Dunia dalam seri One Piece penuh dengan beragam misteri-misteri besar yang masih belum terpecahkan sampai sekarang. Salah satu misteri terbesar yang ada dalam ceritanya adalah sesuatu yang terkait dengan abad yang hilang. Pemerintah Dunia sendiri berusaha keras untuk selalu menutupi berbagai rahasia yang terkait dengan peristiwa tersebut sejak lama.

Dengan serinya yang saat ini sudah memasuki Saga terakhir, rasanya tidak akan lama lagi berbagai rahasia tersebut akan terbongkar. Seperti halnya Wano, ada banyak tempat-tempat di dunia One Piece yang masih menyimpan berbagai misteri. Meskipun kru Topi Jerami sudah berpetualang ke beberapa tempat tertua di dunia One Peice, namun ada beberapa yang masih belum tereksplor. Berikut adalah berbagai kerajaan tertua di serinya.

Negara Wano

Untuk yang satu ini, tentu Geeks semua sudah mengetahui faktanya. Sejak awal arc Wano mulai para fans sudah mendapatkan informasi bahwa wilayah ini tidak terafiliasi dengan Pemerintah Dunia. Bahkan, mereka cenderung menjadi wilayah atau negara yang tertutup dan terisolasi. Wilayah ini dahulunya terkenal sebagai “negara emas.” Wano sendiri sempat menjadi wilayah kekuasaan Kaido, kapten dari kelompok bajak laut Beast.

Kaido datang ke Wano sekitar 26 tahun yang lalu, di mana dia berhasil menaklukan Wano dan menghabisi nyawa Oden.  Namun, Luffy kemudian berhasil mengalahkannya dan sekarang Wano menjadi wilayah kekuasaanya. Sebagai negara yang terisolasi, tidak banyak orang yang berhasil menuju Wano atau bahkan keluar dari Wano. Orang-orang juga tidak tahu bagaimana caranya ke sana. Wano sendiri kemungkinan sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Mokomo Dukedom

Mokomo Dukedom atau Kerajaan Mokomo ada di pulau Zou. Zou sendiri merupakan rumah bagi suku Minks. Wilayah ini tidak berada di daratan, melainkan berada di atas punggung dari gajah raksasa yang bergerak, Zunesha. Karena kerajaan tersebut ada di atas makhluk hidup lainnya, mustahil bagi seseorang untuk bisa mencari posisi pulau tersebut tanpa adanya bantuan dari Log Pose.

Zou memiliki dua penguasa yaitu Inuarashi dan Nekomamushi. Mereka berdua bergantian menjadi penguasa. Namun, di akhir arc Wano keduanya kemudian memutuskan untuk menunjuk Carrot untuk menjadi pemimpin baru kerajaan tersebut. Suku Minks juga diketahui merupakan sekutu dari klan Kozuki di negara Wano. Kerajaan ini juga diyakini sudah berusia ribuan tahun.

Ohara

Pulau Ohara terletak di wilayah West Blue dan menjadi tempat lahir bagi sosok Nico Robin, sang arkeolog dari kelompok Topi Jerami. Menurut informasi yang ada, pulau Ohara sudah berusia 5000 tahun. Wilayah ini juga terkenal karena memiliki Pohon Pengetahuan (Tree of Knowledge), yang mana usianya sama tuanya dengan pulau Ohara itu sendiri. Pulau ini sendiri adalah salah satu pulau di dunia One Piece yang menjadi tempat tinggal bagi banyak ilmuwan atau cendikiawan terkemuka.

Sayangnya, nasib buruk harus menimpa pulau ini. Sekitar 20 tahun yang lalu, terdapat sebuah insiden yang mana pihak angkatan laut melakukan penyerangan ke pulau itu kemudian kita kenal dengan insiden Ohara. Hal ini menjadikan pulau Ohara sebagai wilayah yang pertama kali diperlihatkan di serinya yang menjadi korban dari kebringasan angkatan laut.

Jaya

Nama Jaya dalam cerita One Piece adalah sebuah wilayah dan kerajaan yang ada di pulau langit. Wilayah Jaya pertama kali muncul dalam arc Skypiea atau pulau langit. Arc Skypiea sendiri adalah salah satu arc awal dan juga menjadi salah satu arc yang legendaris di serinya. Dalam ceritanya, Luffy diperlihatkan terlempar lebih dari 10.000 meter ke atas langit, di mana ternyata di atas langit ada sebuah wilayah yang disebut pulau langit.

Di sana, Luffy dan yang lain bertemu dengan berbagai macam hal yang aneh. Namun, tentunya yang paling ikonik dari arc ini adalah bagaimana pertarungan Luffy melawan penguasa wilayah tersebut, God Enel. Jaya juga menjadi tempat bersejarah bagi persahabatan Noland dan Kalgara pada 400 tahun lalu. Jaya juga menjadi rumah bagi suku Shandia setelah mereka pindah dari bulan.

Meskipun tidak pernah ada konfirmasi dari Oda Sensei, namun banyak fans yang meyakini bahwa kemungkinan nama Jaya ini sendiri diadaptasi dari nama wilayah yang sempat menjadi bagian dari Indonesia, Irian Jaya.

Elbaf

Pulau yang menjadi rumah para suku raksasa, Elbaf, merupakan salah satu pulau yang misterius dan belum tereksplor sampai saat ini. Sempat direferensikan di arc Little Garden, Elbaf kemudian muncul pertama kali dalam sebuah kilas balik di arc Whole Cake Island. Elbaf merupakan pulau yang memiliki banyak pegunungan dan bukit, serta pepohonan dengan ukuran yang besar.

Lokasinya sendiri berada di New World. Mengingat usia dari para suku raksasa jauh lebih panjang dari manusia biasa, rasanya wajar jika kemudian kerajaan ini menjadi salah satu kerajaan tertua di serinya. Banyak misteri besar yang masih menyelimuti pulau ini. Misalnya, mengapa kemudian hanya pulau tersebut yang dihuni oleh para suku raksasa. Banyak fans yang meyakini kelompok Topi Jerami akan singgah di pulau ini.

Kerajaan Ryugu

Kerajaan ini ada di pulau manusia ikan, yang mana Neptunes adalah pemimpinya. Pulau manusia ikan atau pulau duyung sendiri tidak ada di atas permukaan air, melainkan di bawah air. Lokasinya berada di 10.000 meter di bawah permukaan laut, tepat di bawah Mary Geoise. Jika seorang bajak laut hendak pergi ke New Wold, maka mereka harus melewati pulau ini terlebih dahulu.

Untuk pergi menuju pulau manusia ikan pun sangat sulit, karena mereka harus menyewa jasa untuk melapisi kapal mereka agar tidak hancur oleh tekanan air. Kerajaan Ryugu sendiri memiliki koneksi dengan sosok Joy Boy pada zaman dahulu. Hal ini terbukti dengan adanya Poneglyph permintaan maafnya, yang mana artinya kerajaan ini sudah ada selama lebih dari 800 tahun.

Alabasta

Kerajaan Alabasta adalah kerajaan pertama di dunia One Piece yang muncul dalam ceritanya. Keadaan di Alabasta saat pertama kali muncul sangatlah mengerikan, di mana para penduduk di sana harus menerima teror yang mengerikan dari Crocodile dan Baroque Works. Tujuan utama dari Crocodile melakukan hal tersebut adalah untuk mencari keberadaan salah satu Senjata Kuno, Pluton.

Alabasta sendiri merupakan salah satu dari 20 kerajaan yang bergabung untuk menghancurkan Kerajaan Kuno. Namun, mereka kemudian memutuskan untuk tidak bergabung tinggal di Mary Geoise. Mereka pun sadar bahwa apa yang terjadi di masa lalu adalah perbuatan yang salah. Ada banyak hal yang menarik tersimpan di kerajaan ini, misalnya adanya salah satu Poneglyph yang berbicara tentang Senjata Kuno.

Kerajaan Kuno

Ancient Kingdom atau Kerajaan One Piece yang diceritakan merupakan kerajaan kuno merupakan kerajaan yang sangat terkenal selama Abad Yang Hilang hingga sekarang. Banyak rumor mengatakan bahwa Ancient Kingdom telah dihancurkan oleh sebuah kelompok untuk menyelamatkan dunia. Kelompok tersebut sekarang memiliki nama Pemerintahan Dunia. Ancient Kingdom terkenal cukup jahat di masa lalu karena stigma buruk dari Pemerintah Dunia.

Namun kurangnya informasi sejarah, membuat banyak informasi Ancient Kingdom tidaklah lengkap seperti letak geografis, penghuninya, dan kejahatan apa yang telah dilakukan oleh mereka. Bagi Pemerintah Dunia, mempelajari sejarah asli mengenai Void Century merupakan sebuah tindakan kriminaljadi banyak orang yang takut untuk mencari tahu kebenarannya. Untuk saat ini, Kerajaan Kuno merupakan kerajaan tertua di serinya. Apakah ada kerajaan lain yang jauh lebih tua lagi masih harus kita nantikan kemunculannya.

Berbagai kerajaan One Piece merupakan salah satu keunikan yang muncul dalam serinya sejauh ini. Berbagai kerajaan tersebut menghadirkan juga misteri-misteri yang membuat para fans penasaran. Apakah Oda Sensei akan menghadirkan informasi terkait berbagai kerajaan tersebut? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.