She-Hulk adalah superhero wanita Marvel yang terkenal sangat kuat dan juga tangguh. Sejak pertama kali debut di komik Savage She-Hulk #1, karakter yang mempunyai nama asli Jennifer Walters ini memang telah membuktikan kehebatannya kepada dunia. Sekarang di serial terbaru MCU She-Hulk: Attorney at Lawdia juga telah memperlihatkan betapa kuatnya Hulk versi wanita yang juga berkarier sebagai seorang pengacara.

Sejak episode perdananya dimulai, dia bahkan sudah memamerkan kekuatan, kecepatan, dan ketahanan super dari seorang She-Hulk. Di mana power-set tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan di Marvel Comics. Berbicara tentang kekuatannya di komik, sebenarnya ada beberapa kekuatan super menarik yang pernah dia miliki, tetapi sekarang telah dihilangkan oleh Marvel. Berikut ini kekuatan super yang hilang dari She-Hulk!

Protection Spell

Bagi penggemar setia She-Hulk di Marvel Comics, pasti sudah tahu bahwa pada akhirnya dia akan bergabung juga dengan Avengers. Di tim superhero terbaik Bumi inilah dia bertemu dengan para superhero wanita tangguh lainnya, termasuk Scarlet Witch. Setelah mereka cukup bersahabat, Jen akhirnya mau mengutarakan keresahannya pada Scarlet Witch. Di mana dia sebenarnya sangat ingin berkarier sebagai pengacara tanpa perlu khawatir diganggu musuh. Pada saat itu Scarlet langsung membantunya, dengan memberikan protection spell.

Kekuatan perlindungan ini memungkinkan siapa pun yang ingin menyerang She-Hulk, tidak akan mengenalinya saat masih dalam wujud Jennifer Walters. Sejak saat itu Jen sebenarnya cukup nyaman dengan kekuatan ini, karena dia tidak perlu khawatir lagi dengan kehidupannya sebagai seorang pengacara. Sayangnya, kekuatan yang cukup unik ini pada akhirnya dihilangkan oleh Dr. Strange yang merasa bahwa Jen sudah tidak perlu malu-malu lagi dengan wujudnya sebagai She-Hulk. Untungnya, pada titik ini dunia memang telah menerima kedua identitasnya sekaligus.

Resurrective Immortality

Seperti yang kita tahu, Jen pertama kali mendapatkan kekuatan supernya setelah terkena darah dari sepupunya, Hulk alias Bruce Banner. Sejak saat itu dia mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi raksasa hijau She-Hulk yang bisa merobek tanah dengan mudah. Selain kekuatan fisik yang sangat luar biasa, radiasi gamma dari darah Hulk juga telah membuat Jen seolah-olah abadi. Karena saat seorang Hulk mati, biasanya dia akan melihat Green Door yang memungkinkannya untuk hidup kembali. Hal ini juga terjadi pada She-Hulk selama bertahun-tahun, setidaknya sampai tahun 2021 lalu.

Di komik Immortal Hulk #50 (2021), Hulk diceritakan harus berhadapan dengan entitas surgawi One-Below-All yang terus menerus kabur melalui Green Door saat hampir mati. Hal ini pada akhirnya membuat Hulk yang frustrasi memilih untuk menghancurkan Green Door agar One-Below-All tidak bisa kabur lagi. Rencana ini terbukti berhasil, tetapi sebagai gantinya Green Door juga tidak pernah muncul lagi. Sejak saat itulah semua Hulk termasuk She-Hulk harus rela keabadiannya hilang untuk selamanya.

Celestial Power-up

Dengan kekuatan gamma radiasinya saja sebenarnya She-Hulk sudah cukup kuat untuk mengalahkan sebagian besar musuh-musuhnya. Namun, saat Celestial Eson the Searcher memberikan kekuatan celestial padanya, She-Hulk berubah menjadi sosok jauh lebih kuat lagi dari sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena pada saat itu Eson meminta bantuannya untuk mengalahkan para Dark Celestials yang ingin menghancurkan Bumi. Bersama para Avengers, dia akhirnya berhasil memukul mundur para Dark Celestials dan membuat mereka kapok untuk kembali.

Sayangnya tidak lama setelah Dark Celestial pergi, She-Hulk juga harus kehilangan kekuatan kosmiknya ini. Padalah pada saat itu, dengan kekuatan barunya dia mampu membesar sampai setinggi para Dark Celestial. Selain itu, dia juga bisa mengeluarkan ledakan gamma yang dapat membakar musuh, napas gamma yang dapat mementalkan musuh, dan juga ludah gamma yang mirip seperti cairan asam yang mematikan. Bisa dibayangkan jika kekuatan celestial power-up ini belum hilang, mungkin dia akan menjadi superhero wanita terkuat di galaksi.

Itulah beberapa kekuatan She-Hulk yang akhirnya dihilangkan oleh Marvel melalui berbagai kisahnya. Terlepas dari perlu atau tidaknya She-Hulk, sampai sekarang dia masih belum pernah terlihat kembali mendapatkan semua kekuatan ini. Khususnya Green Door yang sebelumnya sempat membuat dia hidup kembali setelah mengalami beberapa kematian. Apakah ini artinya jika mati lagi, dia tidak akan pernah kembali? Hanya Marvel yang tahu jawabannya. Sepertinya akan sangat menarik juga jika suatu saat nanti She-Hulk versi MCU mempunyai beberapa kekuatan menarik ini. Bagaimana menurut kalian, Geeks?