DC Comics sepertinya tidak pernah berhenti untuk menghadirkan berbagai karakter pahlawan baru untuk cerita mereka. Para penulis, artist, editor, dan para kreator lain yang ada di DC Comics masih terus menghadirkan berbagai ide-ide baru. Hal ini terutama terkait dengan konsep para pahlawan dan juga desain, serta hal lainnya. Mereka berharap dengan berbagai hal baru tersebut bisa menarik para fans baru dan terus tumbuh.

Beberapa dari para pahlawan baru ini sangat kuat. Memang, tidak semua pahlawan super tersebut memiliki tujuan untuk menjadi kuat dan mampu mengalahkan Superman. Meskipun begitu, mereka juga tidak kalah dahsyat dengan Superman. Bahkan, ada juga para pahlawan baru ini yang mampu menandingi Justice League. Lalu, siapa saja mereka?

Sideways

Sideways merupakan seorang pahlawan super muda dengan kemampuan yang epik. Dia mampu melompat antar dimensi. Kemunculan perdananya terjadi di tahun 2018, di mana dia muncul dalam seri komiknya sendiri Sideways #1 yang ditulis oleh Dan DiDio dan Kenneth Rocafort. Selain kemampuan untuk melompati dimensi, Sideways juga memiliki kekuatan manusia super dan kecepatan.

Dengan kekuatannya tersebut, Sideways pernah menghabiskan sebagian waktunya untuk membantu Seven Soldiers of Victory. Dia juga bahkan pernah bergabung dengan Young Justice untuk beberapa waktu. Dia bukan berasal dari universe utama DC Comicsmelainkan Prime Earth. Nama aslinya sendiri adalah Derek James, dan dia mendapatkan kekuatannya setelah tidak sengaja masuk ke Dark Multiverse. Yang menarik adalah dia dan ibunya, Helen, tinggal di kota Gotham.

BACA JUGA: 7 Karakter ini Dihapus dari DC Universe!

Green Lanterns Baru (Baz, Cruz, Mullein, Pham, dan Quintela)

Dalam beberapa dekade terakhir Green Lantern Corps yang berasal dari Bumi selalu menghadirkan berbagai wajah-wajah baru. Contoh nyata dari hal ini adalah Simon Baz, yang diciptakan oleh Geoff Johns dan Doug Mahnke pada 2012. Kemudian ada lagi sosok Jessica Cruz yang diciptakan oleh Geoff Johns dan Ivan Reis pada 2014. Setelah itu, mereka memperkenalkan Keli Quintela the Teen Lantern pada 2019.

Yang paling baru adalah Sojourner Mullein dan Tai Pham yang berasal dari seri Green Lantern: Legacy, yang mana keduanya sama-sama pertama kali muncul pada 2020 kemarin. Masing-masing Green Lantern memiliki kekuatan yang dahsyat berkat keuntungan mereka menjadi bagian dari Corps. Selain itu, mereka juga menghadirkan berbagai perspektif dan pendekatan yang berbeda dalam ceritanya.

Damage

Damage merupakan karakter lainnya yang berasal dari New Age of Heroes. Dia berasal dari seri Dark Days: The Casting #1 yang rilis pada 2017 dan merupakan karya dari Robert Venditti dan Tony S. Daniel. Damage alias Ethan Avery memiliki sebuah kekuatan atau kemampuan yang sangat unik, di mana dia bisa berubah menjadi sosok berotot besar dan menyeramkan.

Ethan bisa berubah menjadi sosok dahsyat tersebut setiap hari. Namun, ada batasan yang harus dia jalani di mana dia hanya bisa berubah menjadi Damage selama satu jam. Ketika Ethan menjadi Damage, dia menjadi sosok yang luar biasa kuat, tidak terkalahkan, sulit untuk dilukai, dan bahkan mampu sembuh dengan cepat. Ethan pada awalnya bekerja untuk pihak militer Amerika, sebelun kemudian dia kabur. Dia pun pernah bertarung menghadapi seluruh tim Suicide Squad sendirian.

BACA JUGA: Mengenal 8 Jenis Kryptonite di DC Universe!

OMAC (Kevin Kho)

Sebenarnya, OMAC merupakan salah satu karakter yang sudah sejak lama muncul di kontinuitas DC Comics. Namun, dia kemudian mendapatkan awal yang baru dengan diperkenalkannya sosok lain yaitu Kevin Kho dalam komik OMAC #1 karya Dan DiDio dan Keith Giffen pada 2011. Kevin memiliki koneksi terhadap sebuah satelit luar biasa, Brother Eye, yang mana satelit ini merupakan hasil karya Batman.

Setelah sering terkoneksi dengan Brother Eye, dan satelit tersebut memberikan energi kepada Kevin secara terus-menerus, satelit itu kemudian merubah Kevin menjadi OMAC atau One-Man Army Corps. Dengan kekuatan tersebut dia mampu menjadi sosok yang sangat kuat, kebal terhadap apa pun, dan mampu menembakan energy blast. Dia sempat bertarung menghadapi Maxwell Lord dan bahkan Superman.

Namun, dia tetap direkrut untuk menjadi bagian dari Justice League International dan bahkan Suicide Squad untuk sementara waktu. Sayangnya, Kevin sempat kehilangan kekuatannya dalam cerita di komik Metal Men.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.