki kekuatan yang sangat dahsyat termasuk kekuatan buah iblis. Lalu, apa kekuatan buah iblis yang Dragon miliki dalam ceritanya?

Tenki Tenki No Mi

Tenki Tenki no Mi atau Weather Weather Fruit adalah kemungkinan pertama dari buah iblis yang Dragon miliki. Hal ini berdasarkan fakta bahwa selalu munculnya badai atau hujan deras ketika Dragon muncul di sebuah tempat. Buah iblis ini berjenis Paramecia, di mana Dragon akan mampu untuk mengendalikan cuaca sesuka hatinya. Jika dia mau, dia bisa saja mendatangkan badai di sebuah tempat.

Kedahsyatan dari buah iblis ini memang belum Oda hadirkan secara penuh. Dragon lebih sering memperlihatkan bagaimana cuaca selalu buruk ketika dia muncul. Namun, bukan hal mustahil jika situasi berubah menjadi mengerikan. Dragon juga mungkin sudah membangkitkan kekuatan penuh dari buah iblisnya, sehingga dia bisa menghadirkan pengendalian cuaca yang ekstrem.

Tori Tori No Mi, Model: Thunderbird

Salah satu spekulasi atau teori yang cukup santer terdengar di kalangan fans menyebutkan bahwa buah iblis yang Dragon miliki bernama Thunderbird. Lebih tepatnya adalah Tori Tori no Mi, Model: Thunderbird. Buah iblis ini berjenis Mythical Zoan, di mana Dragon akan mampu berubah menjadi burung mitologi tersebut. Menurut legenda, kapan pun dan di mana pun Thunderbird berada akan ada badai yang menyambut kedatangannya.

Hal ini sesuai dengan apa yang terjadi dengan sosok Monkey D. Dragon, di mana setiap kali dia muncul maka akan selalu muncul badai, seperti yang terjadi di Loguetown. Apakah itu merupakan bagian dari “theatrical act” sosok Dragon atau memang merupakan efek dari buah iblisnya masih belum kita ketahui. Yang pasti ini menjadi salah satu buah iblis yang rasanya memang cocok dengan sosok Dragon.

Kaze Kaze No Mi

Secara harfiah Kaze artinya adalah angit. Artinya, Kaze Kaze no Mi atau Wind Wind Fruit adalah buah iblis yang membuat Dragon mampu berubah atau mengendalikan kekuatan angin. Buah iblis ini mungkin termasuk yang spesial, seperti halnya Mochi Mochi no Mi. Karena, selain Dragon bisa mengendalikan kekuatan angin layaknya Paramecia, dia juga bisa berubah menjadi angin tersebut layaknya pengendali Logia.

Buah iblis ini memberikan gambaran dari sosok Dragon saat menyelamatkan Sabo di kerajaan Goa. Saat Sabo hampir saja tenggelam, tiba-tiba muncul Dragon yang kemudian menyelamatkan nyawanya dan membawa Sabo ke kapal Pasukan Revolusi. Yang menarik adalah dari sudut pandang gambarnya, posisi Dragon seolah tidak menapak ke air alias mengapung. Dan ketika Dragon tiba di kapal, ada banyak angin (atau asap) di seluruh tubuhnya.

Rain God

Eiichiro Oda menghadirkan sebuah fakta besar yang mengejutkan di akhir arc Wano kemarin, di mana dia mengungkapkan nama sebenarnya dari Gomu Gomu no Mi milik Luffy. Ternyata, nama aslinya adalah Hito Hito no Mi, Model: Sun God Nika. Terungkapnya hal ini memunculkan spekulasi menarik di kalangan fans, bahwa di dunia One Piece masih ada dewa lainnya.

Salah satunya adalah dewa hujan. Hal ini berdasarkan informasi yang muncul di arc pulau langit, di mana para penduduk di sana meyakini bahwa ada empat dewa yaitu dewa matahari, dewa hujan, dewa hutan, dan dewa bumi. Jika Luffy adalah dewa matahari, maka Dragon dispekulasikan adalah dewa hujan. Dan ada kemungkinan jika buah iblis ini juga berjenis Mythical Zoan.

Uo Uo No Mi, Model: Shenlong

Banyak fans menduga jika nama dari sosok Dragon juga menggambarkan level kekuatannya. Dalam artinya, bisa jadi Dragon mampu berubah menjadi seekor naga seperti halnya Kaido. Jika Kaido merupakan sosok yang berubah menjadi naga besar Asia Timur, maka Dragon mungkin berubah menjadi sosok naga lainnya yang tidak kalah populer yaitu Shenlong.

Menurut mitologinya, naga Shenlong memiliki kekutana untuk mengendalikan badai serta sering menghadirkan hujan kemana pun dia muncul. Dari beberapa buah iblis yang mungkin dimiliki oleh Dragon, ini adalah salah satu yang cocok dengan karakternya. Dan tentunya akan menarik jika memang Dragon mampu juga berubah menjadi seekor naga mitologi seperti halnya Kaido, yang memberikan kesan bahwa naga memang menjadi makhluk penting di dunia One Piece.

Dengan alur cerita One Piece yang akan segera berakhir, Oda Sensei mulai sering menghadirkan karakter lama seperti Dragon. Dan perlahan, informasi mengenai karakternya juga mulai terungkap seperti kekuatannya. Jika memang Dragon adalah pengguna buah iblis, beberapa poin di atas adalah perkiraan dari buah iblis yang Dragon miliki. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.