Scarlet Witch

Scarlet Witch adalah salah satu karakter Marvel yang mempunyai mental dan emosi paling tidak stabil. Hal ini sering kali berimbas pada orang-orang di sekitarnya yang pada akhirnya mencap dia sebagai pengkhianat. Menariknya, sebagai anggota Avengers, dia tidak hanya melakukannya pada timnya saja, tetapi juga kepada para mutan secara keseluruhan. Seperti di kisah House of M (2004), di mana dia mengatakan “No More Mutant,” dan berhasil membuat populasi mutan Bumi punah. Sedangkan di Avengers, dia pernah melakukan hal yang sama kepada para anggotanya di kisah Avengers Disassembled.

Nick Fury

Meskipun Nick Fury bukan superhero seperti para Avengers, tetapi dia sudah cukup sering menjadi pelindung bagi Bumi dan seluruh isinya. Sayangnya hal tersebut justru menjadi bias ketika berbicara tentang posisinya sebagai pemimpin organisasi S.H.I.E.L.D. Karena dalam salah satu aksinya dia pernah dengan sengaja membunuh Uatu the Watcher. Yang lebih parahnya lagi dia bahkan membuat para superhero panik saat mencari pembunuhnya. Dalam kisah pengkhianatan lain dia juga pernah dengan sengaja menghancurkan Latveria dan membuat Doctor Doom mengamuk di Amerika untuk menuntut balas. Ini semua dia lakukan secara diam-diam tanpa sepengetahuan superhero lain.

Iron Man

Terakhir, karakter yang mungkin pengkhianatannya akan mengejutkan para penggemar baru adalah Iron Man. Namun, bagi penggemar lama, Iron Man yang berkhianat sebenarnya adalah sesuatu yang lumrah. Mulai dari pengungkapan jati dirinya sebagai anak buah Kang the Conqueror di kisah The Crossing (1995). Kemudian dia berkhianat pada sahabatnya Captain America dengan membela pemerintah di kisah Civil War pertama (2006). Sampai pengkhianatan lainnya di kisah Civil War II (2016), di mana dia dengan sengaja menciptakan kloning Thor yang pada akhirnya membunuh superhero Goliath.

Terlepas dari apa pun motivasinya, berbagai pengkhianatan yang mereka lakukan telah membuktikan bahwa ada juga superhero yang tidak bisa dipercaya. Berbagai pengkhianatan ini mungkin pada akhirnya akan tertutup dengan semua perbuatan baik yang mereka lakukan. Namun, perlu kita ingat juga, sampai kapan pun hal tersebut tidak akan pernah bisa menghilangkan luka dan dampak yang telah mereka sebabkan sebelumnya. Pada akhirnya itulah mengapa mereka ada di daftar superhero yang paling sering berkhianat ini.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.