Healing factor adalah salah satu kekuatan ajaib di Marvel Universe. Bagaimana tidak? Ketika seorang pemilik healing factor tertembak atau tertusuk, lukanya akan kembali pulih. Bahkan ketika tubuh sang pemilik healing factor rusak akibat ledakan, healing factor akan menyembuhkan lukanya. Di Marvel Comics, ada beberapa karakter yang memiliki kekuatan tersebut, salah satunya adalah Wolverine. Tetapi, bukan berarti jika Wolverine memiliki healing factor, dia tidak bisa mati. Ternyata ada banyak peristiwa yang memperlihatkan kematian heroik Wolverine. Apa saja?

Ditembak oleh Sentinel

Dalam kisah Days of Future Past komik, kita dapat melihat kehancuran masif yang dilakukan oleh Sentinel. Dunia mulai menghadapi kehancurannya, dan Sentinel mulai membunuh mutant tanpa rasa penyesalan. Diceritakan bahwa kala itu, Wolverine menjadi salah satu mutant terakhir yang tersisa. Dia lantas mengorbankan hidupnya bersama Strom dan Colossus, demi membantu Kitty Pryde melakukan pejalanan ke masa lalu. Dalam usaha terakhirnya, Wolverine mencoba bertahan namun seorang Sentinel menghancurkan semua tubuh Wolverine hingga tidak tersisa. Karena hancur berkeping-keping, maka tubuh Wolverine pun tidak bisa beregenerisasi.

Dark Phoenix Membakar Wolverine

Dalam kisah What…? if, diceritakan saat Dark Phoenix mengambil alih tubuh Jean dan mulai menghancurkan Bumi. Jika Phoenix Force melambangkan cahaya dan kehidupan, maka Dark Phoenix kebalikannya. Dark Phoenix melambangkan kehancuran dan kekuasaan. Dengan Dark Phoenix, Jean menjadi sosok yang tidak terkendali. X-Men dan Wolverine pun mencoba menghentikan Jean Grey. Namun, Dark Phoenix yang sangat kuat lantas mengendalikan Wolverine. Wolverine yang dikendalikan tubuhnya oleh Dark Phoenix langsung membunuh Colossus. Tidak bisa berbuat banyak, Wolverine pun akhirnya menyerah dan membiarkan Dark Phoenix membakarnya hingga mati.

Kematian oleh Sublime

Dalam cerita komik X-Men Here Comes Tomorrow, kita diceritakan saat Wolverine bersama timnya pergi ke masa depan, tempat seorang villain bernama Sublime berkuasa. Wolverine melakukan misi penting di mana ia membawa Jean Gray ke tempat tersebut untuk dihidupkan kembali. Jika Jean Gray dihidupkan kembali, maka dia akan bisa membangun masa depan yang baru. Setelah Jean Gray kembali dari kematian, Wolverine pun memberi tahu Jean tentang apa saja yang terjadi ketika dia meninggal. Tetapi kemudian muncul Sublime yang mengambil semua kekuatan Wolverine, termasuk healing factornya. Saat itulah Sublime membunuh Wolverine.

Dust Ledakan Wolverine

Dengan healing factor, Wolverine bukan berarti tidak bisa mati. Selama kulitnya terkoyak dari tulang, maka healing factornya tidak akan bekerja dan ia akan mati. Nah dalam komik End of Days, ada seorang mutant yang memiliki kemampuan untuk memisahkan kulit Wolverine dari tulangnya. Dia adalah Dust. Dust memiliki kemampuan untuk berubah menjadi pasir. Saat berada di masa depan, Dust yang kehilangan kendali tubuhnya lantas mulai membunuh para X-Men. Bahkan, dia menggunakan kemampuannya untuk meledakan seluruh kulit Wolverine, dan membunuhnya seketika.

Tertusuk Cakar Wolverine

Mungkin di antara kematian Wolverine dalam daftar ini, inilah kematiannya yang paling aneh. Dalam cerita Age of Ultron, Ultron berhasil menghancurkan dunia. Ia berhasil mencapai misinya yaitu menghapuskan umat manusia. Ketika itu Wolverine yang masih bertahan mencoba melakukan perjalanan waktu untuk memperbaiki keaadan. Ia berusaha untuk membunuh Hank Pynk, sebelum Pym membuat Ultron. Tetapi apa yang dia lakukan tersebut malah membuat semuanya semakin buruk. Wolverine pun berusaha untuk mencari memperbaikinya.

Wolverine pun lantas kembali ke masa lalu sebelum dia membunuh Hank Pym dan menghentikan dirinya sendiri. Sadar bahwa Wolverine masa depan menyebabkan banyak masalah, lantas Wolverine masa depan meminta Wolverine masa lalu untuk membunuhnya dengan cakarnya sendiri.

Terkena Adamantium

Miniseri Death of Wolverine menghadirkan cerita kematian Wolverine yang epik. Ceritanya dimulai ketika Wolverine sudah tidak mampu lagi menggunakan kekuatannya. Setelah tidak memiliki kekuatan healing factor, Wolverine pun menggunakan armor untuk melindunginya. Namun ketika Dr. Cornelius dari proyek Weapon X mulai menyerang Wolverine, nyawanya berada di ujung tanduk.

Ternyata Dr. Cornelius ingin mengambil kekuatan healing factor Wolverine, dan dia tidak tahu bahwa kekuatan tersebut sudah hilang. Marah, Dr. Cornelius pun membunuh Wolverine dengan mengguyurnya dengan adamantium cair, sehingga membuatnya tidak bisa bergerak. Dia meninggal karena mati lemas, dengan tubuh yang tersinari cahaya matahari terbenam.

Itulah dia Geeks berbagai kematian heroik Wolverine. Ternyata, healing factor tidak menghalangi jalannya kematian Wolverine. Itu juga yang terjadi kepada para karakter lainnya yang memiliki kekuatan serupa. Kalau menuruk Geeks, mana kematian Wolverine yang paling berkenang?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/