Ada petunjuk peristiwa World War Hulk di She-Hulk episode 2. Kemarin serial She-Hulk: Attorney At Law baru saja merilis episode keduanya yang berjudul ‘Superhuman Law’. Di episode terbaru kali ini, Jennifer Walters mulai menjalani kehidupan sebagai She-Hulk yang bekerja pada law firm GLK&H divisi metahuman. Untuk kasus pertamanya sendiri, dia harus membela Emil Blonsky/Abomination yang sebelumnya sempat menjadi musuh Hulk. Alih-alih melarang, saat Jen menghubunginya, ternyata Hulk justru mendukung apa pun yang menjadi keputusan sepupunya tersebut.

Yang tidak kalah menarik dari episode 2 adalah fakta bahwa ternyata Hulk saat ini tengah melakukan perjalanan luar angkasa. Saat Jen meneleponnya, Hulk ternyata tengah duduk santai di dalam pesawat Sakaar yang sebelumnya sempat menyebabkan mobil mereka kecelakan. Perjalanan luar angkasa inilah yang akhirnya memunculkan spekulasi penggemar terkait potensi cerita World War Hulk di MCU. Bagaimana bisa seperti itu? Mari langsung saja kita bahas, Geeks.

Petunjuk World War Hulk di She-Hulk

She-Hulk episode 2 baru saja mengungkapkan bahwa Smart Hulk tengah melakukan perjalanan luar angkasa dengan pesawat Sakaaran. Tujuannya tidak lain adalah planet Sakaar yang sempat menjadi salah satu latar lokasi di film Thor: Ragnarok. Di mana pada saat itu, Angry Hulk sudah menjadi gladiator idola bagi para Sakaaran. Hal tersebut bisa terjadi karena sepertinya Hulk sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun di Sakaar sebelum bertemu kembali dengan Thor. Tepatnya sejak dia terakhir kali terlihat menghilang di akhir film Avengers: Age of Ultron.

Sekarang, dengan kembali Smart Hulk ke rumah keduanya tersebut, sepertinya Marvel memang tengah mempersiapkan sesuatu yang lebih besar untuk karakternya. Salah satu teori yang kembali mencuat adalah kisah World War Hulk dari Marvel Comics yang juga mempunyai koneksi dengan planet Sakaar. Dalam sesi wawancara terbarunya dengan TVLinepencipta serial She-Hulk Jessica Gao menjelaskan bahwa adegan kembalinya Hulk ke Sakaar secara tidak langsung telah menjadi fondasi yang nantinya bisa Marvel manfaatkan untuk narasi kisah Hulk selanjutnya.

Yang lebih menariknya lagi, aktor Mark Rufallo sendiri baru-baru ini sempat menyinggung bahwa salah satu potensi kisah Hulk selanjutnya adalah World War Hulk. Dalam sesi wawancara terbarunya dengan Entertainment Weekly, Rufallo mengatakan, “Lima tahun dari sekarang semesta MCU bisa berubah menjadi apa saja. Tergantung pada apa yang lebih relevan nantinya. Saya bahkan hampir melihat dia [Bruce Banner] kembali ke Berserker Hulk atau [muncul di kisah] World War Hulk.” Dengan semua petunjuk ini, tinggal menunggu waktu sampai akhirnya World War Hulk benar-benar terwujud.

World War Hulk di Marvel Comics

Di Marvel Comics, World War Hulk adalah salah satu kisah terbaik Hulk karya Greg Pak dan John Romita Jr. yang rilis perdana pada tahun 2007. Kisahnya sendiri bermula dari Illuminati yang menipu Hulk dan mengirimnya ke planet Sakaar. Hal ini sengaja mereka lakukan karena menganggap Hulk terlalu berbahaya bagi Bumi. Setibanya di Sakaar, Hulk mulai menjalani kehidupannya sendiri sebagai seorang Gladiator Sakaar. Di mana dia bertemu dengan gladiator lain seperti Korg dan Miek. Pada saat yang bersamaan Hulk juga sadar bahwa sejak awal Illuminati memang telah membuangnya dari Bumi.

Meskipun awalnya Hulk tampak bahagia di Sakaar, tetapi semuanya berubah setelah tragedi besar menimpanya, yaitu kematian istrinya yang bernama Caiera. Setelah kematian istrinya, Hulk merasa bahwa semua yang dia alami berakar dari ulah Illuminati yang membuangnya. Pada titik inilah Hulk bersama para gladiator Sakaar memutuskan untuk menyerang Bumi. Melalui mimpi Jennifer Walters/She-Hulk, para superhero Bumi akhirnya mengetahui bahwa Hulk tengah menuju ke Bumi untuk membalas dendam kepada Illuminati.

Setibanya di Bumi, Hulk meminta kepada semua manusia di Bumi untuk menyerahkan Illuminati. Namun, karena permintaan tersebut tidak kunjung dipenuhi akhirnya dia dan para gladiatornya langsung menyerang Bumi, khususnya Kota New York. Dalam prosesnya dia bersama pasukan Warbound mengalahkan banyak sekali superhero, termasuk para Illuminati. Amukan Hulk baru berhenti setelah superhero Sentry datang dan berhasil membuatnya kelelahan. Melihat hal tersebut Iron Man langsung menggunakan satelitnya untuk menembakan sinar yang mengubah Hulk ke wujud manusianya, Bruce Banner.

Potensi Kisahnya di MCU?

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara Marvel Studios menghadirkan kisah World War Hulk di MCU. Dengan kembalinya Hulk ke Sakaar, setidaknya MCU bisa mengambil arah yang sama seperti kisah World War Hulk di komik. Di mana dia mungkin akan kembali menjadi Angry Hulk karena sebuah peristiwa, sampai akhirnya kembali ke Bumi untuk membuat kekacauan. MCU juga bisa saja menghadirkan anaknya dengan Caiera yang bernama Skaar. Nantinya Skaar dapat menjadi kunci untuk menjawab plot hole sebelum Hulk muncul di film Ragnarok.

Ada kemungkinan yang memanggil Hulk kembali ke Sakaar adalah Skaar juga. Dia mungkin ingin bertanya mengapa ayahnya meninggalkan dia di Sakaar sendirian. Di Marvel Comics sendiri, Hulk sebenarnya mermang tidak tahu bahwa Caiera telah melahirkan Skaar. Berdasarkan hal tersebut, MCU juga mungkin tidak akan memperlihatkan kisah saat Skaar lahir. Melainkan langsung pada saat dia sudah lebih dewasa untuk mempertanyakan statusnya kepada Hulk. Apa pun motivasi Skaar nanti mungkin dia yang akhirnya akan mengembalikan sosok Angry Hulk sehingga cerita World War Hulk bisa terjadi.

Itulah pembahasan mengenai petunjuk World War Hulk di She-Hulk episode 2 dan potensi cerita selanjutnya di MCU. Bagaimana menurut kalian? Bagaimanapun nantinya kisah World War Hulk, yang jelas kisah kembalinya Hulk ke Sakaar harus segera Marvel lanjutkan. Karena jika tidak plot hole kisah Hulk akan jauh lebih besar dari sebelumnya. Jika beruntung, mungkin kita akan segera melihat jawabannya di ending serial She-Hulk: Attorney At Law. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.