Dengan perilisan chapter 1055 dari seri manga One Piece, para fans kembali mendiskusikan kehebatan dari kemampuan Haki milik Shanks. Juga, chapter tersebut seolah mengonfirmasi bahwa Shanks memang merupakan pengguna Haki paling dahsyat di dunia. Dalam chapter tersebut bahkan kita melihat bagaimana kedahsyatan dari penggunaan Haki Shanks.

Selain mampu membuat sosok admiral akhirnya memutuskan untuk kabur, namun kita juga melihat bagaimana kedahsyatan Hakinya mampu menyerang dari jarak yang sangat jauh. Bahkan, Shanks mampu menyerang targetnya secara spesifik. Namun, tentunya ini bukan pertama kalinya Shanks menggunakan Haki di seri One Piece. Ada beberapa momen epik yang memperlihatkan sosok Shanks menggunakan Haki.

Shanks vs Sea King

Untuk pertama kalinya di seri One Piece Oda memperkenalkan konsep Haki melalui momen di mana Shanks berhadapan dengan Sea King. Shanks menggunakan teknik Conqueror Haki untuk pertama kalinya di seri ini, yang mana cukup mengejutkan karena Oda berani memperkenalkan konsep tersebut sejak awal serinya. Namun, saat itu, para fans masih belum mengetahui apa nama kekuatan atau kemampuan yang Shanks perlihatkan.

Ketika Luffy diculik oleh Higuma dan kemudian melepaskannya di laut, dia ternyata tidak bisa berenang. Beruntung, Shanks berhasil menolongnya. Namun, seekor Sea King kemudian muncul hendak menerkam keduanya. Melihat hal itu, Shanks pun kemudian mengorbankan sebagian lengannya. Momen epik kemudian terjadi di mana Shanks menatap mata Sea King dengan sangat tajam dan dalam.

BACA JUGA: One Piece: 6 Pengguna Haki di Topi Jerami!

Tidak ada gerakan apa pun. Tidak lama setelahnya, monster Sea King tersebut ketakutan dan pergi. Setelah Luffy mempelajari teknik Haki dari Rayleigh, kita kemudian mengetahui bahwa apa yang Shanks lakukan tersebut kemudian kita kenal sebagai Conqueror Haki.

Shanks vs Kru Whitebeard

Shanks kembali menggunakan Conqueror Haki miliknya untuk yang kedua kalinya saat dia berada di kapal milik Whitebeard. Saat itu, Shanks hendak bertemu dengan Whitebeard. Tujuannya adalah membahas perihal Blackbeard dan Ace, di mana Shanks meminta Whitebeard untuk menarik kembali Ace. Sebelum tiba di kapal Moby Dick, Marco dan komandan divisi lainnya meminta kru lain untuk masuk.

Marco mengatakan bahwa tubuh mereka tidak akan sanggup menahan hawa semangat yang sangat kuat dari sosok Shank. Sayangnya, ketika para kru tersebut masih keheranan dengan apa yang Marco ucapkan, Haki dari Shanks sudah menyerang kapal tersebut. Efeknya banyak kru biasa dari kelompok Whitebeard yang tidak sadarkan diri. Bukan hanya itu, Haki milik Shanks juga mampu merusak kapal dari Moby Dick.

BACA JUGA: One Piece: Para Karakter ini Miliki 3 Haki!

Shanks vs Whitebeard

Masih di kapal Moby Dick, Shanks mengaku bahwa dia sengaja menggunakan Haki tersebut. Dan akhirnya pertemuan pun mereka lakukan. Sayangnya, setelah dalam diskusi tersebut tidak menemukan titik temu mereka pun akhirnya bertarung. Pertarungan mereka memang tidak Oda hadirkan alias terjadi secara off-screen. Sehingga, kita tidak tahu siapa yang menang atau apakah pertarungannya berlanjut.

Namun, dalam momen pertarungan tersebut keduanya sama-sama menggunakan kekuatan Haki yang dahsyat. Bukti nyatanya adalah muncul petir hitam di atas langit. Selain itu, awan pun nampak terbelah. Ini momen pertama yang memperlihatkan dua kekuatan Haki saling beradu. Kita baru kembali melihat kekuatan Haki saling beradu dalam momen kilas balik Oden, ketika Whitebeard bertarung melawan Roger.

Shanks vs Sakazuki

Momen penyelamatan Ace dari eksekusi mati di Marineford menjadi salah satu cerita paling epik di seri One Piece. Bahkan, ini juga menjadi momen yang paling monumental. Whitebeard dan semua aliansinya muncul di Marineford demi bertempur menghadapi pasukan angkatan laut dan juga menyelamatkan Ace. Pada awalnya, Whitebeard memang berhasil menandingi kekuatan angkatan laut dan bahkan mengungguli mereka.

Namun, pada akhirnya, setelah berbagai macam hal terjadi mereka pun harus kalah. Bahkan, Whitebeard tewas dalam kejadian ini. Ketika semua orang sudah terluka, Koby melihat bahwa ini saatnya untuk berhenti. Tapi, Sakazuki justru menganggap hal itu sebagai tindakan pengecut. Saat Sakazuki hendak menyerang Koby, Shanks dan krunya muncul tepat waktu. Dia berhasil menahan serangan Sakazuki dengan Armament Haki miliknya.

BACA JUGA: One Piece: Siapa Pemilik Observation Haki Terkuat?

Shanks vs Aramaki

Chapter 1055 memperlihatkan kepada kita kemampuan tertinggi dari seseorang ketika menggunakan Haki. Dalam chapternya Aramaki nampak sedang bertarung menghadapi Red Scabbards, Momonosuke, dan Yamato. Ketika Aramaki berhasil mengalahkan membuat mereka kewalahan, muncul momen tidak terduga. Muncul awan petir hitam yang menyambar di atas langit tempat mereka bertarung. Aramaki pun kemudian mengatakan bahwa itu merupakan Haki dari Shanks.

Yang menarik adalah posisi Shanks dan juga Aramaki sangatlah jauh. Shanks berada di pintu masuk Wano, sedangkan Aramaki berada di dekat ibu kota Bunga. Selain itu, bagaimana Haki tersebut mampu menyerang secara spesifik kepada Aramaki, dan bahkan mampu melumpuhkannya. Tidak ada anggota Red Scabbards, Momonosuke, atau Yamato yang terkena efek Haki Shanks. Ini adalah contoh penggunaan Haki dan Conqueror Haki paling epik sejauh ini di serinya.

Sebagai pengguna Haki paling kuat di serinya, wajar jika Shanks banyak ditakuti oleh banyak orang. Bahkan, mereka yang setingkat admiral pun tidak berani untuk menghadapi Shanks dan juga kekuatan Haki yang dia miliki. Menarik tentunya sekuat apa dan sejauh mana level kekuatan Haki dari Shanks, serta bagaimana kemudian dia bisa mengembangkan kekuatan Haki tersebut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.