Sudah dua dekade lebih seri One Piece berjalan dan sampai saat ini serinya masih menjadi salah satu seri yang sangat populer. Karya dari Eiichiro Oda ini menghadirkan banyak sekali karakter yang menarik dalam ceritanya. Misalnya, kita mengenal sosok Monkey D. Luffy yang menjadi protagonis utama dalam serinya. Kemudian, kita juga mengenal karakter Zoro, Sanji, Kaido, dan masih banyak lainnya.

Meskipun begitu, ada banyak karakter yang masih menjadi misteri sampai saat ini meskipun sudah cukup lama Oda hadirkan. Salah satunya adalah Monkey D. Dragon. Ayah dari Luffy dan juga anak dari Garp ini menjadi salah satu tanda tanya besar yang muncul di serinya. Banyak fans yang penasaran dengan sosok Dragon, karena reputasinya sebagai sosok paling buron di dunia.

Mereka penasaran, apa yang kemudian membuat Dragon menjadi orang yang paling dicari di dunia. Selain itu, yang juga membuat para fans penasaran adalah mengenai kekuatan yang dia miliki. Seberapa kuat Dragon? Apakah dia memiliki kekuatan buah iblis? Apakah dia memiliki kekuatan Haki? Itulah yang menjadi pertanyaan para fans. Namun, sayangnya, Oda masih belum memberikan informasi apa pun.

Dragon Adalah Pengguna Buah Iblis?

Banyak teori yang kemudian bermunculan untuk mencoba menjelaskan mengenai kekuatan dari Monkey D. Dragon. Ada yang mengatakan bahwa Dragon adalah pengguna buah iblis. Dan lagi-lagi para fans berspekulasi mengenai buah iblis apa yang mungkin Dragon miliki. Salah satu spekulasi atau teori yang cukup santer terdengar menyebutkan bahwa buah iblis yang Dragon miliki bernama Thunderbird, buah iblis Mythical Zoan.

Menurut legenda, kapan pun dan di mana pun Thunderbird berada akan ada badai yang menyambut kedatangannya. Hal ini sesuai dengan apa yang terjadi dengan sosok Monkey D. Dragon, di mana setiap kali dia muncul maka akan selalu muncul badai, seperti yang terjadi di Loguetown. Entah apa maksud Dragon melakukan hal tersebut. Namun, inilah yang kemudian menjadi dasar dari spekulasi bahwa kemungkinan dia memiliki kekuatan buah iblis yang mampu mengendalikan cuaca.

Avian spirits and totems | Lifestyles | eagletimes.com

Lalu, mengapa kemudian buah iblis Thunderbird diduga menjadi buah iblis Dragon? Hal ini berkaca pada sosok Oda Sensei. Jika merujuk pada Eiichiro Oda yang senang akan hal yang berbau mistis dan mitologi, ada kemungkinan juga jika Dragon memiliki buah iblis tipe mythical Zoan dengan bentuk Thunderbird. Menurut informasi yang ada, Thunderbird merupakan makhluk mitologi dari suku asli Amerika (Indian, Navajo, dan sebagainya) yang mampu mengendalikan cuaca.

Selain itu Thunderbird pun mampu berubah wujud menjadi manusia, yang hal ini sejalan dengan bagaimana sistem kerja dari buah iblis tipe Zoan di mana manusia bisa berubah menjadi bentuk hewannya atau hybrid. Jika dilihat dari desain karakter pun, Dragon terlihat mirip dengan salah satu suku asli Amerika. Dan hal ini pun menjadi salah satu petunjuk besar dari spekulasinya.

Koneksi dengan Penduduk Pulau Langit

Yang menarik juga adalah terdapat spekulasi lainnya yang menyebutkan bahwa buah iblis Dragon tersebut memiliki koneksi dengan pulau langit. Salah satu petunjuk yang paling menonjol adalah tato yang ada di wajahnya. Jika dilihat secara seksama, tato yang digunakan oleh Dragon mirip seperti yang dimiliki oleh suku Indian Amerika. Nama dari tato suku Indian adalah Windows Peak dan merupakan sebuah atribut yang umum dimiliki oleh suku Indian.

Menurut berbagai sumber, suku Indian adalah penduduk asli benua Amerika dan merupakan warga asli yang sebenarnya mendiami benua tersebut jauh sebelum bangsa Eropa datang. Namun sayangnya, bangsa Indian mendapat perlakuan tidak baik dari para penjajah dan akhirnya harus berperang mempertahankan tanah kelahiran mereka sendiri.

Sayangnya mereka kalah, akhirnya Amerika kebanyakan dihuni oleh bangsa berkulit putih yang berasal dari benua Eropa dan ras kulit hitam yang berasal dari benua Afrika. Menurut sebuah sumber, para banga Indian akhirnya kalah dan terusir dari tanah mereka sendiri yaitu Amerika, bahkan korban atas peperangan tersebut dari kubu suku Indian juga cukup banyak.

Bisa jadi persamaan ini mengisyaratkan bahwa Dragon ingin membebaskan dunia dari cengkraman Pemerintah Dunia, sama seperti bangsa Indian yang ingin terbebas dari penjajahan bangsa Eropa. Salah satu upaya bangsa Indian untuk memenangkan pertempuran adalah menghadirkan sebuah mitos tentang Thunderbird. Dalam cerita One Piece, bangsa Indian mungkin Oda wakilkan sebagai penduduk pulau langit.

Dari tato yang mereka miliki, seperti Wyper yang merupakan penduduk Shandora, nampak sangat mirip dengan tato yang Dragon miliki. Ini juga yang kemudian menjadi poin lain mengapa kemudian Dragon bisa jadi memiliki koneksi dengan para penduduk pulau langit. Apakah Dragon pernah membantu mereka sebelumnya? Atau justru tato di wajah Dragon merupakan bentuk penghormatan terhadap mereka? Untuk saat ini semuanya masih menjadi misteri.

Kesimpulannya

Dari penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Monkey D. Dragon kemungkinan besar adalah pengguna buah iblis. Dan buah iblis yang dia miliki berjenis Mythical Zoan yaitu Thunderbird. Buah iblis yang terinspirasi dari hewan mitologi ini memiliki kekuatan untuk bisa mengendalikan cuaca, yang mana sangat mirip dengan apa yang Dragon lakukan selama ini.

Selain itu, spekulasi tentang buah iblis Thunderbird ini membuka kemungkinan atau spekulasi lainnya jika Dragon mungkin memiliki koneksi dengan penduduk pulau langit. Namun, apakah hal ini memang benar atau hanya sekedar spekulasi masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.