8 Karakter Marvel dengan kemampuan Breaking the Fourth Wall. Di dunia komik, Fourth Wall adalah garis atau tembok yang memisahkan dunia nyata dan cerita di komik. Istilah ini terinspirasi dari panggung theater dengan tiga tembok yang mengelilinginya, serta tembok keempat yang tidak terlihat di depan theater tersebut. Dengan tembok keempat yang tidak terlihat, penonton bisa melihat apa yang terjadi di dalamnya, sementara karakter seolah tidak menyadari keberadaan para penonton.

Nah Marvel Comics memiliki ide gila agar karakter dari cerita komiknya bisa terhubung langsung dengan sang pembaca. Dengan kemampuan bernama Breaking the Fourth Wall, seorang karakter Marvel bisa berkomunikasi dengan pembaca. Kekuatan ini sebenarnya hanya diperuntukan untuk kebutuhkan komedi. Lantas siapa saja karakter yang memiliki kekuatan Breaking the Fourth Wall.

Deadpool

Deadpool terkenal sering menggunakan kemampuan Breaking the Fourth Wall. Tidak hanya di komik, dia juga melakukannya di berbagai media lain seperti video game atau bahkan film. Yang paling jelas di ingatan kita adalah saat Deadpool memecahkan Fourth Wall di film pertama Deadpool (2016). Ketika itu, dia mengunjungi Colossus dan Negasonic Teenage Warhead. Tanpa di duga, Deadpool berbicara ke arah penonton, dan menjelaskan alasan mengapa hanya ada dua X-Men yang tampil dalam film tersebut. Di komik Deadpool Kills the Marvel Universe, Deadpool pun pernah melakukan hal serupa, di mana dia menerobos Fourth Wall dan membunuh kreator komiknya.

Slapstick

Nama Slapstick memang terdengar sangat asing. Dia memang jarang mendapatkan kesempatan untuk bersinar di komik Marvel. Sebagai seorang pahlawan, tubuh Slapstick sebenarnya tidak bisa dihancurkan. Tubuhnya terbuat dari ektoplasma dan palu raksasa yang dia gunakan untuk menghancurkan apapun yang menghalanginya. Di komik, Slapstick sudah beberapa kali menembus Fourth Wall, tetapi yang paling ikonik terjadi di komik The Awesome Slapstick edisi keempat, di mana dia memohon kepada para pembaca untuk menuliskan buku komik Marvel, sehingga dia bisa memiliki bukunya sendiri.

Squirrel Girl

Jangan terkecoh dengan penampilan dan namanya yang imut. Di balik itu, dia adalah sosok yang hebat. Kemampuannya mungkin mirip seperti tupai pada umumnya, yaitu kelincahan. Tetapi jangan salah, karena dia pernah berhasil mengalah beberapa villain paling kuat dari Marvel Universe seperti Thanos dan MODOK. Squirrel Girl memang sering menembus Fourth Wall di komik Marvel, tetapi tidak sesering rekannya yaitu Tippy-Toe dan Monkey Joe. Biasanya Squirrel Girl memecahkan Fourth Wall untuk memberikan kilasan cerita yang terjadi di komiknya kepada pembaca.

Reed Richards & Ben Grimm

Tidak diduga, ternyata nama Reed Richards dan Ben Grimm muncul dalam daftar ini. Mereka berdua adalah anggota Fantastic Four. Reed memiliki kemampuan untuk menjadi elastis, sementara Ben memiliki kemampuan dahsyat layaknya Hulk. Kemampuan Breaking the Fourth Wall mereka pertama kali ditunjukan tahun 1961, lewat komik Fantastic Four pertama. Dalam komik tersebut, Stan Lee membuat segmen di mana Reed, Ben, Sue, dan Johnny menanggapi surat dari para penggemar. Rupanya, ada banyak penggemar yang meminta Fanstastic Four mendepak Sue, karena dia sering tertangkap. Tetapi kemudian Reed dan Ben memecahkan Fourth Wall dan memberikan penjelasan kepada pembaca tentang segala kehebatan Sue.

Gwendolyn Poole

Awalnya Gwendolyn hanya manusia biasa tanpa kekuatan super, dan hidup di dunia nyata sama seperti kita. Dia adalah penggemar berat komik Marvel. Tetapi suatu ketika, Gwen terjebak di Marvel Universe dan mendapatkan kekuatan unik, yang memungkinkannya untuk bertarung. Pada dasarnya Gwendolyn adalah Deadpool versi wanita. Nah di komiknya, Gwendolyn sering memecahkan Fourth Wall, karena dia sebenarnya sudah tau bahwa dia berada di Marvel Universe, yang berarti ada orang lain yang tengah membaca petualangannya.

Loki

Geeks tentu sudah tahu dengan Loki. Dia adalah adik sekaligus “musuh” Thor di beberapa kesempatan. Sebagai karakter yang eksentrik, Loki memang cocok untuk memiliki kemampuan Breaking the Fourth Wall. Kemampuannya tersebut pernah diperlihatkan dalam Journey Into Mystery pada tahun 1962. Ketika itu, Loki meminta pembaca untuk membuatkan cerita fiksi untuknya. Selain itu, Loki pernah menunjukkan kemampuan Breaking the Fourth Wall lainnya di komik Deadpool Vol. 1 #37, di mana Loki memberi tahu Deadpool bahwa realitas tempat mereka berada tidaklah nyata.

Spider-Man

Karakter beken lainnya yang memiliki kemampuan Breaking the Fourth Wall adalah Spider-Man. Sudah banyak komik yang memperlihatkan kemampuannya tersebut, tetapi yang paling ikonik adalah saat dia mengkoreksi namanya sendiri. Walau menjadi superhero terkenal, tetapi banyak pembaca yang salah menyebut namanya. Spidey pernah mengajari pembaca agar menyebutnya sebagai Spider-Man, bukan Spiderman. Spidey menekankan pentingnya tanda baca strip di antara kata “Spider” dan “Man”. Walau terdengar seperti masalah yang sepele, nyatanya hal tersebut membuat Spidey kesal.

She-Hulk

Terakhir adalah She-Hulk alias Jennifer Walters. Baru-baru ini dalam series She-Hulk: Attorney at Law, Walters sudah menunjukkan kemampuan Breaking the Fourth Wall miliknya. Karena tidak puas dengan ending seriesnya, dia memutuskan untuk keluar dari seriesnya dan merangsek masuk ke kantor Marvel. Disitulah dia meminta agar ceritanya mereka ubah. Dalam komik Marvel, She-Hulk pun pernah melakukan hal serupa. Dia pernah memecahkan Fourth Wall dan berdebat dengan editor komik The Sensational She-Hulk edisi 9. menuntut kepada kreatornya agar dia digambarkan secara benar di komiknya sendiri.

Itulah dia Geeks beberapa karakter Marvel yang memiliki kemampuan Breaking the Fourth Wall. Walau kemampuan ini aneh, tetapi kemampuannya memberikan warna baru bagi semesta Marvel. Breaking the Fourth membuktikan bahwa kekuatan superhero bukan hanya sekedar untuk menghancurkan, tetapi juga bisa dilakukan sekedar untuk komedi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/