Setelah sempat menjadi misteri di kalangan penggemar, akhirnya ada sebuah petunjuk dari Marvel Studios yang menyinggung senjata pamungkas Kang di MCU. Petunjuk ini bisa kita lihat di trailer perdana Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang baru saja rilis beberapa jam lalu. Dalam trailernya, terlihat sejumlah cincin raksasa yang semuanya hampir terhubung dengan setiap kemunculan Kang di filmnya. Benarkah berbagai teknologi cincin ini adalah senjata pamungkas Kang? Apakah senjata Kang ini ada hubungannya dengan artefak cincin lain di MCU? Mari langsung saja kita bahas potensinya, Geeks!

Penampakan Multiverse Ring di Ant-Man 3

Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, varian Kang yang akan muncul di Quantumania ini terlihat mempunyai beberapa teknologi canggih. Yang kemungkinan besar adalah senjata pamungkas versi Kang di Multiverse Saga. Teknologi tersebut mempunyai bentuk melingkar seperti cincin dan terlihat memancarkan sinar berwarna biru. Karena filmnya berjudul Quantumania, sepertinya teknologi Kang yang sangat masif ini terdapat di Quantum Realm. Itulah mengapa sebagian besar penghuni Bumi tidak menyadari keberadaannya sampai sekarang.

Melihat strukturnya yang sangat besar, teknologi ini kemungkinan mempunyai fungsi untuk menghubungkan Kang yang berada di Quantum Realm dengan universe lain. Seperti yang sempat ditakutkan oleh varian Kang di serial Loki, yaitu He Who Remains, ketika dia membicarakan varian lain yang lebih jahat darinya. He Who Remain bahkan sempat menjelaskan bahwa universe sebenarnya mempunyai bentuk seperti lingkaran dan saling menumpuk satu sama lain. Hal inilah yang tampaknya menginspirasi Kang untuk menciptakan teknologi atau senjata yang juga berbentuk lingkaran.

Yang lebih menariknya lagi, teknologi yang berpotensi menjadi senjata pamungkas Kang ini sebenarnya mempunyai sejumlah kembaran di MCU. Secara penampilan, teknologi cincin Kang dengan cahaya biru yang berpijar ini mirip seperti Ten Rings di film Shang-Chi dan gelang Kamala di serial Ms. Marvel. Kemungkinan besar ini semua bukanlah suatu kebetulan, karena sepertinya Marvel Studios memang diam-diam ingin memperkenalkan Infinity Stones versi Multiverse Saga. Sedangkan teknologi cincin Kang yang terlihat di trailer Quantumania, mungkin merupakan ‘Infinity Gauntlet’-nya.

Ten Rings & Gelang Kamala di MCU

Seperti yang sudah kita singgung di atas, Ten Rings di film Shang-Chi memang mempunyai sejumlah kemiripan dengan teknologi cincin Kang di Quantumania. Hal tersebut bisa kita lihat dari Ten Rings yang juga memancarkan cahaya biru dan energi yang sama dengan teknologi Kang. Di adegan credit scene Shang-Chi, terungkap bahwa Ten Rings tersebut memancarkan semacam sinyal ke sebuah lokasi yang misterius. Sekarang terungkap bahwa ada kemungkinan sinyal tersebut sampai ke Quantum Realm, di mana varian Kang berada.

Benda kedua yang mempunyai kemiripan dengan teknologi cincin Kang adalah gelang Kamala di serial Ms. Marvel. Berdasarkan apa yang terlihat di serialnya, Clandestines pertama kali menemukan gelangnya di sebuah tempat rahasia yang mempunyai lambang Ten Rings di lantainya. Ketika Kamala mengenakannya, gelang tersebut bahkan memungkinkannya untuk melakukan perjalanan waktu ke masa lalu. Mirip seperti yang sering Kang lakukan di komiknya. Mungkin Kang sengaja menyebar Ten Rings dan gelang Kamala agar dia bisa mencapai Earth-616 kapan saja.

Apa Fungsi Multiverse Ring di MCU?

Jika benar semua teknologi cincin ini adalah senjata pamungkas Kang, bukan tidak mungkin nantinya kita akan melihat seperti apa kehebatan Kang yang sesungguhnya. Selain menghubungkannya dengan universe lain, khususnya yang terdapat benda seperti Ten Rings dan gelang Kamala, mungkin senjata ini akan Kang manfaatkan untuk menyatukan Multiverse. Jadi kali ini dia bukan hanya ingin menguasai Sacred Timeline seperti He Who Remains. Melainkan memonopoli Multiverse Marvel dan semua isinya demi kepentingan pribadi, yaitu agar dia bisa menjadi penguasa absolut.

Rencana seperti ini tentunya akan meningkatkan status ancaman yang akan Kang bawa ke MCU. Di film Quantumania nanti mungkin kita akan melihat bagaimana akhirnya Kang bisa mengaktifkan senjata pamungkasnya. Yang selama ini sempat dia tunda karena sarana pendukungnya belum lengkap, seperti Ten Rings dan gelang Kamala. Dengan senjata cincin lainnya yang sudah berada di tangan Shang-Chi dan Kamala alias Ms. Marvel, bukan tidak mungkin sekarang dia akan mengambil apa yang selama ini menjadi miliknya. Untuk kemudian menjadi ancaman yang sesungguhnya pada masa depan MCU.

Itulah pembahasan tentang senjata pamungkas Kang yang kemungkinan besar adalah teknologi cincin raksasa di film Quantumania. Jika semua teori ini benar, artinya selama ini sebenarnya sebagian besar kisah di Fase 4 MCU saling terhubung satu sama lain. Dan film Quantumania yang jadi awal Fase 5 akan menyimpulkan semuanya. Di mana Ten Rings dan gelang Kamala adalah pengganti dari Infinity Stones, sedangkan teknologi cincin raksasa Kang adalah pengganti Infinity Gauntlet di Multiverse Saga. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Ant-Man and the Wasp: Quantumania sendiri akan tayang pada 11 Februari 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.