Mutan dan Inhuman merupakan dua elemen yang telah mendarah gading di Marvel Universe. Meskipun tidak debut bersamaan, tetapi pada akhirnya mereka sama-sama menjadi pelengkap untuk berbagai kisah di Marvel Comics. Selain muncul di komik, Mutan dan Inhuman juga ternyata telah mendapatkan tayangan adaptasi yang sedikit memberikan gambaran bagaimana kehidupan mereka. Untuk para Mutan, kita bisa melihatnya dengan sangat jelas di waralaba film X-Men. Sedangkan Inhuman sempat muncul secara sekilas di serial berumur pendek, Agents of S.H.I.E.L.D.

Menariknya, baru-baru ini Marvel Studios telah menyinggung beberapa materi yang berhubungan dengan Mutan dan Inhuman. Melalui tayangan Ms. Marvel yang baru saja menyelesaikan penayangannya, kita bisa tahu bahwa ternyata Ms. Marvel versi MCU mengalami mutasi seperti Mutan. Hal ini tentunya memicu kontroversi di kalangan penggemar, karena di Marvel Comics seharusnya Ms. Marvel adalah seorang Inhuman. Terlepas dari perdebatan yang masih cukup ramai di luar sana, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu apa sebenarnya perbedaan antara Mutant dan Inhuman di Marvel.

BACA JUGA: 5 Kejahatan yang Dilakukan Thor! 

Mutant, Lahir Dengan X-Gene

Secara kronologis, sebenarnya Mutant alias Homo superior telah Marvel perkenalkan sejak tahun 1939 melalui sosok Namor the Sub-Mariner. Namun, konsep baru tentang Mutant secara keseluruhan baru Marvel perkenalkan di serial komik pertama X-Men yang rilis pada tahun 1963. Di komik inilah muncul sejumlah Mutant favorit penggemar, seperti Professor X, Cyclops, Wolverine, dan sebagainya. Dari para Mutant populer tersebut kita bisa mengetahui bahwa seorang Mutant mempunyai satu kesamaan yang mutlak, yaitu mereka pasti terlahir dengan X-Gene di dalam darahnya.

Sejarah mengenai X-Gene sendiri telah terjadi sejak jutaan tahun yang lalu di Marvel Universe. Di mana Celestial datang ke Bumi untuk melakukan rekayasa genetik kepada manusia purba Homo habilis. Mereka memasukan X-Gene untuk melihat apa yang terjadi pada manusia purba selanjutnya. Namun, hasilnya baru terlihat sekitar 5.000 tahun yang lalu, saat Mutant pertama En Sabah Nur terlahir pada zaman Mesir kuno. Konon para mutant yang kita lihat sekarang, semuanya adalah keturuan En Sabah Nur alias Apocalypse yang telah menyebarkan X-Gene kepada sejumlah manusia lain.

BACA JUGA: Selain Kryptonite, Ini 5 Kelemahan Superman!

Jadi, kesimpulannya Mutant adalah organisme yang mempunyai X-Gene di dalam tubuhnya. Sehingga kekuatan dan kemampuan mereka akan berkembang secara alami, baik sejak lahir maupun ketika beranjak dewasa. Mengingat mereka mempunyai garis keturunan dari leluhur yang merupakan manusia juga, Mutant bisa kita sebut juga sebagai cabang ras manusia yang telah mengalami evolusi. Itulah mengapa mereka tersebar di seluruh penjuru dunia dan berasal dari etnis yang beragam. Walapun begitu, mereka juga sering dianggap sebagai manusia abnormal oleh para manusia normal lainnya.

KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.