Dalam film terbaru Dragon Ball Super: Super Hero, para fans akhirnya bisa kembali melihat sosok Gohan dalam ceritanya. Bukan hanya Gohan kembali muncul dan menjadi bintang utama di filmnya, dia juga mendapatkan tambahan kekuatan berupa sebuah transformasi baru. Terakhir kali Gohan mendapatkan transformasi baru adalah ketika di seri Dragon Ball Z, ketika Gohan bertarung melawan Super Buu.

Sejak saat itu, nasib Gohan tidak terlalu baik di mana sosoknya tersingkirkan oleh sang ayah, Goku, dan juga Vegeta baik di filmnya atau pun di serinya. Namun, yang menarik dan mungkin tidak banyak orang sadari adalah ada kemungkinan jika transformasi terbaru dari Gohan ini sebenarnya sudah Akira Toriyama beri petunjuk sejak awal seri Dragon Ball Super beberapa tahun lalu.

Transformasi Baru Gohan di Dragon Ball Super

Setelah arc Golden Frieza selesai di anime Dragon Ball Super, Gohan kemudian menyadari bahwa dia kurang maksimal dengan kekuatannya. Dia masih belum berusaha dan mengerahkan semua kemampuanya. Gohan kehilangan insting bertarungnya dan Frieza sendiri bahkan sanggup membuat Gohan nampak seperti mainan. Dia bahkan sadar bahwa kedatangan Goku dan Vegeta bukanlah untuk melindungi bumi, melainkan dirinya.

Hal itu pun membuat Gohan kecewa dengan dirinya sendiri dan bahkan menganggap dirinya tidak berguna. Akhirnya, dia pun memutuskan untuk kembali berlatih di bawah pengawasan Piccolo. kemudian, saat arc Tournament of Power, ketika Goku datang untuk merekrut Gohan dan Piccolo demi mewakili tim Universe 7, dia pun mengetahui bahwa anaknya kembali berlatih.

Akhirnya, Goku kemudian memutuskan untuk menguji kemampuan baru dari Gohan tersebut. Inilah yang kemudian menjadi momen di mana Akira Toriyama kemungkinan sudah memberikan petunjuk bahwa Gohan sudah mendapatkan kembali form Ultimate miliknya. Selain itu, dia juga sudah jauh lebih kuat dari sebelumnya. Namun, yang saat itu Goku sadari adalah bagaimana anaknya tidak berubah ke form Super Saiyan.

Dia pun menanyakan hal tersebut kepada Gohan. Gohan pun kemudian menjelaskan bahwa dia memiliki tujuan baru. Dia ingin mencapai sebuah form Ultimate baru di mana belum pernah ada satu orang Saiyan pun yang mampu mencapainya. Intinya, dia ingin menghadirkan sesuatu yang baru. Sementara, dalam versi manganya ketika Kefla bertanya tentang transformasi barunya tersebut Gohan menjelaskan bahwa dia ingin mencapai form baru dari versi “manusianya.”

Mengapa Gohan Tidak Berubah Menjadi Super Saiyan

Transformasi Ultimate milik Gohan dalam seri Dragon Ball Super sebenarnya merupakan salah satu form yang sangat kuat. Buktinya, dia mampu mengalahkan Goku Super Saiyan Blue, Toppo,dan bahkan Dyspo di animenya, serta Kefla di versi manganya. Gohan sudah mencapai akses ke seluruh kekuatannya setelah dia bertemu dengan Elder Kai di seri Dragon Ball Z.

Artinya, jika dia kemudian ingin juga menggunakan form Super Saiyan, hal itu tidak akan menambah kekuatan apa pun kepada Gohan. Form Ultimate sendiri merupakan sebuah form yang sangat unik baginya, di mana belum pernah ada Saiyan lain yang melakukannya. Jika kemudian dia ingin menggali lebih dalam berkaitan dengan kekuatan tersebut, maka dia akan mampu membuat form baru lain yang lagi-lagi belum pernah Saiyan lain lakukan. Dan akhirnya, Gohan mampu melakukan hal itu seperti yang diperlihatkan di film Super Hero yang mana form baru ini kita kenal dengan Beast Gohan.

Mengenal Beast Gohan

Dalam Dragon Ball Super: Super Hero, ketika Cell Max menyerang “Orange Piccolo,” Gohan berpikir bahwa Piccolo sudah tewas. Hal ini yang menjadi pemicu Gohan untuk melepaskan semua kekuatannya, yang mana hasilnya adalah Gohan mampu mencapai sebuah form baru yang semakin memperkuat form Ultimate miliknya. Yang membedakannya dengan transformasi dari franchise Dragon Ball sebelumnya adalah rambut dan matanya.

Rambut Gohan berubah menjadi abu-abu dan matanya berubah merah ketika dia mengakses teknik “Son Gohan Beast.” Mengapa kemudian nama transformasi tersebut adalah “Son Gohan Beast,” karena Gohan benar-benar melepaskan semua sisi liar dalam dirinya yang sebelumnya sudah pernah kita lihat di seri Dragon Ball Z. Inilah alasan mengapa kemudian transisi Gohan ke form baru ini nampak familiar.

Jika Geeks perhatikan, transformasi tersebut mirip ketika Gohan mengakses Super Saiyan 2 saat dia bertarung menghadapi Perfect Cell. Mudah-mudahan saja dengan perilisan film Super Hero ini Akira Toriyama bisa memuaskan keinginan para fans tentang sosok Gohan. Selain itu, tentunya para fans pun berharap bahwa transformasi dan sosok Gohan bisa kembali muncul secepatnya dan tidak terlupakan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.