Shazam Family

Seperti halnya OMAC, Shazam sebenarnya bukanlah sebuah karakter baru. Namun, Shazam Family adalah tambahan baru bagi universe di DC Comics. Selain Billy Batson, Freddy Freemen, Black Adam, dan Mary Bromfield, Shazam Family juga memperkenalkan kepada para fans keluarga lainnya yang mampu memiliki kekuatan sihir Shazam. Mereka adalah Darla Dudley, Eugene Choi, dan juga Pedra Pena.

Kemunculan dari Shazam Family sendiri pertama kali terjadi dalam komik Justice League #21 karya Geoff Johns dan Gary Frank. Dalam ceritanya, dengan semua keluarga mampu berubah menjadi sosok Shazam maka kekuatan mereka pun terbagi rata. Mereka juga berbagi kemampuan super yang sama seperti terbang, bergerak cepat, dan bahkan mengeluarkan petir, serta menggunakan kekuatan sihir yang terbatas.

BACA JUGA: 5 Kematian Superhero Paling Monumental di DC Universe!

Naomi McDuffie

Naomi McDuffie adalah sosok gadis yang berasal dari Earth lain. Dia tidak terlalu memiliki banyak ingatan mengenai masa lalunya. Namun, dia sangat senang dan gembira dengan hal berbau pahlawan super setelah menyaksikan pertarungan antara Superman menghadapi Mongul di kota kecil asalnya. Naomi kemudian menemukan fakta mengejutkan mengenai asal-usulnya yang berasal dari dimensi lain.

Bahkan, dia juga kemudian menyadari bahwa ternyata dia memiliki kekuatan super yang diantaranya adalah terbang, kecepatan super dan kekuatan yang dahsyat, serta dia mampu menembakan energy blast. Sosoknya pertama kali muncul dalam seri komik miliknya sendiri Naomi #1 yang rilis pada 2019. Sempat bergabung dengan Young Justice selama beberapa waktu, Naomi sekarang menjadi bagian dari Justice League.

Superman (Val-Zod)

Di Earth-2 dalam era New 52, para pahlawan besar seperti Superman, Batman, dan Wonder Woman akhirnya harus takluk oleh pasukan Darkseid ketika dia menginvasi bumi. Seiring berjalannya waktu, para Justice League tersebut kemudian tergantikan oleh sosok baru yaitu The Flash (Jay Garrick), Green Lantern (Alan Scott), the Atom (Al Pratt), Hawkgirl, Commander Steel, Red Tornado (Lois Lane), Batman (Thomas Wayne), dan Superman (Val-Zod).

Val-Zod, sesuai dengan namanya, berasal dari keluarga Zod di planet Krypton. Dia menjadi Superman baru pasca kematian Clark Kent. Namun, Val-Zod adalah sosok yang cinta damai. Dia hanya akan menggunakan kekuatannya untuk melindungi dan menyelamatkan orang lain. Yang menarik juga adalah Val-Zod sangat jarang terlibat pertarungan. Meskipun begitu, tidak jarang ada situasi yang membuatnya harus bertarung. Sosoknya pertama kali muncul di komik Earth-2 #19 pada 2014.

BACA JUGA: 6 Aksi Heroik Joker di DC Universe!

Dunia pahlawan super memang tidak akan pernah ada habisnya. Akan selalu muncul ide-ide baru yang akan memberikan warna tersendiri kepada DC Comics. Memang, tidak selalu karakter yang muncul tersebut merupakan karakter yang 100% baru. Bisa juga ada beberapa perubahan atau sosok baru yang menggunakan titel tersebut.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.