Angkatan Laut merupakan salah satu dari tiga kekuatan terbesar dalam cerita One Piece. Mereka adalah wajah militer dari Pemerintah Dunia yang tugas utamanya adalah memburu para bajak laut dan kriminal lainnya. Selain itu, mereka juga harus melindungi orang-orang yang membutuhkan bantuan mereka. Dengan posisi mereka seperti ini, wajar jika kemudian angkatan laut berisi orang-orang yang tangguh dan kuat.

BACA JUGA: Dragon Ball: Resmi, Ini Nama Transformasi Baru Goku!

Selama ini, Geeks mungkin mengenal beberapa posisi dari berbagai karakter angkatan laut di ceritanya, misalnya Koby yang berpangkat Rear Admiral. Apa sebenarnya Rear Admiral? Dan bagaimana sistem ranking di angkatan laut? Salah seorang fan sempat bertany terkait hal tersebut dan Oda Sensei pun memberikan sedikit penjelasan mengenai hal ini di kolom SBS.

Berbagai Pangkat dalam Angkatan Laut

Seperti halnya militer di dunia nyata, ada deretan pangkat yang perlu Geeks ketahui dari angkatan laut berdasarkan penjelasan Oda Sensei. Berikut adalah deretannya.

Fleet Admiral/Kepala Pusat Angkatan Laut

Ini adalah jabatan tertinggi dari seluruh institusi angkatan laut. Fleet Admiral adalah pemimpin dari semua angkatan laut yang ada. Posisinya sendiri satu tingkat di atas admiral, dan satu tingkat di bawah panglima Pemerintah Dunia dan Gorosei. Fleet Admiral dan tiga admiral adalah pihak dalam angkatan laut yang secara sah bisa menginisiasikan Buster Call, dan memerintahkan agen Pemerintah Dunia atau para ranking dibawahnya untuk melaksanakan perintah ini. Pangkat ini juga memiliki kewenangan untuk mencopot titel dari Shichibukai.

Admiral

Admiral adalah pangkat tertinggi kedua di angkatan laut. Hanya ada tiga prajurit angkatan laut yang bisa mengisi titel ini. Dan ketiga admiral ini sering kali terkenal sebagai “Kekuatan Terbesar Angkatan Laut” karena masing-masing dari mereka memiliki kekuatan yang sangat mematikan dan dahsyat. Masih belum ada informasi resmi mengapa hanya ada tiga posisi admiral di angkatan laut.

Untuk menjadi seorang admiral butuh proses dan persyaratan yang ketat. Misalnya, yang pertama adalah memiliki kekuatan yang dahsyat. Kedua, harus memiliki pengalaman bertarung yang cukup. Ketiga, mereka perlu memiliki jiwa pemimpin yang tinggi. Dan terakhir mereka perlu persetujuan dari Gorosei dan panglima Pemerintah Dunia. Selain Fleet Admiral, mereka juga memiliki wewenang untuk memulai Buster Call jika terdapat ancaman nyata.

Wakil Admiral

Vice Admiral atau wakil admiral adalah pangkat tertinggi ketiga di angkatan laut. Para wakil admiral ini terkenal karena kekuatan mereka yang sangat dahsyat. Sebagian besar para Vice Admiral ini adalah ahli pedang terbaik atau pun pengguna teknik Rokushiki. Satu hal lainnya yang menjadi ciri khas Vice Admiral adalah mereka setidaknya memiliki satu jenis Haki. Contohnya Monkey D. Garp yang sangat populer dengan kemampuan Armament Haki.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.