Selain buah iblis, Haki adalah salah satu elemen menarik mengenai kekuatan dalam cerita One Piece. Berbeda dengan buah iblis, Haki bukan bersumber dari buah-buahan yang memiliki kekuatan dahsyat, yang mana ketika seseorang memakannya maka mereka akan langsung mendapatkan kekuatan yang sesuai dengan buah yang mereka makan. Haki pada dasarnya berkaitan dengan tekad dan semangat.

Dalam sebuah kelompok bajak laut, biasanya terdapat beberapa karakter yang memang memiliki kekuatan Haki. Misalnya, kita melihat bagaimana kelompok yang semuanya mengandalkan Haki. Atau kelompok bajak laut Gol D. Roger. Kru dari kelompok Topi Jerami juga ternyata memiliki kemampuan Haki. Lalu, siapa saja kru Topi Jerami yang memiliki kemampuan Haki?

BACA JUGA: One Piece: Ini Buah Iblis yang Sanji Incar! 

Jinbe

Jinbe dahulu merupakan sekutu dari kelompok Whitebeard, dan Jinbe sangat menghormati sosok Whitebeard. Bagi Jinbe, rasa hormatnya terhadap seseorang merupakan sesuatu yang butuh waktu untuk didapatkan. Jinbe memang tidak memiliki kemampuan buah iblis seperti kebanyakan karakter, namun dia memiliki kemampuan Karate Gyojin yang tidak kalah mengerikan dan ini juga yang membuatnya menjadi salah satu karakter kuat.

Buktinya adalah dia dipilih menjadi salah satu dari tujuh penguasa lautan alias Shichibukai. Dia pun menjadi yang terkuat di seluruh pulau manusia ikan. Jinbe juga ternyata memiliki kekuatan Armament Haki yang sangat dahsyat. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungannya melawan Who’s Who. Dalam pertarungan tersebut, nampak lengan dari Jinbe berubah menjadi hitam menandakan bahwa dia menggunakan Armament Haki. Masih belum ada informasi apakah dia juga memiliki Haki lainnya.

Usopp

Meskipun terhitung baru dalam penggunaan Observation Haki, namun Usopp sudah memperlihatkan potensi yang sangat besar dan luar biasa dalam penggunaan tekniknya. Dalam arc Dressrosa kemarin, Usopp mampu mempergunakan Haki ini. Dia menggunakan Haki tersebut untuk merasakan keberadaan Law, Luffy, dan juga Sugar. Dengan kemampuan ini juga Usopp mampu menembak Sugar dari jarak yang sangat jauh.

Hal tersebut seolah memperlihatkan perpaduan kemampuan Observation Haki milik Usopp, serta keahliannya dalam menembak tepat. Jika pada tahapan awal saja sudah sangat luar biasa, tentu akan menarik untuk menantikan bagaimana kemampuan Usopp pada masa yang akan datang. Lagipula, banyak spekulasi menyebutkan bahwa Usopp akan menjadi ahli penembak jitu terbaik. Yang menarik juga adalah terdapat teori lainnya yang menyebutkan bahwa Usopp akan mengaktifkan Conqueror Haki miliknya pada masa depan.

BACA JUGA: One Piece: Luffy Pernah Rekrut Zombie, Ingat?

Sanji

Sanji si kaki hitam merupakan koki andalan dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan merupakan kru paling kuat ketiga, setelah Luffy dan Zoro. Menurut Eiichiro Oda dalam sebuah kolom SBS Sanji memiliki spesialisasi dalam hal Observation Haki. Artinya, Sanji merupakan karakter yang paling terlatih dalam penggunaan Haki ini. Dan dalam beberapa momen kita melihat bagaimana Sanji menggunakan kemampuan Hakinya.

Misalnya ketika Sanji di Whole Cake Island atau ketika dia mendengar suara jeritan wanita di istana Kaido. Sanji sendiri membangkitkan kemampuan Hakinya tersebut saat bertarung melawan Ivankov beserta para bawahannya di kerajaan Kamabakka saat time-skip. Dengan bangkitnya kemampuan Observation Haki Sanji, kemampuannya pun meningkat cukup drastis. Sanji sendiri sebenarnya sudah memperlihatkan tanda bahwa dia bisa melihat ke masa depan, seperti saat menghindari serangan Katakuri di arc Whole Cake Island.

KE HALAMAN 2

1
2