Bagaimana kira-kira penampilan dari sosok Monkey D. Luffy dan juga para karakter lainnya di usia mereka yang sudah beranjak tua? Meskipun saat ini Luffy terbilang sangat muda – sekitar 19-20 tahun – namun, para fans sepertinya penasaran dengan penampilan Luffy dan yang lain ketika mereka beranjak tua nanti. Luffy sendiri sudah mulai berpetualang di usianya yang masih sangat remaja.

Dengan banyaknya peristiwa yang terjadi, seperti time-skip selama dua tahun, usia Luffy sendiri diperkirakan saat ini adalah 20 tahun. Dan kru Topi Jerami pun sebagian besar tidak terlalu berbeda jauh usianya dari Luffy, kecuali Brook dan Jinbe. Para fans sendiri penasaran bagaimana penampilan dari para karakter di seri One Piece ketika usia mereka sudah mencapai 40 tahun dan lebih tua lagi, terutama Luffy.

2 Timeline

Akhirnya, Oda pun memperlihatkan apa yang terjadi kepada Luffy di masa tuanya dalam kolom SBS. Di kolom SBS Volume 89, seorang fan meminta kepada Oda Sensei untuk memberikan ilustrasi atau gambar dari karakter Luffy dan beberapa karakter kru Topi Jerami beserta yang lainnya ketika usia mereka sudah mencapai 40 tahun dan 60 tahun.

Dan dalam jawaban tersebut, yang menarik adalah Oda menghadirkan dua buah timeline yang berbeda. Satu timeline memperlihatkan bagaimana masa depan yang baik, dan timeline satunya memperlihatkan masa depan yang buruk. Seperti yang disebutkan di atas, bahwa saat ini Luffy masih sangat muda. Usianya masi 20 tahun, yang artinya masih ada banyak waktu bagi Luffy untuk berpetualang.

Namun, bisa jadi ini adalah gambaran masa depan yang akan terjadi kepada Luffy selanjutnya. Banyak fans yang berspekulasi berdasarakan 2 timeline tersebut. Misalnya, sosok Franky. Oda pernah juga memperlihatkan sosok Franky pada masa depan, di mana dia berubah menjadi sebuah kapal perang dalam timeline yang buruk. Dan ini membuat para fans menduga jika Franky mungkin akan mampu berubah menjadi kapal di akhir cerita.

Hal yang sama pun terjadi kepada Luffy, di mana mungkin salah satu dari dua timeline tersebut adalah gambaran dari masa depan Luffy di serinya. Namun, yang timeline atau masa depan yang mana yang akan Oda hadirkan untuk masa depan Luffy masih menjadi sebuah misteri. Meskipun begitu, dengan alur ceritanya yang sudah di fase akhir mungkin kita akan melihat hal ini dalam beberapa tahun kedepan.

Masa Depan Buruk

Dalam gambaran timeline masa depan buruk yang digambar oleh Oda, nampak penampilan Luffy di usia 40 tahun cukup berantakan. Nampak Luffy seperti sosok yang kurang teratur dan kurang rapih. Sementara, saat usianya 60 tahun Luffy terlihat benar-benar tua dengan janggut berwarna putih, dan bagian rambut yang sudah mulai menghilang. Hanya tersisa bagian depannya saja.

Apa yang kemudian membuat masa depan buruk ini bisa terjadi? Pertama, mungkin akibat stress yang berlebihan. Banyak hal yang memengaruhi hal tersebut, misalnya efek dari gangguan hormon akibat apa yang sudah dia lalui. Seperti yang kita ketahui, saat Luffy terluka parah akibat racun Magellan dia berhasil bertahan hidup berkat kekuatan hormon Ivankov.

Dia juga berhasil selamat dan bisa kembali bertempur meskipun sudah lelah dalam pertempuran di Marineford, berkat kekuatan hormon tersebut. Padahal, hal tersebut menghadirkan gangguan yang cukup besar di tubuhnya. Belum lagi faktor lain seperti terlalu banyak menggunakan teknik Gear, yang bisa jadi juga memengaruhi kondisi psikologis dan fisik Luffy.

Atau bisa juga hal ini diakibatkan oleh kehidupan bajak laut Luffy yang berbahaya. Ada banyak lawan yang sudah Luffy hadapi selama ini, seperti sosok Kaido atau Blackbeard. Semua hal tersebut memengaruhi sosok Luffy kedepannya, yang mana kemudian membuat masa depan Luffy nampak sangat buruk dan berantakan. Dan terakhir, bisa juga Luffy harus menerima kenyataan bahwa ada banyak sosok terdekatnya yang pergi atau tewas.

Yang menarik adalah di chapter 1064, Bonney sempat merubah Luffy dan Chopper menjadi orang tua. Nampak rambutnya putih dan mulai menghilang banyak, namun dia masih memiliki gigi yang lengkap. Usianya sendiri adalah 70 tahun. Sosok Luffy tua tersebut mirip dengan Luffy di timeline buruk ini. Meskipun ini hanya untuk kepentingan komedi, bisa jadi ini merupakan petunjuk nyata dari Oda.

Masa Depan Baik

Hal berbeda nampak dari sosok Luffy di masa depan yang baik. Jika penampilan Luffy di masa depan buruk nampak begitu berantakan, Luffy di timeline ini nampak begitu menarik. Bahkan, dia terlihat seperti sosok Shanks di usia 40 tahun. Dan yang menarik adalah di usianya yang ke 60 tahun, Luffy nampak terlihat seperti sosok Monkey D. Garp. Hanya saja rambut dan janggutnya berwarna hitam.

Lalu, apa faktor yang kemungkinan memengaruhi masa depan yang baik? Pertama tentunya adalah bagaimana Luffy sudah berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjadi raja bajak laut dan pergi ke Laugh Tale hingga mendapatkan One Piece. Itu adalah mimpi Luffy yang sudah dia ucapkan bahkan sejak serinya mulai. Dan saat ini, Luffy sedang berusaha untuk mewujudkan mimpinya tersebut bersama kru Topi Jerami.

Selain itu, bisa jadi Luffy juga sudah berhasil mewujudkan mimpi terbesarnya yang saat ini masih menjadi misteri. Dalam chapter 1057, Luffy sempat mengutarakan mimpi besarnya terhadap kru Topi Jerami yang mana hal itu membuat mereka semua tercengang. Namun, tidak dijelaskan apa yang kemudian menjadi mimpi besarnya tersebut.

Meskipun begitu, melihat bagaimana masa depan baik ini terjadi kemungkinan Luffy sudah berhasil mewujudkan mimpi besarnya. Tentunya akan lebih menarik jika Luffy memang berhasil mewujudkan masa depan baik ini di cerita One Piece. Bagaimana menurut kalian Geeks, masa depan mana yang akan terjadi kepada Luffy?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.