Dari dahulu hingga sekarang, konsep Celestials dan Multiverse memang telah menjadi misteri terbesar Marvel yang cukup membingungkan. Apalagi bagi para penggemar baru yang mencoba menyelami mitologi di Marvel Universe. Tidak bisa kita mungkiri bahwa kedua elemen ini sering kali menjadi ‘bumbu’ yang menarik untuk setiap kisah Marvel. Begitu juga di semesta live action Marvel Cinematic Universe, yang belum lama ini memperkenalkan Celestials dan juga Multiverse di Fase 4-nya.

Di Marvel Comics sendiri, Celestials pertama kali muncul di komik The Eternals #2 (1976) karya Jack Kirby. Pada saat itu disebutkan bahwa Celestials adalah dewa luar angkasa yang bereksperimen dengan makhluk Bumi. Di mana mereka pada akhirnya berhasil menciptakan ras sempurna Eternals dan versi gagalnya yaitu Deviants. Selama berpuluh-puluh tahun Celestials telah menjadi misteri di Marvel Universe, sampai akhirnya Al Ewing menceritakan di komiknya yang berjudul Ultimates 2 vol. 2 (2017), bahwa Celestials adalah ciptaan First Firmament alias First Cosmos di Marvel Universe.

Asal-Usul Celestial dan Multiverse di Marvel

Setelah sempat menjelaskan asal-usul Celestials di komik Ultimates 2, Al Ewing kembali mempertegas mitologinya di komik baru Defenders: Beyond #2. Melalui gambar yang diilustrasikan oleh Javier Rodrìguez, terungkap bahwa selain Celestials, First Cosmos juga menciptakan entitas kosmik Aspirants. Tidak seperti Celestials yang mempunyai keinginannya sendiri, Aspirants justru sangat tunduk pada penciptanya. Hal inilah yang kemudian memicu Celestial War, yang berujung pada kehancuran First Cosmos dan kelahiran Second Cosmos.

Dengan hancurnya kosmos atau universe yang pertama, di mana evolusi dan perubahan tidak belaku, muncullah sesuatu yang baru dan berbeda. Yaitu multiverse dengan segala kemungkinannya, di mana hal yang awalnya hanya ‘seandainya’, menjadi sesuatu yang ‘apa adanya’ alias nyata. Namun, karena ada kemungkinan yang tidak terbatas, pada akhirnya muncul juga ketidakstabilan yang bertransformasi menjadi chaos/kekacauan.

Berdasarkan penjelasan terbaru ini, sekarang kita bisa tahu bahwa multiverse Marvel baru muncul setelah First Cosmos hancur. Secara tidak langsung Marvel ingin menjelaskan bahwa Perang Celestial antara Celestials dan Aspirants adalah penyebab dari lahirnya multiverse pada Second Cosmos. Dan Celestials sendiri adalah saksi tertua yang menyaksikan proses perubahan dan evolusi besar tersebut.