Film Ant-Man and the Wasp: Quantumania baru saja membagikan trailer perdananya kepada para penggemar di seluruh dunia. Selain mengungkap awal peristiwa Ant-Man 3, trailernya juga memperlihatkan sejumlah bahaya yang akan muncul di filmnya. Beberapa di antaranya adalah villain Multiverse Saga, yaitu Kang, dan juga pasukan yang tampaknya akan jadi ancaman bagi Ant-Man. Sementara penampilan Kang sudah cukup jelas, yang jadi pertanyaan sekarang adalah siapakah pasukan yang terlihat di trailernya? Berikut ini teori tentang identitas pasukan yang muncul di film Ant-Man 3. Check this out, Geeks!

Kemunculan Pasukan Berteknologi Canggih

Mungkin sebelum trailernya rilis sudah banyak yang menyangka bahwa film Ant-Man and the Wasp: Quantumania alias Ant-Man 3 akan mempunyai skala yang sangat besar di MCU. Kemunculan big bad villain Kang adalah salah satu bukti bahwa filmnya akan menjadi salah satu penentu untuk Multiverse Saga MCU. Sekarang, kita juga bisa melihat ada pasukan berteknologi canggih yang berpotensi menjadi masalah bagi Ant-Man. Bagi yang belum tahu, pasukan ini terlihat sekilas pada menit 1:31 trailernya, di mana jumlah mereka mungkin sama banyaknya seperti pasukan Thanos’ Black Order di Infinity Saga.

Ada sekitar ratusan bahkan mungkin ribuan pasukan berseraga, yang berdiri dengan formasi rapi di depan sebuah markas yang sangat masif. Ada kemungkinan markas ini berada di dalam Quantum Realm, sehingga tidak banyak yang menyadari keberadaannya. Meskipun terlihat dari jauh, cukup jelas bahwa para pasukan ini mengenakan teknologi canggih serta diiringi oleh pesawat yang juga canggih dengan tipe dan ukuran yang beragam. Di Marvel Universe sendiri ada satu pasukan kriminal yang ciri-cirinya hampir mirip seperti yang ada di Ant-Man 3, yaitu A.I.M. alias Advanced Idea Mechanics.

Sepak Terjang AIM di Marvel Comics

Pasukan A.I.M. (Advanced Idea Mechanics) yang berpotensi muncul di film Ant-Man 3 ini pada dasarnya merupakan kelompok kriminal yang dibentuk, didanai, dan dikelola oleh sekelompok ilmuwan jahat. Pertama kali muncul di komik Strange Tales #146 (1966), tujuan utama dari AIM adalah mengembangkan teknologi canggih untuk menguasai dunia. Pada era Perang Dunia II, mereka selalu terlihat mendampingi organisasi antagonis lainnya, seperti Hydra. Sekarang, mereka umumnya bergerak di balik bayangan, dan mulai merekrut sejumlah teroris dan bahkan beberapa musuh Avengers, seperti MODOK.

Bagi yang belum tahu, MODOK sendiri adalah seorang villain berwajah besar dan sering terlihat duduk di kursi terbang canggih ketika beraksi. Awalnya dia adalah hasil eksperimen AIM yang kemudian membunuh penciptanya dan akhirnya menjadi pemimpin AIM Di tangan MODOK, AIM berkembang menjadi sekelompok pasukan berteknologi canggih yang terkenal kejam. Ada banyak kejahatan besar yang telah AIM lakukan di Marvel Universe. Termasuk membangkitkan villain Red Skull, mencuci otak Captain Marvel, dan mengubah kekasih Hulk, Betty Ross, menjadi monster Harpy.

Kejahatan AIM yang paling cerdas sekaligus ikonik adalah menciptakan Earth-13584, sebuah pocket universe yang lokasinya tersembunyi. Di komik Dark Avengers #190 (2012), diceritakan bahwa AIM berhasil menciptakan Earth-13584 dengan mengeksploitasi ‘sifat cair’ waktu, yang pertama kali terungkap saat Kang melakukan perjalanan waktu untuk mengubah masa lalu. Dari pocket universe inilah mereka menjalankan kelompok atau pasukan jahatnya secara rahasia, mungkin ini juga yang akan terjadi di film Ant-Man 3.

Siapa pemimpin AIM di MCU?

Jika benar pasukan yang muncul di film Ant-Man 3 adalah A.I.M., sekarang pertanyaannya siapa pemimpin mereka di MCU? Berdasarkan bocoran yang telah lama beredar, film Ant-Man 3 sendiri akan menandai debut supervillain MODOK. Itu artinya ada kemungkinan dia adalah sosok di balik pasukan berteknologi canggih yang akan mengancam petualangan Ant-Man nantinya. Kisahnya mungkin akan sama seperti yang ada di Marvel Comics, di mana MODOK dan A.I.M. bersembunyi di pocket universe untuk melakukan setiap aksinya. Bedanya, yang jadi pocket universe di filmnya nanti adalah Quantum Realm.

Tidak menutup kemungkinan juga di filmnya Ant-Man 3 nanti, MODOK akan bersekutu dengan Kang. Jika di komiknya, A.I.M. diceritakan mengeksploitasi ‘sifat cair’ waktu yang Kang sebabkan, di MCU nanti mereka mungkin akan bekerja sama. Kemungkinan lain, bisa juga MODOK dan Kang sebenarnya saling bersaing untuk menguasai Quantum Realm. Itulah mengapa di trailernya, Kang menyuruh Ant-Man untuk melakukan sesuatu, jika ingin pulang bersama keluarganya. Mungkin sesuatu yang Kang inginkan tersebut nantinya akan membuat MODOK dan pasukannya A.I.M.-nya bersinggungan dengan Ant-Man juga.

Itulah pembahasan tentang pasukan yang muncul di film Ant-Man 3. Perlu kita catat bahwa pembahasan kali ini masih bersifat teori. Namun berdasarkan kecanggihan yang terlihat dari pasukan tersebut, kemungkinan besar mereka adalah A.I.M. yang MODOK pimpin. Masih belum terungkap apakah MODOK akan bersekutu dengan Kang atau justru bermusuhan. Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Apa pun itu, di film yang akan tayang pada 17 Februari 2023 nanti, Ant-Man dan Wasp akan menghadapi masalah yang sangat serius sekaligus mengancam nyawa mereka. Kita nantikan saja keseruannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.