Pangkat Lainnya di Angkatan Laut One Piece

Selain ketiga pangkat tinggi di atas, ada juga beberapa pangkat menengah dan rendah. Misalnya Rear Admiral yang merupakan pangkat tertinggi keempat di angkatan laut, serta komodor yang merupakan pangkat tertinggi kelima di angkatan laut. Kemudian ada posisi Kapten, yang mana seperti yang sudah kita ketahui, mereka biasanya bertugas untuk menjadi pemimpin dari beberapa cabang angkatan laut yang ada di pulau-pulau di seluruh dunia.

Mereka yang berpangkat Kapten, akan dianggap sudah memiliki pengalaman dan kemampuan bertarung yang baik. Mereka juga diketahui memiliki kemampuan buah iblis dan sangat paham dalam taktik bertarung. Yang paling terakhir adalah Lieutenant, Lieutenant Junior Grade, dan Ensign. Ketiga pangkat itu berada di posisi paling bawah yang termasuk pangkat perwira angkatan laut.

BACA JUGA: Dragon Ball: Ini Kunci Goku Kalahkan Beerus?

Selain dari pangkat di atas, maka mereka akan dianggap sebagai prajurit biasa terlepas dari jabatannya yang cukup tinggi. Biasanya, mereka yang berada di bawah level pangkatn tersebut adalah orang-orang yang baru bergabung dengan angkatan laut. Namun, ada juga beberapa posisi yang berada di luar struktur yang ada. Misalnya Inspector General, yang merupakan jabatan dari Sengoku. Kemudian, Kepala Bidang Ilmu Pengetahuan, yang menjadi jabatan Dr. Vegapunk, dan Science Captain, yang merupakan jabatan Sentomaru.

Organisasi Rahasia Angkatan Laut

Dalam arc Wano ini Oda Sensei juga memperkenalkan sebuah organisasi angkatan laut rahasia, SWORD, di mana X Drake menjadi pemimpinnya. Sejauh ini, baru Koby dan X Drake yang sudah kita ketahui bergabung dengan organisasi rahasia ini. Dan banyak spekulasi beredar mengenai siapa saja yang kemungkinan bergabung dengan kelompok ini, salah satunya adalah Monkey D. Garp.

Sejauh ini masih belum ada informasi jelas apa sebenarnya tujuan dari terbentuknya SWORD, selain kabarnya kelompok ini berfungsi untuk mengawasi pergerakan para Yonko. Namun, para fans sendiri banyak berspekulasi bahwa ini merupakan kelompok tandingan untuk Pemerintah Dunia yang mengatur semua alur di angkatan laut.

BACA JUGA: Boruto: Mengapa Sejarah Kelam Uchiha Disembunyikan?

Dengan kata lain, hanya angkatan laut sejati atau angkatan laut yang tidak bisa disetir Pemerintah Dunia yang masuk dalam organisasi ini. Hal ini karena mereka ingin angkatan laut berjaya tanpa adanya intervensi dari mana pun. Dengan alur ceritanya yang sudah memasuki fase akhir, peran dari SWORD mungkin akan lebih besar. Kita nantikan saja ya Geeks perkembangan informasi lainnya mengenai SWORD ini dalam chapter One Piece yang akan datang.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.