Inhuman, Hasil dari Teregenesis

Inhuman alias Inhomo supremis adalah ras super yang pertama kali muncul di serial komik Fantastic Four pada tahun 1965. Sejak saat itu ada banyak sekali Inhuman yang telah Marvel perkenalkan di Marvel Universe, seperti Black Bolt, Medusa, dan juga Ms. Marvel. Semua Inhuman ini sama-sama mengalami perubahan menjadi manusia super setelah melalui proses Terrigenesis. Semuanya bermula dari perang besar antara Skrull dan Kree yang terjadi sekitar jutaan tahun yang lalu, di mana alien Kree melakukan eksperimen pertama kepada manusia purba Homo sapien.

Mengetahui bahwa Celestial telah lebih dahulu melakukan ekperimen, para ilmuwan Kree memutuskan untuk membelah DNA manusia purba menjadi Cro-Magnons atau manusia modern. Dari titik inilah mereka kemudian melanjutkan eksperimen kepada manusia modern melalui proses Terrigenesis. Di mana mereka sengaja memaparkan Terrigen Mist kepada sekelompok manusia. Namun, untuk alasan yang tidak jelas, Kree meninggalkan eksperimennya ini meskipun para manusia tersebut telah berubah menjadi Inhuman yang memiliki kemampuan dan kekuatan super.

BACA JUGA: Kenali Justice Society of America, Tim Super Pertama DC!

Sejak saat itulah kelompok manusia modern ini mulai memisahkan diri dari manusia purba lain dan memulai peradaban dengan membangun kota serta teknologinya sendiri. Awalnya mereka tinggal di kota kuno Attilan, kemudian sempat juga berpindah ke Himalaya, sampai akhirnya mendirikan markas di Bulan. Pada masa modern, para Inhuman kemudian kembali menyebarkan Terrigen Mist di Bumi, dan membuat beberapa manusia keturunan Cro-Magnons berubah menjadi manusia super seperti Inhuman. Proses inilah yang akhirnya membangkitkan kekuatan super dari Kamala alias Ms. Marvel versi Marvel Comics.

Perbedaan Mutant dan Inhuman

Dari penjabaran di atas kita bisa menyimpulkan bahwa ada dua perbedaan fundamental antara Mutant dan Inhuman. Mutant adalah sosok yang sedari lahir sudah mempunyai X-Gene di dalam tubuhnya, sehingga kekuatan mereka tumbuh secara alami. Mereka juga tidak berkelompok, melainkan berbaur dengan para manusia pada umumnya. Sedangkan Inhuman adalah manusia modern dan semua keturunannya yang kekuatannya baru akan bangkit setelah melalui proses Terrigenesis. Sejak awal mereka mempunyai peradabannya sendiri dan memisahkan diri dari para manusia.

BACA JUGA: 5 Kejahatan yang Dilakukan Superman!

Yang lebih menariknya lagi, jika Terrigen Mist mengubah manusia modern menjadi manusia super, justru efeknya akan sangat mematikan jika terkena para Mutant. Itulah mengapa para Mutant dan Inhuman cukup sering berselisih paham karena asal-usul mereka yang tidak mungkin menyatu. Itulah pembahasan mengenai perbedaan Mutant dan Inhuman. Satu-satunya persamaan yang mereka miliki hanyalah fakta bahwa mereka manusia super, selebihnya mereka mempunyai asal-usul dan proses perubahan yang sama sekali berbeda. Semoga dengan penjelasan sederhana ini kalian sudah tidak bingung lagi ya, Geeks.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.