Haki merupakan salah satu kekuatan misterius yang ada di cerita One Piece, selain kekuatan yang berasal dari buah iblis. Kekuatan Haki pun tidak kalah hebat dengan kekuatan dari buah iblis. Bahkan, kekuatan Haki mampu menangkal atau mencegah kekuatan dari buah iblis.

Secara garis besar ada tiga jenis Haki dalam seri ini yaitu Armament Haki, Observation Haki, dan Conqueror Haki. Untuk Armament dan Observation, semuanya bisa mempelajarinya dan bisa dikuasai jika dilatih dengan benar dan serius. Tapi, untuk Conqueror Haki, tidak semua orang bisa memiliki Haki ini. Karena, Haki ini biasanya hanya dimiliki sosok tertentu. Namun, ada karakter yang bisa menguasai dan menggunakan ketiga jenis Haki tersebut sekaligus. Siapa saja?

Monkey D. Luffy

Untuk kasus Luffy, mungkin kita semua sudah mengetahui tentang kemampuannya apalagi mengenai Hakinya. Seluruh kemampuan Haki yang dia miliki merupakan hasil latihannya bersama Rayleigh. Berkat latihannya selama time-skip tersebut, Luffy akhirnya mampu menggunakan ketiga jenis Haki. Contohnya adalah ketika dia menaklukan para pasukan angkatan laut di Marineford.

Selain itu, dia juga mampu menggunakan kekuatan Hakinya untuk bertarung melawan Charlotte Katakuri. Peningkatan Haki Luffy juga sangat drastis, di mana selain Luffy mampu melihat ke masa depan, dia juga kini mampu mengimbangi kekuatan Kaido. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan di Onigashima, di mana Conqueror Haki Luffy juga mengalami perkembangan.

BACA JUGA: One Piece: 10 Anggota Bajak Laut Blackbeard!

Don Chinjao

Don Chinjao adalah salah satu dari sedikit orang yang bisa menguasai atau menggunakan ketiga jenis Haki yang ada. Tapi, meskipun dia bisa menggunakan ketiga jenis Haki tersebut, Chinjao lebih sering menggunakan Busoshoku Haki atau Armament Haki. Dia akan mengeraskan pukulannya dan kemudian “melapisi” pukulannya dengan Haki tersebut agar kekuatan yang dia hasilkan jauh lebih kuat.

Chinjao juga pernah menunjukan kemampuan Haoshoku Haki atau Conqueror Haki ketika dia menaklukan banyak musuhnya di Block C tanpa harus menyentuh mereka. Hal itu tentunya sangat luar biasa, mengingat banyak dari peserta di Corrida Colosseum merupakan para petarung tangguh. Chinjao juga pernah menggunakan Observation Haki miliknya.

Donquxiote Doflamingo

Doflamingo menggunakan Conqueror Haki untuk mengalahkan para pasukan angkatan laut di G-5 Punk Hazard. Kemampuan Conqueror Hakinya pertama kali bangkit ketika dia berusia sekitar sepuluh tahun, ketika dia sedang berada dalam kejaran para masyarakat North Blue yang mencoba untuk menyiksa keluarganya sebagai bentuk balas dendam.  Dofy akhirnya mampu mengalahkan mereka semua dan selamat.

Selain mampu menggunakan Conqueror Haki, kemampuan Armament Haki miliknya pun sangat luar biasa. Bahkan, kemampuan Hakinya tersebut mampu untuk menandingi teknik Room yang menjadi andalan Law. Tapi, Doflamingo tetap masih tidak menahan ketajaman dari pedang milik Law dan tangannya pun tersayat ketika menangkap pedang tersebut. Doflamingo juga diketahui memiliki kemampuan Kebunshoku Haki.

BACA JUGA: One Piece: Marco Tidak Dapat Dikalahkan?

Boa Hancock

Selain Doflamingo, Boa Hancock juga memiliki penguasaan ketiga Haki tersebut. Mantan Shichibukai ini menggunakan Conqueror Haki untuk menaklukan orang-orang yang memiliki keinginan yang lemah. Tapi, sampai saat ini kita masih belum melihat kekuatan Conqueror Haki yang sesungguhnya dari Hancock. Tapi, layaknya suku Kuja lainnya, dia sangat sering menggunakan Armament Haki.

Salah satu contoh penggunaan Armament Haki dari Boa Hancock adalah dia pernah menahan serangan Smoker, sosok yang pernah hampir mengalahkan Luffy. Bahkan, Hancock pun sampai membuat Smoker jatuh ke tanah. Hancock juga memiliki kemampuan Observation Haki, yang sayangnya juga Oda Sensei belum memperlihatkan kemampuan ini.

Sengoku

Sengoku the Buddha merupakan mantan Fleet Admiral atau kepala angkatan laut sebelum time-skip terjadi. Posisi lamanya tersebut saat ini sudah diambil Sakazuki. Sempat mengisi posisi Kong di Pemerintah Dunia, Sengoku sendiri saat ini sudah memutuskan untuk pensiun dari angkatan laut. Ketika Gol D. Roger masih hidup, Sengoku merupakan salah satu orang yang sering bertempur bersama Shiki, Garp, dan Whitebeard.

Sengoku merupakan salah satu dari sedikit angkatan laut yang mampu menggunakan ketiga jenis Haki. Namun, karena Sengoku jarang sekali muncul dalam cerita, sehingga kita pun jarang melihat Sengoku menggunakan kemampuan Hakinya. Bukan hanya itu, kita pun bahkan sangat jarang melihat Sengoku menggunakan kekuatan buah iblisnya, selain di pertempuran Marineford.

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.