Menace

Menace adalah Goblin wanita lain yang mempunyai nama asli Lily Hollister. Sebenarnya dia adalah sahabat Peter Parker sekaligus tunangan Harry Osborn. Namun, setelah tidak sengaja tercebur ke dalam cairan kimia Goblin, Lily lantas berubah menjadi seorang villain yang mengambil identitas Menace. Sama seperti Goblin pada umumnya, Menace juga sangat berambisi untuk mengalahkan Spidey. Dia bahkan menjadi anak buah King Goblin sebagai bagian dari Goblin Nation. Untungnya, perjalanannya sebagai villain tidak bertahan lama, karena akhirnya dia sadar setelah Serum Goblin berhasil dikeluarkan dari tubuhnya.

Monster

Sama seperti Menace, Monster awalnya tidaklah jahat, dia sebenarnya adalah sahabat Peter bernama Carlie Cooper. Tidak lama setelah mendirikan Goblin Nation, King Goblin menculik Carlie untuk mendapatkan informasi mengenai Spidey. Namun, karena Carlie tidak mau memberikan apa yang diinginkannya, King Goblin lantas menyuntikan Goblin Serum kepadanya. Hal tersebut langsung mengubah Carlie menjadi Monster yang tidak kalah hebat dari Menace. Sama seperti Menace, dia akhirnya kembali menjadi manusia seetlah Spidey berhasil mengeluarkan Goblin Serum dari tubuhnya.

Proto-Goblin

Sebelum Norman menjadi Green Goblin, sebenarnya ada satu karakter yang telah lebih dahulu mencoba Goblin Serum kepada dirinya sendiri. Dia adalah Nels van Adder, salah satu anak buah Norman yang membantu menciptakan Goblin Serum. Tanpa sepengetahuan Norman, Nels mencoba sendiri serum yang belum sempurna dan akhirnya menjadi monster Proto-Goblin yang sangat ingin membunuh bosnya. Sebelum tujuannya tercapai, Captain Stacy lebih dahulu menjatuhkannya ke sebuah sungai. Sejak saat itulah Proto-Goblin tidak pernah terlihat lagi. Meskipun dia tidak pernah bertarung langsung dengan Spidey, tetapi dia layak untuk masuk dalam daftar ini sebagai Goblin pertama di Marvel Universe.

Gray Goblin

Di kisah Sins Past, yang sekarang Marvel ubah statusnya dari canon menjadi non-canon, pernah muncul seorang Goblin baru bernama Grey Goblin. Dia adalah anak dari hubungan gelap antara Norman Osborn dan kekasih Peter, Gwen Stacy. Nama aslinya adalah Gabriel Stacy, yang sempat mengira bahwa Peter adalah ayahnya. Setelah mengetahui bahwa dia adalah anak Norman, dia lantas memutuskan untuk menjadi penjahat seperti ayahnya dengan menyuntikan Goblin Serum. Karena merasa Peter alias Spidey tidak mau mengakuinya, Grey Goblin akhirnya bersumpah untuk menjadikan Spidey sebagai musuh utamanya.

Red Goblin

Terakhir, Goblin yang tercatat sebagai musuh paling mengerikan bagi Spidey adalah red Goblin. Identitas aslinya tidak lain adalah Norman Osborn yang telah bergabung dengan symbiote Carnage. Untuk menjadi lebih kuat, dia lantas kembali menyuntikan Goblin Serum dan akhirnya menjadi Red Goblin yang terkenal sangat mematikan. Sebagai Red Goblin, dia lantas mengincar semua orang terdekat Spidey. Untunya Spidey dibantu oleh teman-teman superheronya, termasuk Miles Morales, Silk, dan Human Torch. Hal ini akhirnya berhasil membukakan jalan bagi Spidey untuk memisahkan Norman dari Carnage.

Itulah pembahasan tentang para Goblin mengerikan yang ada dalam sejarah Spidey di Marvel Universe. Sepak terjang para Goblin ini secara tidak langsung telah menegaskan bahwa mereka adalah musuh abadi bagi Spidey, siapa pun alter egonya. Kehadiran mereka pada umumnya mempunyai satu tujuan yang kurang lebih sama, yaitu mengalahkan Spider-Man untuk menjadi sosok teratas di dunia kriminal Marvel. Dari semua Goblin ini, kira-kira mana yang jadi favorit kalian, Geeks?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.