Jika berbicara tentang karakter Joker, pasti banyak hal mengerikan yang akan muncul di benak para penggemar. Selain digambarkan sebagai musuh bebuyutan Batman, Joker adalah karakter DC yang paling gila, sadis, dan juga sangat sulit ditebak. Dan uniknya, karena hal tersebut pada akhirnya Joker menjadi salah satu villain paling populer di kalangan penggemar. Tidak sedikit juga penggemar yang bertanya-tanya, apakah di balik kisah-kisahnya yang super jahat, Joker pernah melakukan suatu aksi heroik? Ternyata di DC Comics, Joker cukup sering melakukan aksi heroik. Apa saja?

Advertisements

BACA JUGA: 6 Film Superhero Nicolas Cage

The Laughing Fish (1978)

Di komik The Laughing Fish, yang juga diadaptasi dalam bentuk animasi, Batman diceritakan harus berhadapan dengan seorang villain bernama Rupert Thorne, yang ternyata mengetahui identitas rahasianya sebagai Bruce Wayne. Dan setelah Joker mengetahui rencana busuk dari Rupert, yang kemungkinan akan membuat Batman pensiun sebagai musuhnya, dia langsung turun tangan untuk mencegahnya. Rupert yang ketakutan dengan ancaman dari Joker, pada akhirnya berjanji untuk tidak membongkar rahasia Batman. Berkat perbuatan Joker yang seolah-olah “baik” ini, akhirnya Bruce bisa melanjutkan tugasnya sebagai vigilante bertopeng di kota Gotham.

Advertisements

Distant Fires (1998)

Selain muncul di komik-komik Batman, Joker yang pada dasarnya adalah salah satu penjahat terkenal di alam semesta ini pernah juga muncul di komik Superman: Distant Fires. Di komik ini, dunia diceritakan mengalami kepunahan massal setelah perang nuklir terjadi. Kejadian nahas tersebut pada akhirnya membuat para supervillain dan superhero bersatu untuk membangun kembali “tempat bermain” mereka. Sebagai mantan supervillain yang bertobat, Joker diperlihatkan dengan tersenyum membantu para superhero dan manusia dalam melawan mutan jahat, termasuk ketika akhirnya terungkap bahwa penjahat yang sebenarnya adalah Billy Batson alias Shazam.

Countdown (2007)

Semua penggemar setia DC pasti mengetahui sebuah semesta alternatif, di mana para superhero menjadi jahat dan para supervillain melakukan sebaliknya, semesta tersebut adalah Earth-3. Di komik Countdown yang berlangsung di semesta Earth-3, Jokester (Joker Earth-3) digambarkan sebagai orang baik dan Owlman (Batman Earth-3) sebagai orang jahat. Setelah berhasil melalui masa kecil kelam, di mana dia dirundung, pada akhirnya Jokester tumbuh sebagai seorang komedian di Kota Gotham. Dan karena Owlman telah merobek mulutnya, pada akhirnya dia bersumpah untuk melindungi kota Gotham dari kejahatan Owlman yang tidak terkendali.

BACA JUGA: 3 Film Baru Teenage Mutant Ninja Turtles!

Advertisements

R.I.P.D. (2008)

DC pernah merilis komik Batman: R.I.P.D. yang mempunyai hubungan dengan berbagai komik Batman lainnya. Di komik ini, Batman diceritakan harus menghadapi kelompok Black Glove yang ingin menghancurkan sang Dark Knight. Salah satu upaya pertamanya untuk mencapai tujuan tersebut, para Black Glove dengan bodohnya malah mengundang Joker yang terbukti tidak pernah bisa dipercaya. Merasa bahwa Batman adalah miliknya, bukannya membantu Black Glove, Joker malah menipu mereka untuk mengirim sinyal bantuan kepada Robin, Nightwing dan League of Assassins, yang pada akhirnya berhasil menghentikan rencana busuk mereka.

White Knight (2017)

Dari semua kisah Batman yang menarik, komik Batman: White Night adalah salah satunya yang cukup populer. Berlangsung di semesta alternatif, di komik ini Joker pernah diceritakan sebagai kesatria berkuda putih yang akan membela kota Gotham dengan kekuatannya. Diperkenalkan sebagai karakter yang mempunyai nama asli Jack Napier, sama seperti di film Batman karya Tim Burton, Joker adalah salah satu anggota dewan kota Gotham yang ingin memberantas korupsi. Dan karena ceritanya berlangsung di semesta alternatif, Joker dengan kecerdasannya akhirnya berhasil mengalahkan pusat korupsi dan kejahatan yang ternyata adalah Batman.

Dark Knight: Metal (2017)

Di komik Dark Nights: Metal, DC untuk pertama kalinya memperkenalkan supervillain baru bernama Batman Who Laughs, yang pada dasarnya adalah gabungan Joker dan Batman dari Dark Multiverse. Setelah terbukti berhasil mengalahkan Justice League, Batman yang tidak mempunyai pilihan lain diceritakan meminta bantuan kepada Joker untuk mengalahkan Batman Who Laughs. Mungkin karena melihat Batman Who Laughs sebagai Batman sekaligus saingannya, Joker pun setuju untuk membantu Batman. Dan dengan kelicikan Joker yang berkolaborasi dengan ketangguhan Batman, pada akhirnya Batman Who Laughs bertekuk lutut di hadapan dua inkarnasinya tersebut.

BACA JUGA: Pevita Pearce Tampil Garan di Trailer Sri Asih!

Dari sebagian kisah Joker, satu hal yang kita sadari bahwa motivasi Joker menjadi orang baik secara garis besar hanya terjadi karena dua alasan. Yang pertama karena dia berasal di universe alternatif di mana supervillain menjadi orang baik. Dan yang kedua adalah karena dia tidak ingin saingannya, Batman, dimiliki atau dikalahkan oleh orang lain. Dan lucunya, kedua motivasi tersebut cukup masuk akal dan bisa dimaklumi. Itulah tujuh momen di mana Joker menjadi baik di DC Universe.

Advertisements
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/