Chapter 1063 kembali menghadirkan banyak momen epik dan juga informasi penting yang bisa para fans One Piece nikmati. Namun, selain itu, ada juga sebuah detail yang menarik yang Oda hadirkan dalam ceritanya. Chapter ini memperlihatkan kelanjutan dari apa yang terjadi sebelumnya. Misalnya, kita melihat bagaimana Luffy dan kelompoknya bertemu dengan salah satu kloning Vegapunk, Atlas.

Kemudian, kita kemudian mendapatkan konfirmasi bahwa Kuma adalah ayah dari Bonney. Hal ini setelah salah satu Pacifista berbentuk Kuma yang merupakan penjaga di wilayah itu menemukan keberadaan mereka. Saat Luffy hendak menyerangnya, dia pun menyatakan bahwa Kuma adalah ayahnya dan memintanya untuk tidak menyerangnya. Tetapi, Luffy mengingatkan bahwa itu adalah Pacifista.

Yang tidak kalah menarik adalah bagaimana Trafalgar Law mendapatkan serangan dadakan dari Blackbeard. Blackbeard dan kelompoknya menyerang Law di tengah laut dengan tujuan untuk mencuri seluruh salinan Road Poneglyph miliknya. Tetapi, ada hal yang menarik yang kemudian muncul di tengah-tengah pertempuran kedua kelompok bajak laut tersebut.

Kemunculan Trafalgar Law Versi Wanita

Sebelum pertempuran terjadi, Blackbeard dan kelompoknya sempat menyerang Law dan krunya. Doc Q nampak memiliki kekuatan buah iblis baru yaitu Shiku Shiku. Buah iblis ini memberikan kemampuan bagi penggunanya untuk mengirimkan atau membuat penyakit atau wabah terhadap target tertentu. Dalam chapter ini, Doc Q menyerang Law dengan penyakit unik dan konyol.

Dia mengubah hormon dari Law, yang mana hal itu membuatnya berubah menjadi seorang wanita. Yang luar biasanya adalah ternyata penyakit atau wabah ini juga bisa menular kepada kru lainnya. Nampak Bepo dan yang lain berubah juga menjadi seorang wanita. Namun, Law sendiri sudah mengetahui bagaimana caranya mengatasi semua hal itu seperti yang dia pelajari saat pertarungan melawan Big Mom dan Kaido. Dibutuhkan kekuatan Haki dahsyat untuk bisa lepas dari kekuatan buah iblis.

Petunjuk Dari Oda

Kemunculan Trafalgar Law versi wanita ini tentunya menjadi keunikan sendiri, baik bagi chapter 1063 atau untuk serinya secara keseluruhan. Namun, sebenarnya, Law versi wanita sendiri bukanlah sesuatu hal yang baru di seri One Piece. Eiichiro Oda pernah memberikan “petunjuk” tentang Trafalgar Law versi wanita dalam kolom SBS. Dalam kolom SBS Volume 72, seorang fan meminta Oda untuk menggambar para Worst Generation dalam jenis kelamin yang berbeda.

Oda pun kemudian memperlihatkan bagaimana jika para Worst Generation memiliki jenis kelamin yang berbeda dari yang kita ketahui sekarang. Kemudian, selain dalam kolom SBS Volume 72, versi wanita dari Trafalgar Law pernah juga muncul dalam bentuk figurine atau patung mainan. Dalam seri Potrait of Pirates yang diproduksi oleh MegaHouse, mereka pernah merilis figurine Law versi wanita yang penampilannya jauh lebih terbuka.

Bukan hanya Law, MegaHouse juga merilis figure versi wanita dari beberapa karakter lainnya seperti Monkey D. Luffy. Meskipun pada awalnya semua itu “tidak canon” namun, hal ini berubah drastis di chapter 1063 setelah Doc Q menggunakan kekuatan buah iblisnya untuk merubah Law menjadi wanita. Nampak bagaimana Law versi wanita di chapter 1063 begitu mirip dengan yang Oda perlihatkan di kolom SBS.

Apakah sebenarnya Oda sudah merencanakan hal ini? Bisa jadi. Mungkin Oda ingin menghadirkan sebuah detail yang mengejutkan untuk para fans, yang mana kemudian dia memilih untuk menghadirkan hal ini. Namun, bisa jadi juga Oda tidak sengaja kembali menghadirkan hal tersebut. Terlepas dari semua itu, hal ini tentunya kembali membuktikan bahwa Oda adalah sosok mangaka yang luar biasa. Dia memberikan petunjuk mengenai apa yang akan muncul atau yang terjadi selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.